Prediksi International Friendly 2019 Jepang vs Kolombia: Pertaruhan Gengsi Asia dengan Amerika Latin

Salah satu laga International Friendly yang cukup menyita perhatian adalah laga antara dua timnas unggulan di benuanya masing masing, yakni Jepang yang menjadi salah satu reperesentasi semangat pantang menyerah warga Asia, akan bersua dengan salah satu kekuatan Amerika Selatan, Kolombia.

Laga ini akan menjadi menarik lantaran kedua kesebelasan sudah cukup sering bertemu di ajang ajang besar dari mulai Olimpiade hingga Piala Dunia, yang terakhir mereka bertemu di ajang Piala Dunia 2018 Russia yang saat itu dimenangkan oleh Jepang.

Saat ini kondisi kedua kesebelasan sudah berbeda, Jepang yang sedang gencar lakukan regenarasi skuad usai Piala Dunia 2018 dan Piala Asia, akan diuji ketangguhannya oleh skuad Kolombia yang masih dipenuhi oleh bintang bintang yang memperkuat tim tim elit Eropa.

Head to Head Lini per Lini Jepang vs Kolombia

Dimulai dari pos penjaga gawang, Jepang yang sudah tidak diperkuat Eiji Kawashima nampaknya akan mengandalkan kiper keduanya Sinichi Gonda yang sudah dipasang di Piala Asia lalu, atau mereka berkemungkinan besar juga akan menurunkan kiper lainnya seperti Daniel Schmidt atau Kosuke Nakamura. Sedangkan Kolombia masih akan bergantung pada kiper senior mereka yang bermain untuk Napoli, David Ospina.

Berpindah ke posisi defender bek Jepang kemungkinan besar akan diisi oleh kombinasi wajah lama yakni Maya Yoshida dan Hiroki Sakai dengan wajah baru seperti Gen Shoji, Genta Miura, dan Sho Sasaki. Sementara Kolombia masih memasang pemain pemain terbaiknya yang bermain di Eropa seperti Davinson Sanchez, Yerry Mina, Santiago Arias, hingga Jeison Murillo.

Yuto Nagatomo, Yuya Osako, dan Makoto Hasebe di laga kontra Jepang pada Piala Dunia 2018
Yuto Nagatomo, Yuya Osako, dan Makoto Hasebe di laga kontra Jepang pada Piala Dunia 2018

Pada posisi gelandang nampaknya akan sedikit berimbang lantaran Kolombia tak begitu memanggil banyak gelandang yang bermain di Eropa, nama nama seperti Jefersson Lerma, Juan Quintero, Wilmar Barrios, akan berduel dengan gelandang gelandang pantang menyerah milik Jepang, yakni Gaku Shibasaki, Hotaru Tamaguchi, hingga Yuki Kobayashi.

Terakhir pada sektor penyerangan, Jepang harus waspada karena bertaburnya bintang di Kolombia, nama nama seperti Radamel Falcao, James Rodriguez, Luis Muriel, hingga Carlos Bacca akan adu tajam dengan penyerang Jepang yang diisi oleh Shinji Kagawa, Takumi Minamino dan duo Takashi, yaitu Takashi Usami dan Takashi Inui.

James Rodriguez dan Juan Quintero di laga kontra Senegal pada Piala Dunia 2018
James Rodriguez dan Juan Quintero di laga kontra Senegal pada Piala Dunia 2018

Statistik Jepang vs Kolombia

Jepang dan Kolombia sendiri sudah bertemu sebanyak empat kali dengan hasil 1 kemenangan untuk Jepang, 1 kemenangan untuk Kolombia dan 2 lainnya berakhir imbang.

Jepang dan Kolombia sering sekali bertemu di turnamen besar, pertama mereka pernah bertemu pada fase grup Piala Dunia 2014 saat itu laga dimenangkan Kolombia 4-1, lalu mereka kembali bertemu di fase grup Piala Dunia 2018, di laga ini Jepang menang dengan skor 2-1. Dan terakhir mereka pernah bertemu pada fase grup Olimpiade 2016 dengan skor akhir 2-2.

Pertemuan terakhir Jepang vs Kolombia. Nampak wasit memberikan kartu merah kepada pemain Kolombia, Carlos Sanchez. Skor akhir 2-1 untuk kemenangan Jepang
Pertemuan terakhir Jepang vs Kolombia. Nampak wasit memberikan kartu merah kepada pemain Kolombia, Carlos Sanchez. Skor akhir 2-1 untuk kemenangan Jepang

Menilik dari statistik dua kesebelasan cenderung sama sama sedang dalam kondisi yang baik, dimana dari lima laga terakhir mereka mampu raih hasil kemenangan yang dominan. Jepang sukses selesaikan 4 laga dengan kemenangan dengan satu sisanya berakhir kekalahan, sedangkan Kolombia meraih 3 kemenangan, 1 kali imbang dan satu kali kalah. Hal ini menjadi jaminan laga ini akan berjalan ketat.

Lima Pertandingan Terakhir Jepang

  • Jepang 2-1 Uzbekistan
  • Jepang 1-0 Saudi Arabia
  • Vietnam 0-1 Jepang
  • Iran 0-3 Jepang
  • Qatar 3-1 Jepang

Lima Pertandingan Terakhir Kolombia

  • Inggris 1-1 Kolombia (4-5)
  • Kolombia 2-1 Venezuela
  • Argentina 0-0 Kolombia
  • Amerika Serikat 2-4 Kolombia
  • Kolombia 3-1 Kosta Rika

Prediksi Skor Pertandingan Jepang vs Kolombia

  • Jepang 2-1 Kolombia