YONEX French Open 2019 : Anthony Sinisuka Ginting Tumbangkan Kento Momota

Turnamen YONEX French Open 2019 telah memasuki babak perempat final. Sejauh ini ada lima wakil Indonesia yang sukses melaju hingga babak perempat final.

Mereka adalah Anthony Sinisuka Ginting, Shesar Hiren Rhustavito, Jonatan Christie, Marcus Fernaldi Gideon / Kevin Sanjaya Sukamuljo, dan pasangan ganda campuran Praveen Jordan / Melati Daeva Oktavianti.

Hanya sektor ganda putri dan tunggal putri yang gagal mengirimkan wakilnya hingga babak ini karena harus terhenti sehari sebelumnya.

Pasangan Greysia Polii / Apriyani Rahayu sebelumnya kalah dari pasangan Cina, Liu Xuan Xuan / Xia Yuting sementara Fitriani ditumbangkan unggulan ketujuh turnamen, He Bingjiao.

Dibabak perempat final ini, wakil Indonesia telah ditunggu oleh lawan – lawan yang tidak mudah untuk dikalahkan. Semua sektor bahkan mendapatkan lawan yang merupakan unggulan turnamen.

Pasangan Marcus Fernaldi / Kevin Sanjaya menjadi pasangan pertama yang tampil kemarin, Jumat (25/10/2019). Minion, sapaan akrab Marcus / Kevin, dipertemukan dengan unggulan ketujuh turnamen, Han Chengkai / Zhao Haodong.

Keduanya telah bertemu untuk yang ketujuh kalinya di turnamen ini. Head to head masih imbang dengan kedudukan tiga sama.

Bermain selama 31 menit, pasangan Kevin / Marcus sukses menghentikan langkah lawannya dengan skor 23 – 21, 21 – 14. Selanjutnya Kevin / Marcus akan menghadapi wakil Cina Taipei, Liao Min Chun / Su Ching Heng di babak semifinal.

Setelah Kevin / Marcus, Anthony Sinisuka Ginting turut melaju ke babak semifinal. Anthony Ginting sukses menumbangkan unggulan pertama turnamen, Kento Momota. Ginting bermain selama 43 menit dengan skor 21 – 10, 21 – 19.

Set pertama, Momota terlihat banyak melakukan kesalahan sendiri disamping permainan Ginting yang memang bersih dari kesalahan sendiri.

Penempatan bolanya pun kerap menyulitkan pergerakan Momota. Namun memasuki set kedua, Momota berusaha mengejar ketertinggalannya dan terbukti dengan perbedaan skor diantara keduanya tidak terlalu jauh.

Untungnya Ginting tetap konsisten dengan permainannya yang hampir tanpa cela. Ginting seakan mengetahui dimana letak kelemahan Momota dan terus memberikan bola yang kerap kali sulit dikembalikan. Ginting akan menghadapi Chen Long di babak semifinal.

Kemenangan wakil Indonesia terus berlanjut. Kali ini disumbangkan oleh satu – satunya wakil sektor ganda campuran, Praveen Jordan / Melati Daeva Oktavianti.

Keduanya sukses mengalahkan pasangan unggulan kedua turnamen, Dechapol Puavaranukroh / Sapsiree Taerattanachai hanya dalam 28 menit.

Praveen / Melati tidak memberikan kesempatan pada lawannya untuk berkembang di bawah permainan mereka. Hingga akhirnya memenangkan pertandingan dengan skor 21 – 14, 21 – 7.

Head to head keduanya pun menjadi 3 – 2 untuk keunggulan Praveen / Melati. Selanjutnya Praveen / Melati akan menghadapi wakil Inggris, Chris Adcock / Gabrielle Adcock.

Wakil sektor tunggal putra lainnya, Jonatan Christie pun sukses melenggang ke babak semifinal setelah mengalahkan wakil Denmark, Anders Antonsen dengan skor 17 – 21, 21 – 19, 21 – 16.

Bermain selama 82 menit, Jonatan sukses merubah kedudukan head to head dengan unggul 2 – 1. Jonatan telah ditunggu oleh wakil Denmark laiinya, Viktor Axelsen di babak semifinal.

Sayangnya kemenangan beruntun wakil Indonesia harus terhenti saat Shesar Hiren Rhustavito dikalahkan wakil Cina, Chen Long. Keduanya bertemu untuk pertama kalinya di turnamen ini. Vito kalah dalam dua set langsung dengan skor 21 -19, 21 – 12.