Inilah Cara Bermain Billiard Seperti Seorang Profesional!

Bermain biliar merupakan salah satu kegiatan yang membutuhkan konsentrasi tinggi seperti olahraga panahan atau golf. Bagi pemula, bermain biliar mungkin susah susah gampang, namun ternyata ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar dapat bermain layaknya seorang profesional. Berikut ini adalah beberapa cara bermain biliar seperti seorang profesional:

1. Memilih tongkat

Gunakan tongkat biliar yang tepat. Untuk pemula, pilih tongkat yang ringan sehingga tangan tidak mudah lelah. Gunakan pula tongkat yang nyaman digenggam.

2. Posisi tangan

Cara kedua yang perlu diperhatikan adalah posisi tangan yang benar. Bentuklah lingkaran dengan menggunakan ibu jari dan telunjuk pada tangan yang tidak dominan (kebanyakan menggunakan tangan kiri). Masukkan ujung tongkat melalui lingkaran tersebut lalu sandarkan pada jari kelingking, jari manis, dan jari tengah yang direntangkan.

3. Posisi badan

Banyak orang terutama pemula yang memiliki posisi tubuh yang salah sehingga menyebabkan tembakan menjadi kurang akurat dan bertenaga. Posisi badan yang benar adalah dengan berdiri agak menjauhi meja agar tembakan tidak terganggu. Condongkan badan agak ke depan agar kontrol pada tongkat menjadi lebih baik.

4. Menembak bola

Sebelum melakukan tembakan, maka usapkan ujung tongkat dengan kapur. Jangan memutar-mutar kapur pada ujung tongkat. Ketika akan melakukan tembakan, usahakan posisi tongkat biliar adalah sejajar dengan meja biliar agar kekuatan dan kontrol tembakan menjadi lebih maksimal.

Jangan memposisikan tongkat dengan sudut yang tajam karena akan menyebabkan tembakan menjadi tidak akurat dan memungkinkan terjadinya pelanggaran akibat posisi seperti mencungkil bola.

Sodok bola dengan ujung tongkat dan teruskan gerakan tetap dalam kondisi rileks. Jangan tegang ketika akan dan setelah menembak bola karena dapat membuat arah tembakan jadi melenceng.

Setelah melakukan tembakan, jangan langsung berdiri secara tiba-tiba. Hal ini akan mengakibatkan arah tembakan juga menjadi berubah. Usahakan untuk tetap menunduk melihat arah bola sehingga dapat menganalisis sudut yang akan ditembak berikutnya.

5. Latihan

Tidak ada yang kerja keras yang mengingkari hasilnya. Lakukan latihan menembak berkali-kali hingga mendapatkan teknik tembakan yang tepat. Mungkin pada awalnya akan sering gagal, namun seiring dengan banyaknya pembelajaran, maka tembakan juga akan menjadi lebih sempurna.

Itulah beberapa cara bermain biliar seperti seorang profesional. Ingatlah bahwa seorang profesional tidak lahir secara instan melainkan melalui proses latihan yang panjang.