4 Kesalahan Dalam Permainan Bulu Tangkis

Bulu tangkis adalah salah satu olahraga yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Meskipun terlihat mudah dilakukan, namun sering kali kesalahan dalam permainan bulu tangkis tidak dapat dielakkan. Berikut ini adalah beberapa kesalahan dalam permainan bulu tangkis yang perlu diwaspadai:

1. Pegangan yang tidak tepat

Kesalahan yang sering terjadi pada permainan bulu tangkis adalah pegangan yang tidak tepat. Cara memegang raket sangat mempengaruhi jalannya permainan bulu tangkis. Salah satu kesalahan dalam memegang raket adalah ketika akan melakukan pukulan, kepala raket posisinya justru lebih tinggi dari pegangan raket. Hal ini menyebabkan pukulan menjadi tidak terarah dan lemah.

Selain itu, pegangan raket yang tidak kuat juga merupakan kesalahan yang sering terjadi. Akibatnya, pukulan menjadi tidak kuat dan menyebabkan bola terarah dengan tidak baik.

2. Pukulan terlalu tinggi

Kesalahan yang satu ini sangat sering terjadi bahkan pada pemain bulu tangkis profesional sekali pun. Kesalahan ini adalah melakukan smash atau pukulan yang membuat bola melambung terlalu tinggi. Pukulan yang terlalu kuat dan sudut pukulan yang salah menyebabkan bola menjadi terlalu tinggi.

Bola yang melambung terlalu tinggi dapat menyebabkan adanya ruang atau celah yang cukup luas bagi lawan untuk melakukan balasan yang datar dan kuat. Pukulan balik seperti ini justru akan merugikan kita karena arahnya sulit diprediksi.

3. Keluar garis

Kesalahan lain yang sering terjadi adalah pemain bulu tangkis memukul bola terlalu jauh sehingga menyebabkan bola jatuh di luar garis. Kesalahan ini biasanya terjadi akibat pukulan yang terlalu kuat atau pemain sudah terlalu gugup sehingga tidak mampu mengontrol pukulannya lagi.

4. Posisi badan yang tidak tepat

Bukan hanya kesalahan dalam memegang raket saja yang salah tapi juga posisi badan. Posisi badan akan sangat mempengaruhi arah dari pukulan bola kok. Misalnya pada saat melakukan hitting position, maka posisi badan harus menyamping dengan arah net sehingga reaksi pada bola akan lebih cepat.

Begitu pula dengan lutut yang harus agak dibengkokkan pada saat menerima bola dengan posisi badan agak turun sehingga pukulan menjadi lebih kuat dan cepat. Lutut yang agak dibengkokkan juga menjaga keseimbangan badan saat memukul.

Itulah 4 kesalahan dalam permainan bulu tangkis yang perlu diwaspadai. Meskipun cukup banyak kesalahan yang mungkin terjadi, namun dengan melakukan latihan yang rutin, maka kesalahan dapat dihindari.