Ihsan Maulana Mustofa Unggulan Pertama Turnamen Lingshui China Master 2019

wikipedia.org

Salah satu gelaran turnamen BWF Tour kembali digelar. Di minggu ini ada dua turnamen berbeda digelar di waktu yang sama. Lingshui China Master dan Yonex Swiss Open. Indonesia turut berpartisipasi dikedua turnamen dengan mengirimkan wakilnya.

Lingshui China Master 2019 salah satu turnamen BWF berstatus Super 100. Berhadiahkan uang dengan nilai sebesar 75,000 Dollar Amerika. Turnamen ini digelar pada 12 maret hingga 17 maret mendatang di Agile Stadium, Lingshui, Cina. Turnamen ini merupakan turnamen Super 100 pertama BWF yang digelar di tahun ini.

Indonesia sendiri ikut serta diturnamen ini dengan menurunkan wakilnya hampir di semua sektor terkecuali sektor tunggal putri. Pada sektor tunggal putra Indonesia menurunkan Ihsan Maulana Mustofa, Chico Aura Dwi Wardoyo, Shesar Hiren Rhustavito, Firman Abdul Kholik dan Ikhsan Leonardo Imanuel Rumbay. Pada sektor ganda putra, Indonesia hanya menurunkan Sabar Karyaman Gutama / Frengky Wijaya Putra. Di sektor ganda putri, ada pasangan Febriana Dwi Puji Kusuma / Ribka Sugiarto dan pasangan Virni Putri / Vania Arianti Sukoco. Sementara pada sektor ganda campuran ada nama Adnan Maulana / Mychelle Crhystine Bandaso dan Zachariah Josiahno Sumanti / Angelica Wiratama.

Pemain – pemain Indonesia sendiri tidak ada yang melalui babak kualifikasi. Semua pemain langsung berlaga di babak pertama. Bahkan beberapa pemain menjadi unggulan untuk sektornya masing – masing.

Di sektor tunggal putra, Ihsan Maulana Mustofa menjadi unggulan pertama turnamen. Kemudian ada Shesar Hiren di unggulan kelima, Firman Abdul Kholik menyusul di unggulan keenam dan Chico Aura di posisi ketujuh. Keempat pemain tersebut memperoleh keuntungan dengan mendapatkan pertandingan bye dan tidak harus melalui babak pertama.

Sementara pada sektor ganda putra, satu – satunya pasangan wakil Indonesia, Sabar Karyaman / Frengky Wijaya menjadi unggulan ketiga turnamen. Namun pasangan ganda putra ini tidak mendapatkan keuntungan pertandingan bye dan harus melalui babak pertama dengan melawan wakil Cina Taipei, Lin Sheng Chieh / Chun Hsien Yang. Untungnya Sabar / Frengky berhasil melaju ke babak berikutnya dengan mengalahkan pasangan Cina Taipei dua set langsung dengan skor 24 – 22, 21 – 16.

Dua wakil Indonesia di sektor ganda putri pun turut berada di posisi unggulan turnamen. Pasangan Febriana Dwipuji / Ribka Sugiarto menempati posisi unggulan ketiga dan pasangan Virni Putri / Vania Arianti di posisi unggulan kedelapan. Kedua pasangan ini pun tidak mendapatkan keuntungan pertandingan bye.

Di sektor ganda campuran, walaupun terdapat dua pasangan wakil Indonesia, namun hanya satu pasangan yang berada pada posisi unggulan turnamen. Pasangan tersebut adalah Zachariah Josiahno Sumanti / Angelica Wiratama. Pasangan ini menjadi unggulan keempat turnamen. Di babak pertama mereka akan dipertemukan dengan pemain asal Cina Taipei, Tseng Min Hao / Hsieh Pei Shan. Laga keduanya akan berlangsung pada 13 Maret pukul 22.40 waktu setempat.

Berada pada posisi unggulan tidak menjamin para pemain akan melangkah mulus ke babak selanjutnya. Hanya kerja keras dan motivasilah yang tentunya berperan besar dalam menentukan menang kalahnya para pemain di lapangan.