Preview Liga Italia 2018-2019 Juventus va Atalanta: Ujian Berat Atalanta Raih Tiket Liga Champions

Partai menarik akan tersaji di pekan ke-37 Serie A Italia 2018-2019 saat sang juara, Juventus, akan berhadapan dengan klub yang sedang berjuang raih tiket ke Liga Champions musim depan, yakni Atalanta. Kendati Juventus akan tampil di kandang sendiri, namun semangat juang anak anak Atalanta yang berambisi lolos ke UCL musim depan harus sangat diwaspadai oleh skuad Bianconeri.

Apalagi melihat dari performa Atalanta musim ini yang begitu gemilang di bawah asuhan Gian Piero Gasperini, jelas mereka punya potensi yang besar untuk bisa kalahkan Ronaldo dan kawan kawan. Saat ini Atalanta berada di posisi 4 klasemen, dengan koleksi 65 poin hanya selisih 1 poin dengan Inter Milan di peringkat 3, dan terpaut 3 poin dari AS Roma dan AC Milan di bawah mereka.

Bagi Atalanta kemenangan akan sangat berarti karena menjaga peluang mereka lolos ke UCL musim depan. Sedangkan bagi Juventus, meski sudah kunci gelar juara, namun bermain di hadapan supporter sendiri jelas sangat haram bagi mereka untuk kalah, apalagi di pekan lalu mereka juga baru saja takluk dari AS Roma.

Perang Lini Depan antara Juventus vs Atalanta

Duel menarik akan tersaji khususnya di lini depan masing masing kesebelasan. Juventus yang musim ini kedatangan Cristiano Ronaldo sangat buas saat berada di kotak penalti lawan. Bahkan dari sumbangan pria Portugal saja Juve sudah kantongi 20 gol. Ditemani dengan pelayan idela seperti Miralem Pjanic dan tandem yang sama buasnya seperti Moise Kean ataupun Mario Mandzukic, tentu lini belakang Atalanta akan dapat masalah besar.

Lini depan yang tajam dan lini belakang yang solid membuat Juventus juara musim ini
Lini depan yang tajam dan lini belakang yang solid membuat Juventus juara musim ini

Sementara itu Atalanta sendiri datang ke Turin bukan dengan skuad yang biasa saja. Bahkan dari 4 besar tim di klasemen, Atalanta muncul sebagai tim yang paling produktif dengan koleksi 73 gol. Duvan Zapata akan tetap jadi andalan di depan yang akan dibantu gelandang mereka seperti Alejandro Gomez, Josip Ilicic, ataupun Timothy Castagne.

Juventus bisa saja mengincar rapuhnya lini belakang Atalanta, akan tetapi mereka juga harus waspada dengan counter attack sang tamu yang terkenal memiliki transisi permainan yang sangat baik.

Statistik Pertandingan Juventus vs Atalanta

Apabila menilik statistik antara kedua kesebelasan, Atalanta memang masih tertinggal sangat jauh dimana dari 27 kali pertemuan, Juventus sangat mendominasi dengan 21 kemenangan, sedangkan Atalanta hanya mampu menang sekali, dengan 5 sisanya berakhir imbang.

Di bawah asuhan Gian Piero Gasperini, musim ini Atalanta menjelma sebagai kuda hitam paling diperhitungkan
Di bawah asuhan Gian Piero Gasperini, musim ini Atalanta menjelma sebagai kuda hitam paling diperhitungkan

Meskipun begitu khusus musim ini sepertinya akan jadi pengecualian, karena penampilan Atalanta yang luar biasa mengejutkan. Pada pertemuan terakhir di Liga Italia, mereka mampu tahan imbang Juve dengan skor 2-2. Lalu pada ajang Coppa Italia, meski gagal juara namun Atalanta sukses singkirkan Juve usai menang dengan skor 3-0.

Apabila Juventus masih terlena dengan gelar juaranya tanpa perhatikan agresifitas pemain pemain Atalanta, bukan mustahil bila klub berjuluk La Dea mampu curi poin dari markas Juventus.

Lima Pertandingan Terakhir Juventus vs Atalanta

  • Atalanta 3-0 Juventus
  • Atalanta 2-2 Juventus
  • Juventus 2-0 Atalanta
  • Juventus 1-0 Atalanta
  • Atalanta 0-1 Juventus