Sponsors Link

Syarat Masuk Pelatnas PBSI yang Wajib Bagi Atlet

Sponsors Link

Bagi kalangan pecinta bulu tangkis pertanyaaan ini sering sekali hinggap di pikiran mereka, tak heran karena olahraga bulu tangkis semakin tahun semakin di sukain dan di cintai oleh masyarakat Indonesia ataupun dunia. Kejaayan bulu tangkis berawal dari kotingen Indonesia yang berhasil memastikan atau memberikan piagam emas pada masa olimpiade Barcelona pada tahun 1992 yang di capai oleh susi susanti dan alan budi kusuma. Belum lama ini prestasi bulu tangkis Indonesia juga membuat kebanggaan lewat pasangan tontowi dan liliyana yang sukses menundukan pasangan Malaysia di olimpiade rio di brazil pada tahun2016 dan mengembalikan piagam emas yang sempat tidak kita capai pada tahun 2012.

ads

Prestasi gemilang untuk bangsa telah di raih oleh pemain – pemain bulu tangkis hebat jebolan pelatnas – pelatnas. Nah pelatnas merupakan kependekan dari pemusatan latihan nasional yang menaungi bibit – bibit berbakat yang di latih lagi kemampuanya. Tiadk mudah untuk menjadi pelatnas atau tempat istimewa ini namun juga tidak mustahil bagi kalian jika ingin menjadi pelatnas asalkan mempunyai tekad dan kerja keras tentunya dengan niat.

Persatuan bulu tangkis Indonesia atau PBSI sudah menetapkan 6 parameter bagi setiap calon atlet bulu tangkis yang ingin bergabung ke PBSI. Sudah ada system dan struktur di dalam pelatnas baik dalam dan luat klub. Selama ini kriteria masuk platnas belum mempunyai standar ataupun patokan. Akan tetapi kami sekarang sudah mempunyai standar atau patokan apa saja syarat dan poin – poin yang harus di nilai ketika seorang atlet mau masuk pelatnas PBSI.

PBSI mempunyai syarat atau bobot penilaian dengan 6 parameter fisik yang sudah di tetapkan yaitu , bobot 40% untuk VO2 Max, bobot 15% untuk cour agility, bobot 15% untuk skipping rope, bobot 10% untuk vertical jump, dan yang terakhir 10 % untuk sit up dan push up.

Daftar 6 poin / syarat masuk pelatnas PBSI :

1. VO2 Max 

Dalam dunia olahraga VO2 Max, bukanlah hal yang asing, VO2 Max adalah volume maksimal O2 yang di proses oleh tubuh anda saat melakukan kegiatan yang intensif. VO2 Max ini juga salah satu tingkatan kemampuan tubuh yang di nyatakan dalam bentuk milliliter/menit/kg berat badan.

Nah kita perlu ketahui juga soal mekanismenya atau cara kerja dari tubuh manusia. Tentunya setiap sel dari tubuh kita membutuhkan oksigen utnuk mengubah makanan menjadi Adenosine Triphosphate atau ATP yang akan di pakai untuk kerja setiap se, yang paling banyak mengkonsumsi oksigen adalah otot. Nah ketika otot di pakai untuk latihan maka akan lebih banyak membutuhkan oksigen. Sel otot membutuhkan banyak oksigen dan akan menghasilkan CO2 .

Cepat atau lambatnya kelelahan dari seorang atlet dapat di perkirakan oleh kapasitas tubuh atlet dan seberapa sering mereka menjalani latihan fisik bulu tangkis. Kapasitas pergerakan tubuh akan menunjukan kapasitas maksimal oksigen yang di pergunakan oleh tubuh atau VO2 Max, dan seperti yang kita tahu bahwa oksigen merupakan bahan bakar tubuh oksigen akan dibutuhkan oleh setiap otot kita dalam melakukan setiap aktivitas.

