Cara Mengayuh Sepeda Agar Cepat Saat Kompetisi

Cabang olahraga balap sepeda mungkin tampak sangat mudah. Tapi sebenarnya banyak teknik yang perlu diketahui agar bisa menjadi atlet balap sepeda yang profesional. Mengayuh sepeda dalam sebuah kompetisi juga memerlukan teknik khusus sehingga perlu dipelajari dengan baik.

Bagi pemula, mengikuti teknik bersepeda layaknya profesional justru akan membuat badan semakin mudah lelah dan bahkan tak jarang menyerah di tengah jalan. Teknik terbaik dalam melakukan balap sepeda dengan cepat adalah dengan porsi latihan yang tepat.

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah dengan memperhatikan sepatu yang digunakan. Sepatu sepeda sangat membantu dalam mengayuh sepeda lebih cepat. Sepatu sepeda membantu membuat jari kaki menekan pedal sepeda lebih cepat. Selain itu, tekanan pada tendon kaki akan berkurang sehingga kaki tidak mudah lelah apalagi kram.

Perhatikan pula posisi pedal. Biasanya pemula tidak begitu memperhatikan hal ini padahal sangat berpengaruh pada tekanan saat melakukan kayuhan nantinya. Pastikan posisi pedal tidak terlalu jauh ke depan sehingga kaki lebih mudah dan cepat melakukan kayuhan. Kaki juga tidak akan mudah lelah jika posisi pedal tepat.

Untuk memulai latihan agar bisa mengayuh lebih cepat sebaiknya mulailah latihan dengan menggunakan gear tetap. Jangan mudah tergiur untuk langsung menggunakan teknik profesional. Melakukan latihan dengan menggunakan gear tetap akan membantu kaki menjadi lebih kuat dan cepat dalam mengayuh sepeda.

Cara selanjutnya agar bisa mengayuh sepeda lebih cepat adalah dengan teknik tarik dan tekan. Mengayuh sepeda bukan hanya persoalan melakukan kayuhan atau memberikan dorongan pada pedal, namun juga melakukan tarikan pada pedal.

Pastikan ujung kaki juga melakukan tarikan pada pedal saat kaki lainnya melakukan dorongan pada pedal. Dengan menggunakan ujung kaki, lekatkan kaki pada bagian pedal ketika pedal naik sehingga tidak butuh waktu jeda untuk melakukan tekanan pada pedal.

Selanjutnya adalah dengan porsi latihan yang tepat. Jangan memulai latihan dengan porsi yang besar. Mulailah dengan durasi dan jarak yang tidak terlalu jauh dulu. Lalu tambahkan durasi dan jarak yang ditempuh dalam setiap sesi latihan.

Itulah cara mengayuh sepeda agar lebih cepat. Hal terpenting adalah melakukan latihan dengan rutin dan disiplin tinggi agar bisa mengayuh dengan cepat. Tak lupa pula pemenuhan nutrisi yang tepat dan seimbang agar kondisi badan tetap fit saat melakukan balap sepeda jarak jauh.