Rangking BWF : Fajar / Rian Turun Satu Peringkat, Marcus / Kevin Masih Aman

Rangking BWF : Fajar / Rian Turun Satu Peringkat, Marcus / Kevin Masih Aman

Seperti biasa tiap minggunya BWF merilis peringkat para pemain. Selasa (09/07/2019) lalu BWF merilis peringkat pemain untuk minggu ke 28. Minggu ini tabel peringkat pemain cukup berwarna. Beberapa sektor jelas terlihat para pemain saling kejar – mengejar berada di posisi atas. Sektor tunggal baik putra dan putri menjadi nomor yang paling aktif pergerakannya.

Andalan Indonesia di nomor tunggal putra, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting berada di posisi aman. Posisi keduanya tidak bergerak sejak pekan lalu. Keduanya masih betah bertengger di posisi 7 dan 8. Sementara Tommy Sugiarto yang pada pekan lalu berada di posisi 14 harus rela turun dua peringkat ke posisi 16 setelah digeser Ng Ka Long Angus.

Ada yang menarik di nomor tunggal putra. Viktor Axelsen yang selama berminggu – minggu betah berada di peringkat tiga, kali ini harus turun ke peringkat 5. Posisinya digantikan Chou Tien Chen. Poin Axelsen menurun drastic dari 79,438 di pekan lalu menjadi 75,840 pekan ini. Hal ini dikarenakan Axelsen gagal tampil di European Games 2019 akibat penyakit asma yang dideritanya.

Sektor tunggal putri juga sama berwarnanya seperti tunggal putra. Chen Yufei yang selama enam minggu berada di peringkat kedua harus turun ke peringkat ketiga dan menyerahkan posisinya kembali pada Nozomi Okuhara.

Sektor tunggal putri selama ini kurang aktif dalam hal pergerakan peringkat di level 10 besar. Tidak seperti sektor lainnya. Namun minggu ini cukup berbeda.

Carolina Marin yang saat ini dalam proses pemulihan pascaoperasi akhirnya turun satu peringkat ke posisi sembilan dan digantikan Saina Nehwal di posisi delapan. Sementara itu Gregoria Mariska Tunjung masih betah di peringkat 13 selama hampir tiga minggu ini.

Ganda putra andalan Indonesia yang menduduki peringkat satu dunia, Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon masih aman diposisinya. Begitu pula dengan pasangan Hendra Setiawan / Mohammad Ahsan pun masih diposisi keempat.

Namun lain halnya dengan pasangan Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto yang harus rela turun satu peringkat ke posisi 7 setelah digeser pasangan muda asal Cina, Han Cheng Kai / Zhou Hao Dong.

Posisi wakil Indonesia di sektor ganda putri pun tidak berubah. Pasangan Greysia Polii / Apriyani Rahayu stabil di peringkat kelima selama berminggu – minggu. Tidak banyak yang berubah.

Pasangan Della Destiara Haris / Rizki Amelia Pradipta pun masih di posisi 17 sama seperti pekan lalu. Begitu pula dengan pasangan Ni Ketut Mahadewi Istarani / Rizki Amelia Pradipta yang masih menghuni peringkat 19.

Sektor ganda campuran punya berita baik dan buruk. Berita baiknya pasangan Praveen Jordan / Melati Daeva Oktavianti naik satu peringkat ke posisi keenam setelah selama beberapa minggu ada di posisi ketujuh.

Sayangnya rekan senegara mereka, pasangan Hafiz Faizal / Gloria Emanuelle Widjaja turun dua peringkat langsung ke posisi kedelapan setelah sebelumnya berada di peringkat keenam selama berminggu – minggu.

Turnamen Super 1000 Blibli Indonesia Open 2019 seminggu lagi akan digelar. Ini adalah kesempatan besar bagi para wakil Indonesia untuk mendulang poin dan memperbaiki posisi peringkat. Dukungan para suporter dan bermain di kandang sendiri harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Selamat berjuang para pahlawan olahraga bulu tangkis Indonesia. Semoga Berjaya.