Teknik Melakukan Gerakan Guling Lenting

Gerakan guling lenting adalah salah satu gerakan dalam senam lantai yang banyak dilakukan pada beberapa sekolah terutama Sekolah Dasar. Gerakan guling lenting tidak dilakukan dengan sembarang, perlu dipelajari teknik dalam melakukannya. Berikut ini adalah cara melakukan gerakan guling lenting yang perlu diketahui:

Awalan

Awalan pada gerakan guling lenting dilakukan dengan berdiri tegak dan fokus ke depan. Rapatkan kedua kaki lalu angkat kedua tangan lurus ke atas. Bungkukkan badan dan lengkungkan sambil meletakkan kedua telapak tangan di atas lantai. Posisikan tengkuk di antara kedua tangan dengan sikap siap melakukan gerakan guling ke depan.

Pelaksanaan

Langkah selanjutnya adalah pelaksanaan. Pelaksanaan gerakan guling ke depan dilakukan dengan meneruskan gerakan badan yang telah siap untuk berguling ke depan. Ketika badan telah berguling ke depan, lecutkan kaki yang tetap dijaga dalam posisi lurus agar menolak badan untuk terus berguling ke depan. Bantu pula badan agar terdorong ke depan dengan menggunakan tolakan pada kedua tangan.

Sikap akhir

Setelah selesai melakukan gerakan guling ke depan, maka selanjutnya adalah sikap akhir. Lakukan pendaratan dengan meletakkan kedua kaki di lantai, lalu diikuti gerakan badan yang kembali pada posisi tegak berdiri. Luruskan kedua tangan ke atas sebagaimana posisi pada sikap semula.

Itulah cara melakukan gerakan lenting ke depan yang perlu diketahui. Gerakan akan semakin mudah dilakukan jika dilakukan latihan dengan rutin. Namun perhatikan untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu agar badan tidak mengalami cedera saat melakukannya.