Malaysia Open 2019: Pesta Para Atlet Badminton Cina

Final Malaysia Open 2019 pun telah usai siang tadi. Pertandingan bulu tangkis yang berlangsung mulai tanggal 2 hingga 7 April 2019 ini menjadi salah satu pergelaran yang paling seru tahun ini.

Bagaimana tidak, sempat diwarnai dengan aksi saling kejar antar negara, namun pada babak final justru didominasi oleh atlet asal Cina. Tak tanggung-tanggung, para atlet Cina ini berhasil meraih empat gelar sekaligus, yakni tunggal putra, ganda putra, ganda putri, dan ganda campuran.

Di tunggal putra, Lin Dan menjadi penyelamat bagi Cina. Ia berhasil memenangkan gelar juara tunggal putra setelah melawan saudaranya sendiri, Chen Long. Kemenangan ini sekaligus menjadi pemutus absennya Lin Dan berdiri di podium utama beberapa waktu ini. Skor yang didapatkannya adalah 9-21, 21-17, 21-11.

Sedangkan di nomor ganda putra ada Li Junhu dan Liu Yuchen yang jadi juaranya. Kedua putra kebanggaan Cina ini berjuang melawan pasangan asal Jepang, Takeshi Kamura dan Keigo Sonoda.

Berbeda dengan Lin Dan, Li Junhu dan Liu Yuchen hanya memerlukan dua set game untuk bisa memastikan diri menjadi juara. Dengan hasil akhir 21-12, 21-17, keduanya kembali ke Cina dengan kemenangan mutlak. Kekalahan pasangan asal Jepang ini juga membuat Jepang tidak membawa gelar apapun tahun ini di Malaysia Open.

Nasib yang sama juga dirasakan oleh pasangan ganda campuran asal Cina. Laga saudara sesama atlet Cina terjadi pada Wang Yilyu dan Huang Dongping melawan Zheng Siwei dan Huang Yaqiong. Laga ini dimenangkan oleh Zheng dan Huang hanya dalam 38 menit dengan skor 21-17 dan 21-13.

Gelar juara yang juga diangkut oleh pasangan ganda putri, Chen Qingchen dan Jia Yifan melawan Du Yue dan Li Yinhui. Nomor ganda putri yang dimenangkan oleh Chen dan Jia berhasil membuat mereka mempertahankan tren positif setelah menang di All England bulan lalu. Laga kali ini dimenangkan keduanya dengan skor 21-14 dan 21-15.

Sedangkan nomor tunggal putri tidak berhasil dibawa pulang oleh atlet Cina. Nomor ganda putri yang mempertemukan atlet asal Taiwan, Tai Tzu Yin dengan atlet asal Jepang, Akane Yamaguchi akhirnya dimenangkan oleh Tau Tzu Yin dengan skor 21-16 dan 21-19.