Rangking Dunia BWF : Antonsen Sukses Gantikan Posisi Jonatan

Rangking Dunia BWF : Antonsen Sukses Gantikan Posisi Jonatan

Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) kembali merilis peringkat pemain. Peringkat pemain dirilis tiap hari Selasa setiap minggunya. Kali ini ada beberapa kejutan. Utamanya di sektor tunggal putri dan tunggal putra. Sementara sektor ganda, baik ganda putri, ganda putra dan ganda campuran tidak banyak perubahan signifikan.

Sepekan yang lalu, wakil Denmark di tunggal putra mengejutkan banyak pihak. Anders Antonsen merangsek naik empat peringkat sekaligus ke posisi lima besar dunia. Padahal beberapa minggu sebelumnya Antonsen baru saja sukses bergabung di sepuluh besar dunia dengan berakhir di peringkat sembilan dan sempat selama seminggu bertengger di posisi delapan.

Beberapa minggu belakangan ini memang sepertinya menjadi milik Antonsen. Prestasinya di BLIBLI Indonesia Open 2019 dan TOTAL BWF World Championships 2019 benar – benar mendongkrak perolehan poin Antonsen.

Pekan ini Antonsen naik satu peringkat lagi ke posisi empat dan resmi menggeser wakil Indonesia, Jonatan Christie. Jonatan turun dua peringkat ke posisi enam. Jonatan hanya menikmati peringkat empat dunianya total selama empat minggu sebelum digeser Antonsen.

Sementara itu Anthony Sinisuka Ginting masih betah di posisi sembilan sejak pekan lalu. Beberapa minggu sebelumnya Ginting pun turut mengalami naik turun peringkat namun hanya berkisar di peringkat delapan dan sembilan.

Bergeser ke sektor tunggal putri, penggemar Tai Tzu Ying mungkin akan sedih dengan peringkat atlet favorit mereka. Pasalnya setelah ratusan pekan kokoh bertengger di peringkat satu dunia, Tai Tzu Ying pun akhirnya harus merelakan tahtanya direbut.

Sejak pekan ke 31 TaiTzu Ying turun ke posisi kedua dan digantikan Akane Yamaguchi. Selama empat minggu Tai Tzu Ying berada di posisi kedua dan akhirnya kembali turun ke posisi ketiga setelah Chen Yu Fei merebut posisinya.

Hanya sepekan di posisi ketiga, Tai Tzu Ying kembali merosot ke posisi keempat dunia setelah digeser Nozomi Okuhara pada pekan ini. Performa Tai Tzu Ying yang tidak seperti biasanya di tiga turnamen besar belakangan berdampak pada perolehan poinnya.

Sektor ganda sendiri tidak banyak perubahan yang signifikan baik di sektor ganda putra, ganda putri dan ganda campuran. Tidak ada kejutan berarti di sektor ganda. Peringkat satu dunia masih kokoh diposisinya masing – masing.

Pasangan Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon bersama Hendra Setiawan / Mohammad Ahsan masih berada di peringkat satu dan dua dunia. Sayangnya wakil Indonesia lainnya, Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto harus merelakan peringkat delapan mereka dan digantikan wakil Cina, Han Cheng Kai / Zhou Hao Dong. Fajar / Rian kini berada di peringkat sembilan dunia.

Sektor ganda putri pun tidak ada perubahan berarti selain dua wakil Jepang yang bertukar posisi. Yuki Fukushima / Sayaka Hirota akhirnya pelan – pelan kembali naik peringkat ke posisi kedua. Sementara Misaki Matsutomo / Ayaka Takahashi turun ke posisi ketiga.

Pasangan Hafiz Faizal / Gloria Emanuelle Widjaja pelan – pelan mengamankan posisinya di sepuluh besar dunia. Sepekan sebelumnya Hafiz / Gloria turun ke posisi sepuluh namun kini kembali naik ke posisi sembilan. Sementara itu Praveen Jordan / Melati Daeva masih betah di peringkat tujuh dunia.