Inilah 5 Trik Sukses Ala Valentino Rossi!

Bagi kamu yang menyukai MotoGP, nama Valentino Rossi pasti bukan nama yang asing lagi. Karirnya dalam dunia balapan sudah menginjak tahun ke 23. Bukan hanya sekedar senior bagi pembalap MotoGP lainnya, tapi juga legenda dalam dunia balap motor.

Pria berdarah Italia ini telah sukses meraih banyak gelar juara mulai dari Juara dunia GP 250 cc pada tahun 1999, Juara dunia GP 500 cc pada tahun 2001, Juara dunia MotoGP pada tahun 2002, 2003, 2004, 2005, 2008, dan 2009.

Bagi kamu yang juga ingin sukses seperti Rossi dalam balap motor, berikut adalah 7 trik sukses ala Valentino Rossi yang bisa kamu coba:

1. Tidak mudah menyerah

Kegegalan adalah teman dari kesuksesan. Tidak ada kesuksesan yang muncul tanpa didahului oleh kegagalan. Bagi Rossi, kesuksesan yang ia raih juga buah dari kegagalan yang ia lalui selama ini. Maka dari itu, jika baru sekali gagal saja sudah langsung menyerah, mana mungkin bisa mencicipi kesuksesan. Bersabar dalam meraih kesuksesan merupakan kunci utama bagi Rossi.

2. Berani ambil resiko

Rossi bukanlah tipe orang yang suka bermain aman. Ia sangat suka melakukan berbagai tantangan yang membuatnya lebih hidup. Pada tahun 2003, Rossi secara mengejutkan banyak pihak berpindah dari Honda ke Yamaha yang saat itu Yamaha bukanlah partner yang berjaya layaknya Honda.

Namun keraguan banyak pihak justru dijawabnya dengan menorehkan prestasi yang berderet begitu ia disanding oleh Yamaha. Ia berhasil membuktikan bahwa bermain aman tidak selamanya membuatmu aman.

3. Terus belajar

Meskipun Rossi adalah satu-satunya pembalap dari era 90-an yang masih bertahan di MotoGP, namun ia adalah pembalap yang selalu ingin belajar hal baru di MotoGP. Keinginannya untuk selalu belajar inilah yang membuatnya terus maju di MotoGP.

Apalagi di usianya yang tak lagi muda, Rossi harus terus beradaptasi dengan berbagai teknologi terbaru di MotoGP. Rival yang harus ia hadapi juga membuatnya harus terus belajar karena mereka jauh lebih muda dibandingkan Rossi.

4. Selalu berbagi ilmu

Meskipun telah menorehkan banyak prestasi, namun Rossi bukanlah orang yang sombong dan pelit akan ilmu. Rossi justru sangat senang berbagi berbagai hal pada orang lain. Ia dengan senang hati berbagi ilmu yang ia miliki pada siapa saja. Baginya, manusia haruslah bermanfaat bagi orang lain sehingga apa yang ia miliki akan selalu ia bagikan.

5. Totalitas dalam bekerja

Kesuksesan tidak akan datang pada mereka yang bermalas-malasan. Bagi Rossi, totalitas dalam bekerja merupakan sebuah keharusan dan kunci dari kesuksesan. Ia selalu konsisten dan total dalam setiap performa. Ia juga tidak pernah meremehkan apapun, bahkan hal yang sering dianggap sepele oleh orang lain.

Itulah 5 tips sukses ala Rossi bagi para pembalap muda yang ingin berjaya seperti dirinya. Kunci kesuksesan memang tidak bisa diraih dengan mudah. Namun tidak ada pula yang tidak mungkin tanpa bekerja keras.