Singapore Open 2019: Ginting Kalahkan Chen Long, Marcus / Kevin Hentikan Perjuangan Fajar / Rian

Singapore Open 2019: Ginting Kalahkan Chen Long, Marcus / Kevin Hentikan Perjuangan Fajar / Rian

Hari keempat turnamen Singapore Open 2019 telah berakhir. Di babak perempat final ini ada tujuh wakil Indonesia dari berbagai sektor.

Sektor ganda putra diwakili oleh pasangan Marcus Fernaldi Gideon / Kevin Sanjaya Sukamuljo, Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto, dan Muhammad Ahsan / Hendra Setiawan. Sektor ganda campuran diwakili oleh Ricky Karandasuwardi / Pia Zebadiah Bernadete, dan Hafiz Faizal / Gloria  Emanuelle Widjaja. Terakhir dari sektor tunggal putra ada Anthony Sinisuka Ginting dan Jonathan Christie.

Sayangnya hanya empat wakil yang lolos maju ke babak selanjutnya. Tiga wakil dikalahkan oleh pasangan negara lain sedangkan satu wakil dikalahkan oleh rekan senegara sendiri.

Pasangan ganda campuran Hafiz Faizal / Gloria Emanuelle menjadi wakil Indonesia pertama yang bermain di awal waktu. Hafiz / Gloria harus menghadapi pasangan asal Malaysia unggulan keempat turnamen, Chan Peng Soon / Goh Liu Ying. Pertemuan seru kedua pasangan tersebut berlangsung selama satu jam.

Pasangan Indonesia tampil gemilang dengan berhasil menyingkirkan pasangan Malaysia dalam tiga set dengan skor 18 – 21, 21 – 12, 21 – 16. Hasil ini menjadikan head to head keduanya satu sama.

Anthony Sinisuka Ginting menjadi wakil kedua Indonesia yang melaju kebabak selanjutnya. Ginting untuk kesekian kalinya bertemu dengan Chen Long. Secara peringkat Ginting memang berada di bawah Chen Long yang saat ini di peringkat 5 dunia sedangkan Ginting peringkat 9 dunia.

Namun jika dilihat dari head to head, Ginting masih lebih unggul. Pertemuan keduanya di turnamen ini menjadi pertemuan yang kesembilan kalinya. Kemenangan Ginting dengan skor 21 – 8, 21 – 19 semakin menambah keunggulan head to head Ginting menjadi 6 – 3.

Langkah Hafiz / Faizal dan Ginting diikuti oleh pasangan Ahsan / Hendra. Bertemu pasangan asal Malaysia, pasangan unggulan keempat ini tidak gentar. Walaupun harus melalui tiga set permainan, Goh V Shem / Tan Wee Kiong dipaksa berkemas oleh Ahsan / Hendra. Kemenangan ini menjadikan head to head Ahsan / Hendra unggul 5 – 1 terhadap Goh / Tan.

Marcus / Kevin pun menambah wakil Indonesia di babak semifinal Sabtu esok. Bermain melawan rekan senegara, Fajar Alfian / Muhammad Rian Ardianto, Marcus / Kevin tidak perlu berlama – lama. Hanya dalam waktu 26 menit, Minions, panggilan akrab Marcus / Kevin menghentikan perjuangan Fajar / Rian dalam dua set langsung dengan skor 21 – 18, 21 – 10.

Sayangnya, pasangan Ricky / Pia tidak mampu mengikuti jejak langkah Hafiz / Gloria. Keduanya harus kalah dari pasangan Malaysia Tan Kian Meng / Lai Pei Jing. Bermain tiga set selama 1 jam, Ricky / Pia menyerah kalah dengan skor 22 – 20, 14 – 21, 21 – 18.

Jonathan Christie pun harus mengubur mimpinya untuk lanjut ke babak semifinal. Viktor Axelsen menghentikan langkah Jojo dengan susah payah selama hampir sejam lebih.  Walaupun kalah, Jojo telah berusaha keras terbukti dengan skor tipis 22 – 24, 21 – 18, dan 24 – 22.

 Babak semifinal akan digelar Sabtu esok. Semoga wakil Indonesia terus melaju hingga ke final bahkan meraih podium tertinggi di ajang dengan hadiah total sebesar 355,000 USD ini.