5 Fakta Unik Tentang Kok, Si Bola Bulu Tangkis!

Siapa yang tidak kenal dengan si kecil berwarna putih yang satu ini? Dengan bentuk yang berbeda dibandingkan bola lainnya, kok, si bola bulu tangkis yang super ringan ini ternyata memiliki banyak fakta unik yang belum banyak diketahui orang. Berikut adalah fakta-fakta unik tersebut:

1. Bola paling cepat

Dari seluruh cabang olahraga yang menggunakan bola, seperti tenis, golf, squash, dan lainnya, kok merupakan bola yang memiliki kecepatan paling  tinggi. Jika bola dari cabang olahraga lain memiliki kecepatan sekitar 300 km/jam, maka kecepatan bola kok bisa mencapai hampir 500 km/jam. Wah, benar-benar cepat, ya!

Hal ini dikarenakan bentuk bola kok yang berbeda dibandingkan dengan bola lain. Meskipun disebut bola, namun bentuknya tidaklah bulat, melainkan lebih seperti proyektil kecil yang siap meluncur. Bentuknya yang sangat aerodinamis inilah yang membuat kok menjadi sangat cepat.

2. Terbuat dari bulu angsa

Kebanyakan bola dalam cabang olahraga lain terbuat dari kulit atau plastik. Tapi bola bulu tangkis yang unik ini kebanyakan terbuat dari bulu angsa. Meskipun kini bola kok sudah memiliki versi plastiknya, tapi bagi pemain bulu tangkis profesional, mereka akan lebih memilih untuk menggunakan kok yang terbuat dari bulu angsa. Bulu angsa akan memudahkan kok untuk terbang atau meluncur lebih cepat sehingga memberikan keuntungan bagi pemain.

3. Asal usul nama kok

Nama bola kok berasal dari bahasa Inggris, yakni cock. Cock dalam bahasa Inggris memiliki arti ayam jantan. Disebut seperti ini karena pada mulanya, bola kok dibuat dengan menggunakan bulu ayam jantan.

Namun seiring perkembangan jaman, bola kok diganti dengan menggunakan bulu angsa karena dianggap lebih ringan dan dapat mempercepat kecepatan bola. Cock juga diganti dengan sebutan shuttlecock oleh orang Inggris. Hal ini dikarenakan bola kok bolak balik dipukul di lapangan.

4. Terdiri dari 16 bulu

Pernahkah kamu tahu berapa jumlah bulu yang diperlukan untuk membuat sebuah bola kok? Ternyata untuk membuat satu buah bola kok diperlukan sebanyak 16 buah bulu. Mengapa harus 16 buah bulu? Hal ini merupakan standar yang telah ditetapkan agar bola kok dapat simetris sehingga kecepatan meluncurnya juga melambung jauh. Bukan hanya itu saja, panjang setiap helai bulu kok juga harus sama, yakni sekitar 62 mm dan 70 mm.

5. Bergantung pada suhu dan kelembaban 

Kecepatan bola kok juga bergantung pada suhu dan kelembaban yang ada di sekitarnya. Untuk udara yang lebih pekat atau padat, diperlukan bola kok yang lebih berat sehingga bola kok akan terbang lebih cepat. Begitu pula sebaliknya, jika udara tidak begitu pekat, maka bola yang digunakan adalah yang lebih ringan.

Itulah 5 fakta unik seputar bola kok, si bola bulu tangkis yang kecil dan ringan. Bentuk yang unik dari bola kok memang selalu menjadi ciri khas dari badminton atau bulu tangkis. Bahkan kini bola kok juga memiliki berbagai macam model yang disesuaikan dengan pengguna dan kondisi lingkungannya.

Demikianlah artikel yang singkat ini. Semoga artikel ini menambah wawasan kita tentang kok si bola bulu tangkis. Terima kasih.