5 Gerakan Streetball Untuk Mendapatkan Point Breaker

Point breaker adalah kalimat yang sering didengar dalam laga LA Lights Streetball ketia seorang pemain berhasil melakukan gerakan menipu lawan sehingga dapat melewatinya dengan mudah. Untuk mendapatkan point breaker, seorang pemain basket biasanya menggunakan gerakan streetball yang digunakan untuk mengecoh lawan.

Adapun 5 gerakan streetball yang biasa digunakan para pemain untuk mendapatkan point breaker adalah sebagai berikut:

1. Hypnotize

Tepat seperti namanya. hypnotize merupakan gerakan streetball layaknya menghipnotis lawan. Teknik ini kebanyakan menggunakan skill dribble behind the back yang baik agar berjalan dengan mulus. Cara melakukannya adalah dengan membuat lawan fokus pada dribble yang kita lakukan, terutama dribble behind the back.

Ketika lawan telah fokus pada dribble behind tha back yang kita lakukan, segera lempar bola melewati punggung dan kepala kita juga kepala lawan. Lalu tetap pertahankan dribble di belakang badan agar lawan tetap mengira bahwa bola masih ada di tangan kita. Seketika kita hentikan gerakan dan lawan baru menyadari bahwa ia terkecoh.

2. Boomerang

Gerakan streetball yang satu ini terbilang cukup sulit dilakukan dan membutuhkan latihan berkali-kali. Gerakan ini dilakukan dengan cara seolah-olah kita akan melakukan passing melalui atas atau kepala lawan, padahal tangan kita yang satunya akan mengambil kembali bola tersebut. Setelah lawan terkecoh karena mengira bola sudah berpindah tangan itulah kita lakukan shooting.

3. Thru the leg

Berbeda dengan boomerang, thru the leg sangat mudah dilakukan, namun tetap memerlukan keakuratan agar lawan tetap bisa dilewati. Caranya adalah dengan menggiring bola ke arah lawan, lalu memantulkan bola diantara kedua kaki lawan. Gerakan ini bisa dilakukan 2 kali secara berturut-turut, baik dari depan maupun dari belakang.

4. Slip and slide

Gerakan yang satu ini agak berbeda dibandingkan dengan gerakan yang lain. Gerakan slip and slide dilakukan dengan cara mendribble bola ke arah lawan, lalu gulirkan badan dan putar sambil tetap melakukan dribble sehingga lawan akan terkecoh. 

5. Tornado

Sama seperti namanya, teknik ini dilakukan seperti gerakan tornado yang berputar-putar. Caranya cukup mudah yakni dengan melingkarkan bola ke atas kepala lawan seolah akan melemparnya, namun sebenarnya bola itu akan kembali ke tangan kita. Ketika lawan telah terkecoh itulah kita membuat skor.

Itulah 5 gerakan streetball yang bisa dilakukan untuk mendapatkan point breaker. Dengan latihan yang cukup intensif, maka kelima gerakan di atas bisa dilakukan dengan baik.