4 Perbedaan Bola Voli Asli Dan KW Yang Harus Diketahui

Apakah anda sudah paham tentang apa saja kesalahan dalam permainan bola voli? Jika sudah, maka kali ini anda juga harus tahu tentang apa saja perbedaan bola voli asli dan kw yang banyak orang tidak sadar sehingga banyak dari mereka tertipu untuk memilih bola voli kw. Seperti yang kita tahu olahraga voli termasuk salah satu cabang olahraga yang dilombakan di berbagai ajang kejuaran seperti Sea Games, Asia Games, dan bahkan olahraga ini juga dilombakan dalam Olimpiade.

Di dalam melakukan permainan ini, tentu anda harus tahu secara betul mengenai bagaiman cara bermain bola voli yang benar sehingga anda bisa selalu meraih kemenangan dan pada akhirnya anda bisa mencapai target yang anda impikan selama ini. Dan salah satu cara untuk menjadi pemain bola voli yang handal adalah dengan memahami perbedaan bola voli asli dan kw.

Alasannya adalah kedua bola ini tentu memiliki perbedaan dari segi kualitas. Ketika anda sering memainkan permainan bola voli, namun menggunakan bola kw maka kemungkinan anda memerlukan waktu untuk beradaptasi ketika tiba-tiba anda menggunakan bola voli yang berbeda dari bola yang anda gunakan karena anda selama ini ternyata anda menggunakan bola voli kw.

Untuk mengetahui apa saja perbedaannya, maka kami sarankan agar anda menyimak baik-baik penjelasan yang akan kami berikan di bawah ini:

1. Pantulan Bola

Perbedaan antara bola voli yang asli dengan kw adalah terletak pada pantulannya. Perlu anda tahu bahwa banyak dari orang awam yang tidak memperhatikan tips ketika membeli bola voli dimana orang tersebut harus memantulkan bola tersebut untuk mengetes apakah bola yang ia beli merupakan bola asli, kw, atau bahkan bola palsu.

Seseorang yang tidak sadar membeli bola voli kw atau palsu, maka kemungkinan ia akan mengalami beberapa kesalahan umum pada saat servis dalam bola voli karena memang bola yang ia gunakan tidak memiliki tingkat pantulan yang baik.

Oleh sebab itu, cara yang harus anda lakukan adalah dengan memantulkan bola yang ingin anda beli. Jika bola yang anda pantulkan jaraknya lebih dari setengah ketika kita memantulkan, maka bola tersebut bisa dikatakan asli atau memiliki kualitas yang baik.

2. Kualitas bahan

Perbedaan yang kedua antara bola voli asli dan kw adalah terletak pada kualitas bahan yang digunakan. Bola voli yang asli tentu saja akan dibuat dari bahan yang memiliki kualitas tinggi dan terpercaya sehingga mampu bertahan dalam jangka waktu yang lama dan sangat sulit untuk bisa robek sekalipun bola tersebut terkena atau tergores benda yang tajam.

Namun jika anda membeli bola kw, maka bola tersebut tentu saja cenderung akan mudah robek terutama jika anda menggunakannya dengan intensitas yang tinggi. Mengapa? Karena bola voli kw dibuat dari bahan semi plastik sehingga tidak heran jika bola voli yang satu ini akan mudah robek jika misalnya terkena benda tajam.

3. Berat Bola

Perbedaan yang ketiga antara bola voli asli dan kw adalah pada berat bola itu sendiri. Meskipun sebenarnya perbedaan ini sederhana, namun jika anda teliti maka anda akan menyadari bahwa meskipun memiliki perbedaan yang sederhana, ternyata akan berpengaruh terhadap kualitas permainan dan variasi permainan bola voli seperti ketika melakukan passing atas, passing bawah, servis, atau bahkan smash.

Anda harus tahu bahwa anda tidak dianjurkan untuk memilih bola yang memiliki berat terlalu ringan, namun anda juga tidak dianjurkan untuk memilih bola yang terlalu berat karena anda akan kesulitan mengembangkan permainan atau menikmati permainan anda.

Yang harus anda lakukan adalah dengan memilih bola yang memiliki berat ideal sehingga akan nyaman ketika dimainkan. Adapun bola dengan berat ideal adalah bola yang memiliki berat 9 sampai dengan 10 ons, serta memiliki tekanan yang mencapai kurang lebih 4,5 sampai dengan 6 pon.

4. Warna bola

Perlu anda sadari bahwa perbedaan lainnya antara bola voli asli dan juga bola voli kw adalah terletak pada warnanya. Meskipun memang sebenarnya warna bukan hal yang dapat mempengaruhi dari segi kualitas, namun beberapa orang yang teliti terhadap barang kw akan langsung menyadari bahwa bola voli anda kw atau bahkan palsu hanya bermodalkan penglihatan dari warna bola yang anda miliki.

Namun yang kami sarankan ketika anda membeli bola voli adalah anda harus membeli bola dengan warna yang agak mencolok. Alasannya adalah bola dengan warna mencolok akan memudahkan anda dalam bermain dan mengembangkan teknik bola voli anda.

Dan bahkan ada beberapa peraturan permainan bola voli yang salah satunya berkaitan dengan warna bola yang anda gunakan yakni harus memiliki warna yang agak mencolok sehingga dapat memudahkan para pemain.