Aturan Baru Piala Dunia Antarklub Membuat Real Madrid Pusing

Beberapa aturan baru akan mulai diterapkan di Piala Dunia Antarklub 2018 yang akan datang, di mana aturan ini bisa memberikan dampak bagi para pesertanya. Tak terkecuali, tentu saja termasuk Real Madrid yang juga bisa terkena imbasnya.

 Photo by Vincent West/Reuters

Saat ini Real Madrid tengah berada di Abu Dhabi untuk bermain di Piala Dunia Antarklub 2018. Dengan status sebagai juara Liga Champions, membuat Los Blancos berhak untuk langsung lolos ke semifinal dan akan berhadapan dengan Kashima Antlers pada Rabu (19/12) di Zayed Sport City.

Begitu menginjakkan kaki di Uni Emirat Arab, Real Madrid langsung diberi tahu mengenai aturan baru di Piala Dunia Antarklub. Oscar Julian Ruiz yang menjabat sebagai Instruktor FIFA yang menjelaskan dengan lengkap kepada mereka.

Wajib Bermain Dengan Hati-Hati

Photo by Denis Doyle/Getty Images

Beberapa aturan baru yang akan mulai berlaku di Piala Dunia Antarklub 2018 ini diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Setiap pemain yang akan diganti, bisa keluar dari sisi lapangan mana saja. Sehingga membuat pertandingan tak lagi tertunda terlalu lama karena menunggu pemain berjalan keluar lapangan dari satu bagian saja.
  • Sekarang pemain lawan tak perlu harus menunggu bola dari tendangan gawang ataupun tendangan bebas di dalam area penalti untuk meninggalkan kotak, sebelum mereka bisa memainkannya.
  • Para pemain atau staf yang berada¬† di bench akan bisa terkena kartu kuning ataupun merah. Di mana bukan hanya berupa peringatan lisan yang diberikan wasit seperti sebelumnya.
  • Peraturan yang terakhir adalah untuk hukuman di final Piala Dunia Antarklub. Apabila Real Madrid menang di semifinal dan melaju mulus ke babak final, lalu ada pemain dari Real Madrid yang dihukum sampai keluar dari pertandingan, maka akan membuatnya harus absen di kompetisi UEFA yang akan mereka mainkan selanjutnya.

Pertandingan UEFA selanjutnya yang akan dijalani Real Madrid adalah Liga Champions. Maka dari itu, Los Blancos mungkin saja tak bermain dengan kekuatan penuh saat melawan Ajax Amsterdam di 16 besar dikarenakan salah satu pemain mereka diusir saat final Piala Dunia Antarklub 2018. Mereka harus bisa bermain dengan hati-hati dan kepala dingin agar terhindar dari hal ini.