BWF Kembali Rilis Peringkat, Jonatan Christie Geser Anthony Ginting

BWF Kembali Rilis Peringkat, Jonatan Christie Geser Anthony Ginting

Badminton World Federation (BWF) kembali merilis peringkat para pemain bulu tangkis. Selasa (11/06/2019) lalu peringkat para pemain telah nangkring di website BWF.  Minggu sebelumnya tidak ada perubahan sama sekali untuk peringkat pemain. Hal ini kemungkinan disebabkan tidak adanya turnamen super series yang digelar selepas Total BWF Sudirman Cup 2019 yang berakhir pada 26 Mei lalu.

Awal bulan Juni, gelaran turnamen super series kembali digelar. Kali ini Australia mendapatkan kehormatan untuk menggelar Crown Group Australian Open 2019. Turnamen Super 300 ini dilaksanakan sejak 4 hingga 9 Juni lalu di Quaycentre, Sydney. Walaupun bertaraf Super 300, namun banyak pemain peringkat top dunia yang turut berpartisipasi. Terkecuali para pemain yang menempati peringkat satu dunia saat ini.

Kemungkinan besar para pemain yang ikut berpartisipasi berharap dapat mengumpulkan poin untuk persiapan mengikuti turnamen Olimpiade Tokyo mendatang. Terlihat dari keikutsertaan para pemain ganda putri Jepang yang berada di peringkat tiga besar dunia. Perolehan poin mereka memang cukup dekat jaraknya. Kejar-kejaran poin masih sangat memungkinkan di antara mereka.

Turnamen Australia Open memang memberikan hasil yang signifikan pada beberapa pemain dalam pergerakan peringkat mereka. Mereka adalah Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, pasangan Tang Chun Man / Tse Ying Suet, dan pasangan Seo Seung Jae / Chae YuJung.

Pasangan ganda campuran asal Korea Selatan, Seo Seung Jae / Chae Yujung harus turun satu peringkat dari posisi delapan ke posisi sembilan. Perolehan poin mereka masih kalah dari pasangan ganda campuran asal Hong Kong, Tang Chun Man / Tse Ying Suet. Pasangan Tang / Tse berhasil mengumpulkan poin setelah finish di posisi ketiga turnamen Australia Open.

Sementara itu pasangan Tang / Tse menggeser posisi pasangan Korea Selatan di posisi kedelapan. Keduanya tepat berada di bawah pasangan asal Indonesia, Praveen Jordan / Melati Daeva Oktavianti.

Sektor tunggal putra juga mengalami perubahan. Wakil Indonesia, Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting kembali bersaing di daftar peringkat dunia. Pada minggu sebelumnya peringkat keduanya stagnan. Namun pasca turnamen Australia Open, peringkat Jonatan dan Anthony kembali berubah.

Keberhasilan Jonatan Christie menjuarai Australia Open sedikit banyak mempengaruhi perolehan poinnya. Jojo, panggilan akrab Jonatan, berhasil mengumpulkan poin 7000 pasca kemenangannya tersebut. Perolehan poin tersebut berhasil mengikis perbedaan poinnya dengan Anthony Sinisuka Ginting dan menempatkannya di posisi ketujuh naik satu peringkat dari pekan lalu.

Anthony Sinisuka Ginting yang menjadi runner up di Australia Open setelah dikalahkan oleh rekan senegaranya sendiri, Jonatan Christie berhasil mengumpulkan poin 5950. Sayangnya perolehan poinnya tersebut masih kalah tipis dari Jonatan. Hal tersebut membuatnya harus rela turun satu peringkat ke posisi delapan setelah minggu lalu berada di peringkat ketujuh.

Sektor lainnya tidak mengalami perubahan sama sekali. Sama seperti pekan lalu, posisi peringkat satu hingga sepuluh besar masih stagnan. Hal ini kemungkinan karena perbedaan poin di antara mereka cukup besar hingga perolehan poin di Australia Open tidak mampu membuat perbedaan peringkat.