7 Kesalahan Umum pada Saat Servis dalam Bola Voli oleh Pemain Pemula

Setiap pemain bola voli, terutama pemula, wajib untuk mengetahui cara bermain bola voli yang benar dan hal ini pun termasuk juga mengenali apa saja kesalahan umum pada saat servis dalam bola voli. Ada banyak gerakan dalam olahraga ini dan servis menjadi salah satu teknik gerakan yang sepertinya tak mudah dikuasai karena banyak kesalahan yang dibuat pemainnya.

Mental pemain serta posisi atau postur tubuh menjadi hal umum yang mengalami kesalahan saat bermain voli. Karena gerakan servis memiliki tingkat kesulitan masing-masing, tingkat kesalahan pemain dalam melakukannya akan lebih tinggi saat tingkat kesulitan makin tinggi. Perhatikan apa saja kesalahan tersebut sambil tetap memerhatikan juga peraturan permainan bola voli agar kita dapat menghindarinya.

  1. Kaki Pemain Menginjak Garis Batas Servis

Kesalahan umum pertama dan paling umum dilakukan oleh hampir setiap pemain bola voli adalah kaki mereka menginjak garis batas servis. Garis batas ini bisa juga kita sebut sebagai garis belakang lapangan. Pemain pemula pada umumnya adalah yang paling sering melupakan atau melewatkan hal ini.

Kesalahan ini sepertinya cukup kecil, namun sebetulnya kelalaian semacam ini rupanya dapat membawa kerugian bagi tim. Servis yang seharusnya bisa tercipta dengan baik, hanya karena pemain yang melakukan servis menginjak garis batas servis bakal dinyatakan gagal. Karena tak sah, tim sendiri tidak memperoleh poin dan poin diberikan kepada lawan.

  1. Posisi Kaki yang Diangkat

Para pemain bola voli yang menggunakan tangan kanan biasanya perlu mengambil sedikit langkah ke depan dengan kaki sebelah kirinya saat melakukan gerakan servis. Cara ini dilakukan dengan menyeret ujung jari kaki sebelah kanan ke arah belakang saat melakukan langkah kecil tersebut.

Namun rupanya, hal ini tak mudah bagi sebagian pemain voli dan justru malah mengangkat kaki kanan dengan berbagai sudut. Otomatis karena hal tersebut, biasanya hal ini memicu pinggang membungkuk dan akhirnya menyebabkan gerakan servis tidaklah stabil. Ketidakstabilan ini begitu tak terduga dan bisa menyebabkan berbagai masalah ketika kurang benar eksekusinya.

  1. Kesalahan dalam Spin Service

Pada variasi permainan bola voli, kita mengenal akan berbagai cara dalam melakukan servis bukan? Kesalahan umum juga terjadi di saat pemain melakukan servis bola putar atau yang kita sebut dengan spin service. Banyak pemain kurang sabaran yang akhirnya terlalu terburu-buru dalam melakukan servis menjadikannya kurang maksimal.

Selain terburu-buru, kesalahan ada pada posisi kuda-kuda dengan kaki sejajar dan tangan yang dikepalkan. Bahkan banyak pemain pemula juga kurang memerhatikan bagian perkenaan permukaan bola yang kurang tepat dengan permukaan tangan. Itulah mengapa latihan servis pun sebaiknya berada di bawah pengawasan pelatih agar pelatih mampu membenarkan posisi serta gerakan yang salah.

  1. Kesalahan dalam Underhand Service

Kesalahan berikutnya adalah saat melakukan underhand service atau dengan kata lainnya servis tangan bawah. Lagi-lagi dalam hal ini, banyak pemain pemula melakukannya secara terburu-buru dengan posisi tangan tak mengepal. Tangan yang digunakan untuk melakukan gerakan servis ini seharusnya mengelap supaya pukulan bola lebih keras.

Kesalahan juga biasanya ada pada posisi kaki yang justru dibuat pemain dalam posisi sejajar. Bahkan lambungan bola pun seringkali terlalu tinggi. Karena lambungan bola yang sangat tinggi, inilah yang menjadi faktor bola mudah tergelincir saat kita memukulnya.

  1. Kesalahan dalam Floating Service

Pada pemain pemula, melakukan floating service atau servis mengambang bisa terjadi kesalahan, yakni pukulan sangat pelan. Tak hanya itu, pukulan yang dilakukan dapat meleset dan malah mengenai area tengah bola. Bila bagian tengah bola yang terkena, efek floating akhirnya gagal. Terlalu terburu-buru pun menjadi satu poin kesalahan yang paling umum dilakukan para pemain pemula.

Posisi kaki yang sejajar juga merupakan kesalahan sebab kaki yang sejajar menjadi faktor penyebab hasil pukulan kurang optimal nantinya. Terkadang pukulan terlalu pelan, terkadang pukulan justru terlalu keras yang seringkali malah berakibat pada out-nya bola. Tangan yang mengepal juga adalah suatu kesalahan sehingga kiranya dapat dihindari dengan baik.

  1. Kesalahan dalam Jump Service

Servis lompat atau jump service pada umumnya salah dilakukan karena pemain pemula terlalu terburu-buru di mana paling sering terjadi saat berlangsungnya pertandingan. Pemain pemula terkadang memang masih suka gugup dan juga kurang jam terbang, sehingga kedua faktor tersebut bisa saja menjadi penyebab kurang maksimalnya pukulan servis lompat.

Salahnya timing lompatan juga cukup umum, berikut perkenaan bola saat memukul dengan telapak tangan malah mengenai bagian bola atas dan bola akhirnya menukik dan mengenai net. Ketika perkenaan bola dengan telapak tangan terlalu ada di bagian bawah bola, bola justru dapat out atau malah dengan gampangnya dibalas oleh lawan. Ada pula kasus di mana lemparan terlalu rendah sehingga timing lompatan terburu habis.

  1. Bola Membentur Net

Kesalahan ini termasuk umum dan sering dilakukan oleh para pemula di mana sewaktu melakukan servis dengan gaya apapun, bola justru menukik dan bukannya melambung ke arah lawan. Akibatnya, bola hasil pukulan membentur net dan jatuhnya pun masih di wilayah tim sendiri sehingga dinyatakan gagal dan tim tak memperoleh poin.

Itulah sejumlah kesalahan umum pada saat servis dalam bola voli oleh pemain pemula yang artinya masih harus meningkatkan jam latihan fisik bola voli. Permainan olahraga ini bukan hanya tentang kelengkapan perlengkapan olahraga bola voli, melainkan juga benar-benar dapat memraktikkan setiap teknik atau gaya gerakan dengan baik dan sempurna.