Ternyata, Ada Perbedaan Bola Basket Indoor Dan Outdoor

Apakah saat ini anda telah menguasai tentang seperti apa teknik dasar permainan bola basket? Basket merupakan salah satu olahraga yang memang cukup banyak digemari, khususnya bagi mereka yang masih memiliki jiwa muda. Bola basket bisa dikatakan sebagai salah satu olahraga yang berada di urutan nomer dua setelah sepakbola yang banyak digemari baik digunakan sebagai olahraga sungguhan atau dimainkan di Play Station.

Seperti halnya teknik dasar permainan sepak bola dan juga teknik dasar permainan bulu tangkis, bola basket juga memiliki beberapa teknik harus anda kuasai jika anda ingin menjadi seorang pemain bola basket yang handal. Namun pembahasan kita kali ini bukan tentang itu, melainkan tentang perbedaan bola basket indoor dan outdoor yang jarang orang ketahui.

Bagi anda yang gemar memainkan bola basket sebagai olahraga favorit anda, tentu anda akan kebingungan jika ditanya mana yang lebih baik apakah menggunakan menggunakan bola basket indoor atau outdoor. Bagi anda yang kurang teliti, tentu anda akan berpikir bahwa kedua tipe bola basket tersebut tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

Akan tetapi, jika anda memilih tipe bola basket yang tidak sesuai dengan kondisi permainan anda maka tentu saja bola basket tersebut akan berpengaruh sehingga anda tidak bisa mengeluarkan kemampuan terbaik anda. Maka dari itu, simak baik-baik penjelasan yang akan kami berikan di bawah ini khusus untuk anda.

1. Bola basket indoor memiliki sentuhan yang luar biasa

Jika anda sering bermain bola basket secara indoor, maka anda harus memilih tipe bola yang sesuai dengan kondisi permainan anda. Untuk bola basket indoor seperti Spalding Official NBA Leather Game Basketball atau Spalding Top-Flite 1000 Basketball, kedua bola ini memiliki sentuhan  atau touch feel yang sangat mengagumkan sehingga tidak heran jika bola indoor lebih sering digunakan oleh para pemain basket dunia seperti Kobe Bryant.

Namun yang harus anda perhatikan adalah ketika bola ini pertama kali dikeluarkan akan memiliki tekstur yang sedikit lebih lembut dan terkadang masih licin karena memang masih baru. Namun jika anda sering menggunakannya, maka seiring berjalannya waktu maka kemudian bola tersebut akan terasa enak di tangan sehingga anda bisa mengeluarkan kemampuan anda yang sebenarnya.

2. Bola basket indoor lebih mudah dikontrol

Perlu anda tahu bahwa beberapa orang berpendapat bahwa bola basket yang digunakan untuk indoor terkenal lebih mudah untuk dikontrol jika dibandingkan dengan bola basket yang digunakan untuk luar ruangan alias outdoor. Bagi anda yang kurang biasa tentu saja akan mengalami kesulitan jika anda harus bermain dengan menggunakan bola outdoor karena anda akan kesulitan untuk mengembangkan permainan anda.

Dan jika sudah seperti ini, maka cara melempar bola basket anda juga akan berpengaruh sehingga tidak heran karena anda tidak terbiasa menggunakan bola outdoor, maka lemparan anda menjadi kurang bertenaga atau kurang akurat. Dengan kata lain, jika anda ingin menggunakan bola outdoor, maka anda harus membutuhkan waktu agar anda bisa beradaptasi sehingga pada akhirnya anda sudah terbiasa menggunakan bola tersebut.

3. Bola outdoor lebih tahan lama

Untuk perbedaan bola basket indoor dan outdoor yang ketiga adalah dari sisi ketahanannya. Mungkin anda sudah tahu bahwa arena tau lapangan basket antara indoor maupun outdoor memiliki struktur yang berbeda dimana banyak yang mengatakan bahwasanya lapangan basket ourdoor menuntut bola dengan tingkat ketahanan yang tinggi.


Maka dari itu, bola outdoor dibuat dengan memiliki daya tahan yang kuat sehingga bisa digunakan untuk lapangan outdoor seperti aspal, beton, maupun juga digunakan di lapangan basket yang memiliki struktur kasar. Beberapa bola outdoor yang kami sarankan untuk anda miliki antara lain seperti Wilson Jet Competition Pro Official Basketball, Spalding Official Size NBA Street Basketball, atau juga Spalding NBA Official Zi/O Excel Indoor / Outdoor Composite Basketball.

Dan jika anda perhatikan bahwa bola basket outdoor memiliki permukaan yang mirip dengan bintik kecil karena berfungsi untuk mempertahankan kondisi permukaannya yang lembut, meskipun nantinya digunakan pada permukaan yang keras dan digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Sementara untuk harga yang harus anda keluarkan jika ingin mendapatkan bola outdoor adalah sekitar Rp. 250.000, tergantung jenis dan merk bola basket yang anda beli karena tentu saja setiap merk memiliki keunggulan pada masing-masing produknya.

Demikian informasi yang bisa kami berikan kepada anda. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda semuanya. Selain itu, untuk semakin meningatkan pengetahuan anda mengenai bola basket, anda bisa mendapatkan informasi lainnya dengan mempelajari posisi pemain bola basket dan juga apa saja tugasnya sehingga anda tidak sampai salah memahami peran atau tugas dari para pemain pada bola basket.