Inilah Perbedaan Senam Hamil dan Prenatal Yoga yang Belum Diketahui Banyak Orang!

Menjelang persalinan, banyak berbagai saran dan masukan yang diberikan kepada ibu hamil. Salah satunya adalah senam hamil atau prenatal yoga. Kedua kegiatan ini sama-sama baik untuk ibu hamil, namun ternyata keduanya juga memiliki perbedaan. Berikut ini adalah beberapa perbedaan diantara keduanya:

Waktu pelaksanaan

Perbedaan yang paling mudah dilihat dari senam hamil dan prenatal yoga adalah waktu pelaksanaan. Biasanya senam hamil baru dapat dilakukan ketika usia kehamilan telah menginjak 7 bulan. Sedangkan pada prenatal yoga dapat dilakukan sejak awal kehamilan.

Tujuan

Pada dasarnya tujuan dari kedua kegiatan olahraga ini sama, yakni mempersiapkan lahir batin seorang ibu dalam menghadapi persalinan. Namun tujuan spesifiknya juga berbeda.

Pada senam hamil lebih ditujukan sebagai persiapan mental dan fisik seorang ibu untuk menghadapi persalinan. Sang ibu akan diajarkan bagaimana cara melakukan persalinan yang mudah dan lancar. Edukasi tentang persalinan juga diberikan selama senam hamil

Sedangkan pada prenatal yoga, gerakan lebih difokuskan pada pengolahan stamina dalam menjalani kehamilan hingga menuju persalinan. Pengaturan tubuh dan pikiran dalam menghadapi setiap masalah yang terjadi selama kehamilan hingga menjelang persalinan menjadi fokus utama dari prenatal yoga.

Gerakan

Gerakan dalam senam hamil bukan gerakan seperti senam biasa yang membuat si ibu lompat-lompat. Gerakan dalam senam hamil pada umumnya sangat ringan dan mudah dilakukan mengingat kondisi ibu hamil yang tidak mungkin melakukan gerakan berat. Selain itu, gerakan didominasi dengan peregangan ringan serta latihan pernafasan yang memang sangat diperlukan ketika bersalin.

Sedangkan pada prenatal yoga, gerakan yang dilakukan memang mudah dilakukan namun lebih berat. Kamu akan mendapati diri mengeluarkan lebih banyak keringat dibandingkan melakukan senam hamil, bahkan meskipun latihan yoga hanya dilakukan kurang dari menit. Fokus gerakan dalam prenatal yoga lebih mengutamakan pengolahan otot panggul dan pinggul.

Itulah beberapa perbedaan dari senam hamil dan prenatal yoga yang perlu diketahui. Meskipun berbeda, namun bagi ibu hamil ada baiknya jika mengambil kedua kegiatan tersebut. Keduanya saling melengkapi satu sama lain sehingga sangat baik untuk persiapan kehamilan hingga persalinan tiba.