Vasiliy Lomachenko Bersiap Hadapi Luke Campbell Dalam Perebutan Gelar BWC Agustus Mendatang

Vasyl Anatoliyovych Lomachenko atau yang lebih dikenal dengan Vasiliy Lomachenko, petinju berbakat asal Ukraina. Pemegang gelar WBA (Super) dan WBO sejak 2018 lalu ini rencananya akan ditantang oleh Luke Campbell pada bulan Agustus mendatang.

Promotor Matchroom Boxing, Eddie Hearn yang menginisiasi laga yang mempertemukan Lomachenko kontra Campbell ini. Laga ini rencanya akan digelar di London, Inggris tepatnya pada 31 Agustus mendatang.

Lomachenko (13 – 1, 10 KO) rencananya akan menghadapi Campbell (20 – 2, 16 KO) dalam perebutan gelar WBC berat 135 yang saat ini kosong karena ditinggalkan pemilik lamanya, Mikey Garcia.

Luke Campbell merupakan seorang petinju profesional asal Inggris. Campbell pernah menyandang gelar WBC Silver dan Commonwealth llighweight di tahun 2016 dan 2017 lalu.

Luke Campbell tercatat pernah memenangkan medali emas di European Championships 20018 dan Olimpiade 2012. Sama halnya Campbell, Lomachenko pun tercatat memenangkan medali emas di European Championships 2008, serta medali emas di Olimpiade 2008 dan 2012.

Pertemuan Lomachenko dan Campbell yang sama – sama pemegang medali emas Olimpiade tentunya akan menarik perhatian para penikmat tinju profesional. Di atas kertas keduanya tentu akan menampilkan pertarungan yang akan memukau penonton.

Apalagi jika pihak Top Rank mampu mempromosikan laga tersebut dengan gencar, bukan tidak mungkin akan meraih rating yang baik di Amerika Serikat. Rencananya partai Lomachenko kontra Campbell akan ditayangkan di Amerika Serikat melalui saluran ESPN+.

Hull Venue awalnya direncanakan akan menjadi tempat digelarnya partai ini. namun tampaknya lokasi tersebut tidak cukup memadai untuk menggelar partai Lomachenko kontra Campbell. Pasalnya kehadiran Campbell akan menarik jumlah penonton yang besar.

Nantinya akan ada tiga gelar yang akan diperebutkan oleh Lomachenko dan Campbell. Lomachenko akan mempertaruhkan gelar WBA dan WBO kelas lightweight, dan tentunya ada gelar WBC yang diperebutkan keduanya.

Awalnya Eddie Hearn memiliki rencana sendiri untuk mempertemukan Campbell dengan salah satu petinjunya, Devin Haney. Namun Top Rank bergerak lebih cepat dengan menghubungi World Boxing Council untuk menggelar laga Lomachenko kontra Campbell.

Lomachenko sebelumnya bertemu dengan Anthony Crolla, mantan juara WBA kelas lightweight pada 12 April lalu di Los Angeles, California. Anthony Crolla dikalahkan Lomachenko hanya dalam empat ronde. Wasit terpaksa menghentikan pertandingan melihat kondisi Crolla.

Di pertemuannya dengan Crolla, Lomachenko tampaknya tampil beringas. Sejak awal ronde Crolla diserang terus – menerus. Lomachenko memang terlihat mampu memanfaatkan momen dan memastikan pukulan – pukulannya tepat sasaran.

Saat ini Lomachenko tengah fokus untuk meraih gelar WBC dan kemudian mengejar gelar IBF di tahun 2020 mendatang. Kedepannya pemenang laga yang mempertemukan  Teofimo Lopez kontra Richard Commey di akhir tahun, kemungkinan akan menghadapi Lomachenko tahun depan.