4 Cara Melakukan Gerakan Lompat Dengan Awalan

Lompat adalah salah satu cabang atletik yang mempunyai banyak jenisnya. Namun secara umum lompat dalam atletik selalu dimulai dengan awalan. Teknik awalan yang digunakan dalam setiap jenis lompat pun berbeda-beda. Berikut ini adalah beberapa cara melakukan lompatan dengan awalan sesuai dengan jenisnya:

1. Lompat jauh

Lompat jauh memiliki awalan dengan landasan sekitar 20 hingga 30 meter sebelum melakukan lompatan. Cara melakukan awalan pada lompat jauh adalah dengan berlari sepanjang landasan dengan kecepatan yang diatur. Awali gerakan lari dengan kecepatan sedang lalu tambah kecepatan terutama pada saat 3 hingga 5 meter mendekati garis batas papan tolakan.

Lakukan lompatan dengan mengangkat satu kaki dan kaki satunya melakukan tolakan dengan menginjak papan tolakan. Luruskan tungkai kaki dan dorong badan dengan ujung kaki.

2. Lompat jangkit

Cara melakukan awalan pada lompat jangkit hampir sama dengan lompat jauh. Pada lompat jangkit, awalan dilakukan dengan berlari di sepanjang landasan sebelum melakukan lompatan pada papan tolakan. Ketika sudah mencapai sekitar 5 meter sebelum papan tolakan, gunakan kecepatan penuh dan melakukan tolakan tepat di atas papan tolakan.

Konsentrasi penuh saat melakukan awalan dengan pandangan fokus ke depan. Perhatikan garis saat melakukan tolakan karena jika sampai melewati garis maka dianggap sebagai pelanggaran.

3. Lompat kangkang

Dalam melakukan teknik awalan pada lompat kangkang juga dilakukan berlari sebelum melakukan lompatan. Hanya saja awalan yang dilakukan hanya berjarak sekitar 10 hingga 15 meter sebelum peti lompat. Larilah dengan kecepatan penuh lalu tambah kecepatan ketika semakin mendekati peti lompat.

Tekukkan sedikit kaki saat akan melakukan lompatan agar bisa mendapatkan tenaga yang lebih kuat. Gunakan kedua tangan untuk melakukan tumpuan pada peti lompat lalu condongkan badan agak ke depan saat melakukan tolakan.

4. Lompat harimau

Awalan pada lompat harimau dilakukan dengan berlari. Berdiri dengan tegak, lalu fokuskan pandangan ke depan. Lakukan lari dengan kecepatan penuh lalu tumpukan berat badan pada kedua kaki ketika melakukan lompatan sebelum melewati garis penanda. Lompat setinggi mungkin lalu lanjutkan dengan gerakan menggulingkan badan ke depan.

Itulah beberapa cara melakukan awalan pada lompatan. Setiap jenis lompatan memang memiliki teknik yang berbeda sehingga sangat penting untuk mempelajari setiap teknik yang ada.