Resmi, Ferland Mendy Menjadi Pembelian Kelima Real Madrid

Setelah terpuruk di musim lalu, klub ibukota Spanyol Real Madrid sedang jor-joran merombak skuatnya di bursa transfer musim panas ini. Rencananya, el real akan menciptakan los galacticos jilid ketiga. Setelah meresmikan transfer 4 pemain yakni Rodrygo Goes, Eder Militao, Luka Jovic, dan Eden Hazard kini Real Madrid telah secara resmi mengumumkan melalui laman media sosial klub rekrutan kelimanya yaitu Ferland Mendy.

Mendy diboyong dari Lyon dengan mahar 48 juta euro, sang pemain diikat kontrak hingga 2025 mendatang. Pemain timnas Prancis ini rencananya bakal mengisi pos bek kiri, ia akan bergantian bermain dengan Marcelo. Sementara dampak dari kedatangan Mendy, Sergio Reguilon rencananya bakal didepak atau dipinjamkan ke klub lain. Menurut laporan, Mendy akan diperkenalkan di hadapan publik Santiago Bernabeu pekan depan.

Ferland Mendy Menjadi Rekrutan Kelima Los Blancos Musim ini
Ferland Mendy Menjadi Rekrutan Kelima Los Blancos Musim ini

Tidak heran jika Ferland Mendy menjadi buruan tim sekelas Real Madrid, pasalnya di musim lalu saja ia tampil apik bersama Lyon. Mendy menjadi pemain dengan persentase dribble sukses paling tinggi diantara pemain Ligue 1 lainnya, ia menyelesaikan 102 dribble selama 2 musim membela Lyon.

Mengenal Lebih Jauh Ferland Mendy

Mungkin nama Ferland Mendy masih asing terdengar di telinga para pecinta sepakbola, sebab namanya baru bersinar di musim lalu. Semasa muda, Mendy cukup sering bergonta-ganti klub bahkan di musim 2004 hingga 2012 ia pernah menjadi bagian dari Paris Saint-Germain.

Tampil di 47 laga membuat Lyon terpikat untuk memboyong Mendy, alhasil dengan dana hanya sekitar 5 juta euro mereka bisa mendapatkan service Mendy di tahun 2017 silam. Tak butuh waktu lama untuk Mendy menyesuaikan gaya main Lyon, ia bahkan langsung diberikan tempat utama di posisi bek kiri. Total, Mendy telah tampil sebanyak 79 kali selama dua musim memperkuat Lyon yang akhirnya membuat Real Madrid kepincut.

Masalah Financial Fair Play

Dengan tambahan Ferland Mendy, total el real telah menghabiskan dana transfer sebesar 260 juta euro. Sebuah nominal fantastis yang dibelanjakan klub selama semusim, bahkan los blancos sudah memecahkan rekor transfernya di musim 2009/2010 dengan total belanja kurang lebih di angka 258,5 euro untuk mendatangkan 8 pemain.

Untuk itu, manajemen Real Madrid harus lebih berhati-hati karena bisa saja mereka terkenal masalah Financial Fair Play (FFP). FFP dibuat untuk mencegah klub mengeluarkan uang lebih banyak daripada pendapatan mereka. Peraturan ini dibuat semenjak musim 2011/2012 setelah mendapat laporan banyak klub yang tidak memperhatikan keuangan mereka.

Hukuman yang didapat tim yang terkena FFP diantaranya denda, pengurangan poin, hingga yang terparah larangan mendatangkan pemain baru di musim berikutnya. Untuk itu, setidaknya Real Madrid harus menjual beberapa pemainnya terlebih dulu sebelum mendatangkan pemain baru lagi.