2. Court agility / kelincahan

Kelincahan merupakan kemampuan dimana dapat mengubah posisi tubuh dan arah tubuh dengan waktu yang cepat dan tepat ketika sedang bergerak tentunya juga tanpa kehilangan keseimbangan. Seperti yang kita ketahui biasnya teknik tingkat atas dalam suatu olahraga sperti bulu tangkis dan sepak bola menggunakan cara ini atau kelincahan ini. Tentunya kelincahan ini bertujuan untuk membuat gerakan anda menjadi lebih efektif, efisien dan juga ekonomis dan juga energy anda tidak akan terbuang Cuma – Cuma.

Ada beberapa cara yang test kan dan juga di jadikan latihan untuk kelincahan, diantaranya adalah latihan mengbah gerak tubuh dengan cepat dalam keadaan lurus atau shuttle run, mengubah gerak tubuh dalam arah yang berbelok – belok atau zig zag, mengubah posisi tubuh dengan squat thrust dan juga kelincahan bereaksi.

Sponsors Link

3. Skipping rope / lompat tali

Skiping merupakan gerakan yang sulit – sulit mudah. Mudah nya dapat di lakukan di mana saja jadi anda dapat berlatih di manasa sajakarna anda tinggal melompat – lompat menggunakan tali untuk skiping. Gerakan ini biasanya di gunakan utnuk membakar lemak para atlet dan juga memperkuat otot kaki para atlet. Skipping rope juga sering di gunakan oleh para atlet voli bahkan juga digunakan untuk menjadi latihan latihan fisik bola voli .

4. Vertical jump

Vertical jump merupakan gerakan lompat tegak, yang termasuk dalam salah satu tes kebugaran yang sudah banyak di gunakan salah satunya adalah platnas PBSI. Gerakan ini di gunakan untuk menentukan kekuatan otot kaki atau daya ledak pada kaki ( expolosive power ) dari seorang atlet. Tes ni juga sering kali di gunakan oleh seorang atlet professional seperti Lionel mesi dan atlet professional lainya. Semakin tinggi lompatan kami maka akan semakin kuat daya otot kaki dan daya ledak kaki anda. 

Sponsors Link

5. Sit up

Merupakan gerakan yang bertumpu pada pinggul dan juga pantat dan lutut di angkat kea rah atas dan juga di lakukan secara berulang – ulang. Sit up akan terasa sulit jika anda baru pertama kali melakukanya, akan tetapi ketika anda sudah biasa melakukanya maka akan terasa mudah sekali dan ringa. Selain untu test masuk pelatnas biasnya latihan ini juga di lakukan utuk membentuk perut yang sempurna dan juga latihan bola basket.

6. Push up

Dan yang terakhir adalah pushp up pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan kata push up. Push up merupakan salah satu jenis senam dan olahraga yang berfungsi untuk menguatkan otot bisep ataupun trisep. Posisi awal push up adalah tidur tengkurap dengan tangan di sisi kanan dan kiri badan. Kemudian badan akan di dorong keatas dengan menggunakan kekuatan kedua tangan . posisi kaki badan harus tetap lurus tegap kalau tidak maka push up di anggap gagal. Selain itu kondisi badan juga akandi turunkan lagi dan tetap kaki tidak boleh belok badan turun hingga hampir menyentuh lantai lalu angkat lagi ke atas. Ulangi gerakan tersebut hingga mendapatkan keinginan yang anda inginkan. Push up juga termasuk dalam macam – macam tes kebugaran jasamani, jadi pastinya sangat berguna jika anda menguasainya.

PBSI sudah lebih terencana sekarang dengan system dan juga metode baku setelah menetapkan 6 psyarat atau parameter fisik untuk setiap calon candidat atlet pelatnas. PBSI juga sudah mulai menerapkan metode ini mulai dari ajang junior masters pada tahun 2014 yang merupakan salah satu kejuaraan pencarian bibit – bibit atlet mudah yang berbakat untuk menjadi pelatnas PBSI. Tentunya di atas merupakan syarat fisik untuk menjadi pelatnas PBSI buka berarti anda juga tidak harus menguasai  macam macam pukulan dalam permainan bulutangkis.

Nah semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu anda memahami apa saja syarat atau poin – poin penting yang harus di perhatikan untuk menjadi pelatnas PBSI.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 21st, August 2018 / 05:53 Oleh :
Kategori : Bulu Tangkis