Tinggalkan Arsenal, Nacho Monreal Bergabung Dengan Real Sociedad

Jelang penutupan jendela transfer, ada sebuah kejutan terjadi yaitu perpindahan bek kiri Arsenal Nacho Monreal ke Real Sociedad. Sang pemain telah resmi meninggalkan Emirates Stadium untuk pulang ke Spanyol membela Sociedad. Monreal sebelumnya juga pernah mencicipi kompetisi La Liga saat memperkuat Osasuna dan Malaga beberapa tahun lalu.

Pemain berusia 33 tahun itu akan mendapatkan durasi kontrak selama 2 tahun atau hingga 30 Juni 2021 mendatang. Terkait besaran biaya transfer yang harus dibayarkan Real Sociedad kepada Arsenal tidak disebutkan secara pasti, namun menurut salah satu media terpercaya The Gunners mendapatkan uang sebesar 3 juta poundsterling.

Bek kiri asal Spanyol itu pun harus mengakhiri kebersamaannya bersama klub asal London Utara setelah mengarungi 6 musim berkesan. Sudah banyak raihan trofi yang diraih Monreal selama berseragam Arsenal, walaupun masih belum bisa memenangkan gelar Premier League dan liga champions.

Resmi, Nacho Monreal Bergabung Dengan Real Sociedad
Resmi, Nacho Monreal Bergabung Dengan Real Sociedad

Arsenal pun membenarkan jika transfer ini sudah terjadi, pihak klub mengucapkan terima kasih kepada sang pemain atas kontribusinya selama ini. Tak lupa, mereka juga mendoakan supaya Monreal sukses bersama klub barunya.

Kariernya di Arsenal

Selama kurang lebih 6,5 tahun lamanya mengabdi untuk publik Emirates Stadium, Monreal telah mencatatkan 250 penampilan di semua ajang dengan koleksi 10 gol. Selama periode tersebut pula sang pemain menorehkan rekor-rekor pribadi dan trofi prestisius untuk Arsenal.

Ia turut membantu The Gunners memenangi 3 gelar piala FA dan 3 trofi Community Shield. Monreal juga ikut mengantarkan Arsenal melaju hingga partai puncak kompetisi liga Europa musim lalu, walaupun pada akhirnya harus puas menjadi runner-up.

Posisinya Sudah Tergantikan

Dalam beberapa tahun ke belakang, Nacho Monreal memang selalu menjadi pilihan utama pelatih terutama di era Arsene Wenger. Namun, semenjak dua musim lalu posisinya perlahan mulai tergeser seiring dengan masuknya bek kiri baru yakni Sead Kolasinac. Usianya yang masih muda dan memiliki potensi luar biasa membuat Kolasinac mampu menggeser posisi yang sebelumnya menjadi milik Monreal.

Apalagi, musim ini Arsenal memboyong bek kiri baru yaitu Kieran Tierney. Eks Celtic tersebut akan menjadi aset jangka panjang tim karena usianya baru menginjak 22 tahun. Untuk itu, hengkangnya Monreal di musim panas ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Daripada ia harus duduk di bangku cadangan tentu lebih baik pindah ke klub yang lebih mengutamakan jasanya.