UEFA Meminta Maaf Kepada Arsenal dan Chelsea Terkait Pemilihan Venue Final

Liga Europa sebentar lagi akan menyajikan pertandingan finalnya, tepatnya pada hari kamis 30 Mei nanti. Dua klub yang berhasil menembus fase ini ialah tim asal Inggris yaitu Arsenal dan Chelsea. Meskipun tampil kurang konsisten di liga domestik, namun kedua klub tersebut mampu menampilkan permainan apik di kompetisi Eropa.

Kegembiraan dua klub asal London tersebut masuk ke partai puncak, tidak dibarengi dengan para supporter mereka. Pasalnya, final yang rencananya bakal dihelat di Baku Azerbaijan, menyusahkan para pendukung untuk ke sana. Seperti yang diketahui, jarak antara kota London dan Baku mencapai 2500 mil. Cukup jauh bagi fans untuk menyaksikan laga final.

Ditambah dengan akses ke Baku pun terbilang sulit, tidak banyak rute penerbangan dari London yang langsung menuju venue final. Untuk itu, para supporter harus mencari alternatif lain jika tiket pesawat sudah ludes terjual. Bahkan, beberapa hari terakhir tiket pesawat di Inggris sedang melambung tinggi pastinya akan menguras kantong fans fanatik kedua klub.

Olympic Stadium Baku Menjadi Venue Final Liga Europa
Olympic Stadium Baku Menjadi Venue Final Liga Europa

Terkait hal tersebut, manajemen Arsenal melayangkan kritik kepada pihak penyelenggara. The Gunners menanyakan mengapa UEFA memilih Baku Olympic Stadium sebagai venue final liga Europa, mereka menganggap jika UEFA tidak mementingkan kenyamanan dan kemudahan fans untuk menyaksikan laga final. Kritikan tersebut langsung direspon dengan permintaan maaf UEFA dan asosiasi sepakbola Eropa tersebut berjanji akan memberikan solusi kepada fans yang kesulitan menempuh perjalanan ke Baku.

UEFA Tak Mengira Jika Dua Tim Inggris Masuk Final

UEFA sendiri tidak memprediksi jika dua tim asal Inggris bakal masuk ke partai penentuan, jika mengetahuinya mungkin mereka tak akan memilih Baku sebagai venue final. Sebab mereka pun menyadari jika pemilihan Baku Olympic Stadium hanya akan menambah kesulitan bagi supporter kedua kubu. Melalui direktur kompetisi UEFA, Giorgio Marchetti, mereka menyesal dan berusaha mengatur perjalanan fans Arsenal dan juga Chelsea.

Ditambah mereka akan menurunkan para ahli untuk ikut memecahkan masalah ini, melalui para ahlinya UEFA berjanji akan mencarikan solusi lebih murah bagi para pendukung untuk menyaksikan laga final. Mereka juga akan bekerjasama dengan pihak klub untuk memfasilitasi supporter supaya dapat dengan mudah menyambangi kota Baku.

UEFA sendiri memberikan jatah kepada kedua supporter 37.500 kursi. Dimana jumlah keseluruhan kursi di Olympic Stadium Baku mencapai 64.000 tempat duduk. Sedangkan 26.500 kursi sisanya akan ditempati oleh panitia lokal, negara peserta, media, sponsor, dan lain sebagainya.