Inilah 22 Gerakan Yoga Asana yang Baik Untuk Kesehatan!

Gerakan yoga memiliki banyak manfaat yang luar biasa bagi tubuh dan pikiran. Tak seperti gerakan olahraga lain yang sering kali membatasi usia bagi pelakunya. Dalam yoga, siapa saja baik tua maupun muda dapat melakukan gerakan yoga asana. Berikut ini adalah beberapa gerakan yoga asana yang biasa dilakukan:

1. Tadasana

Dalam yoga, gerakan tadasana merupakan ibu atau induk dari seluruh gerakan yoga. Gerakan ini ditujukan untuk membenarkan postur tubuh yang salah. Cara melakukan tadasana adalah dengan berdiri tegak lurus dengan kedua kaki agak direnggangkan. Letakkan kedua tangan di samping dan ambil nafas panjang perlahan sambil rasakan aliran udara di dalam tubuh.

2. Uttanasana

Gerakan selanjutnya adalah uttanasana. Gerakan membungkuk ini dilakukan dengan menekukkan badan sehingga tubuh terlipat di pinggang. Letakkan kedua tangan di samping kaki yang sejajar.

3. Virabhadrasana I

Gerakan Virabhadrasana I sangat baik bagi kamu yang banyak bekerja di atas meja. Gerakan dilakukan dengan membuka kaki selebar bahu, kemudian ikuti dengan turunnya pinggul secara perlahan dan tekuk kaki depan untuk menahan berat badan. Letakkan kedua tangan ke atas hingga paru-paru terasa terbuka dan penuh dengan udara.

4. Vrikshasana

Gerakan Vrikshasana menjadi salah satu gerakan yang melambangkan yoga. Gerakan yang juga disebut tree pose ini dilakukan dengan mengangkat salah satu kaki dengan menumpukannya pada kaki yang lain. Keseimbangan adalah inti gerakan ini.

5. Balasana

Gerakan yang juga disebut dengan child pose ini dilakukan dengan merangkak kemudian lebarkan kedua lutut. Letakkan perut di atas paha dan bokong di atas kedua kaki. Posisikan dahi menyentuh tanah dan kedua tangan dalam posisi lemas lurus di samping badan.

6. Bhujangasana 

Asana yoga yang satu ini disebut jug adengan cobra pose karena gerakannya yang mirip dengan ular kobra. Cara melakukannya adalah dengan berbaring telungkung dengan kaki agak direnggangkan. Kemudian perlahan angkat bagian tubuh atas dengan bertumpu pada kedua tangan sambil tarik nafas dan hembuskan secara perlahan.

7. Marjariasana

Marjariasana dilakukan dengan posisi merangkak. Dimulai dengan membungkukkan badan hingga tubuh melengkung ke dalam kemudian cekungkan badan sambil bawa kepala ke arah atas dengan diikuti gerakan tarikan dan buang nafas perlahan.

8. Adho Mukha Svanasana

Adho Mukha Svanasana disebut juga gerakan down dog. Lakukan dengan menelungkupkan badan lalu angkat lutut dan luruskan kedua kaki hingga tubuh membentuk huruf V terbalik.

9. Virabhadrasana II

Virabhadrasana II dilakukan hampir sama dengan gerakan Virabhadrasana I. Gerakan ini dilakukan dengan membuka kaki selebar mungkin, kemudian tekuk kaki depan sambil membuka kedua tangan lurus di depan dan belakang.

10. Virabhadrasana III

Gerakan Virabhadrasana III dilakukan dengan pose yang sangat berbeda dari gerakan sebelumnya. Virabhadrasana II dilakukan dengan berdiri di atas satu kaki sedangkan kaki lain lurus terangkat ke belakang dengan kedua tangan lurus ke depan hingga tubuh membentuk huruf T.

11. Setu Bandhasana

Bridge pose atau Setu Bandhasana dilakukan dengan berbaring telentang dengan kedua kaki ditekuk untuk kemudian menahan berat badan yang diangkat ke atas dengan menggunakan otot betis dan bokong.

12. Baddha Konasana

Pose kupu-kupu atau Baddha Konasana dilakukan dengan duduk bersila. Pegang kedua ujung kaki dengan tangan dan tekan kedua paha sedekat mungkin ke tanah.

13. Supta Matsyendrasana

Gerakan berbaring melilit ini dilakukan dengan berbaring dengan meregangkan tubuh ke dua sisi yang berbeda. Buka kedua tangan di samping selebar mungkin dan arahkan kepala ke kanan sedangkan kedua kaki dilipat ke arah kiri.

14. Shavasana

Dikenal juga dengan nama pose mayat. Hal ini dikarenakan gerakan dari Shavasana sendiri hanya dengan telentang layaknya tubuh yang telah mati. Atur nafas setenang mungkin agar lebih rileks.

15. Padmasana

Gerakan yang satu ini cukup sulit dilakukan yakni dengan duduk bersila namun kedua telapak kaki disilangkan ke atas. Kedua tangan berada di ujung lutut layaknya orang bermeditasi. Gerakan ini disebut juga lotus pose.

16. Plank

Gerakan yang seperti push up ini dilakukan menumpukan berat badan pada kedua telapak tangan dan kaki yang tegak lurus. Lakukan stretching sebelum melakukan plank karena otot akan sangat tegang ketika melakukan plank.

17. Halasana

Gerakan Halasana terbilang rumit karena membutuhkan kelenturan yang sangat baik untuk dapat melakukannya. Caranya adalah berbaring telentang kemudian angkat kedua kaki lurus melewati kepala hingga ujung kaki menyentuh lantai. Sedangkan kedua tangan tetap tegak lurus sambil digenggam.

18. Viparita Karani

Viparita Karani atau gerakan lilin dilakukan dengan bantuan dinding. Berbaringlah telentang dengan kedua tangan terbuka ke samping, kemudian perlahan naikan kedua kaki menempel lurus di dinding hingga tubuh membentuk sudut 90 derajat.

19. Trikonasa

Gerakan ini dilakukan dengan membuka kaki selebar bahu kemudian sentuh bagian bawah kaki kanan dengan tangan kanan. Sedangkan tangan kiri lurus ke atas. Lekungkan tubuh untuk mendapat regangan yang sempurna.

20. Dhanurasana

Dhanurasana dilakukan dengan telungkup kemudian bengkokkan kedua ujung kaki ke atas dengan dipegang oleh kedua tangan. Gerakan ini disebut juga pose busur.

21. Paschimotanasana

Paschimotanasana dilakukan dengan menempelkan dahi ke kedua lutut. Gerakan ini membutuhkan kelenturan dan kesabaran yang tinggi, namun sangat baik untuk kekuatan tulang belakang.

22. Naukasana

Gerakan seperti sebuah perahu ini dilakukan dengan duduk dengan kedua kaki dirapatkan. Kemudian perlahan angkat kedua kaki lurus dengan diikuti kedua tangan yang lurus pula hingga tubuh hampir membentuk pose V.

Itulah 22 gerakan asana yoga yang sering dilakukan. Bagi kamu yang pemula, sebaiknya mintalah bantuan instruktur yoga agar tidak terjadi cedera saat melakukannya.