Barcelona Resmi Perpanjang Kontrak Ernesto Valverde

Ernesto Valverde resmi memperpanjang kontrak hingga musim 2020/2021

Berita terbaru dari tim asal Catalan yaitu Barcelona yang baru saja memperpanjang masa bakti pelatih mereka Ernesto valverde. Pernyataan resmi perihal perpanjangan kontrak Ernesto Valverde telah diberikan Barcelona lewat situs resmi mereka pada hari Jumat (15/2). Valverde bakal menandatangani kontrak anyar di Presidential Suite Stadion Camp Nou pukul 10.15 pagi. Lalu akan menghadiri konferensi pers menjelang pertandingan melawan  Real Valladolid, pukul 05.00 sore waktu setempat.

Pelatih berusia 55 tahun tersebut akan bertahan di Stadion Camp Nou hingga musim 2019/2020. Barcelona juga memberikan opsi perpanjangan kontrak satu tahun berikutnya atau hingga akhir musim 2020/2021.

Ernesto Valverde berhasil mempersembahkan dua gelar pada musim perdananya sebagai arsitek El Barca.

Pencapaian Valverde bersama Blaugrana!

Ernesto Valverde datang ke Barcelona sebagai pengganti pelatih sebelumnya yakni Luis Enrique pada Mei 2017. Pelatih yang pernah menangani Valencia itu langsung berhasil mempersembahkan gelar La Liga Spanyol dan Copa del Rey pada musim perdana melatih Barcelona. Sedangkan di musim ini, Barcelona menjadi pemuncak klasemen La Liga Spanyol dengan koleksi 51 poin atau unggul enam poin atas Real Madrid yang brada pada peringkat dua.

Secara keseluruhan dalam 96 pertandingan bersama Blaugrana Valverde berhasil mencatatkan 65 kali menang, 22 imbang dan sembilan kali menelan kekalahan dengan mencetak 233 gol serta kemasukan 78 gol. Barcelona di musim lalu juga mencatatkan rekor baru dengan 39 laga tak terkalahkan yang pencapaian sebelumnya milik Real Sociedad dengan 38 laga tak terkalahkan pada musim 1979-1980.

Berhasil memberi satu gelar La Liga, Copa del Rey, dan Piala Super Spanyol. Meskipun kegagalan di ajang Liga Champions tidak menyurutkan kepercayaan manajemen Barcelona untuk memberi Valverde perpanjangan kontrak

Fans Barcelona kecewa dengan perpanjangan kontrak Valverde

Hal tersebut berbanding terbalik dengan respon para penggemar El Barca. Sejumlah fans mereka meluapkan kekecewaan lewat  media sosial sebagai bentuk respon mereka terhadap keputusan klub yang menambah masa bakti pelatih mereka, Ernesto Valverde.

Barcelona mengumumkan perpanjangan kontrak dalam akun Twitter resminya. Dalam akun itu, Blaugrana pun mencantumkan data-data statistik penampilan klub itu selama ditangani Valverde. Postingan pengumuman perpanjangan kotrak tersebut mendapat banyak komentar dari para fans Barcelona.

“Valverde keluar,” salah satu komentar fans Barcelona. Ada yang menilai Barca di era Valverde cenderung bermain membosankan. “96 kali pertandingan, 93 kali membosankan,”

Dibalik semua pro dan kontra tentang keputusan Barcelona memperpanjang kontrak Ernesto Valverde, sudah selayaknya apresiasi diberikan atas kinerja Valverde bersama Barcelona.