Inilah Teknik Bersepeda Road Bike yang Wajib Kamu Ketahui!

Selain MTB, ada pula road bike yang biasa digunakan untuk bersepeda di jalanan. Banyak orang yang beralih dari MTB ke road bike karena kenyamanan dan kemudahannya. Kecepatan road bike juga lebih baik dibandingkan dengan MTB sehingga cocok digunakan di jalan raya.

Beda jenis, beda pula tekniknya. Bagi kamu yang baru saja memiliki road bika, kamu harus mempelajari beberapa teknik berikut ini:

Posisi sadel

Teknik yang pertama harus kamu perhatikan adalah posisi sadel. Road bike digunakan untuk jarak yang lumayan jauh sehingga dibutuhkan ketahanan tubuh dalam mengayuh sepeda. Salah satu bagian penting dari sepeda yang mempengaruhi ketahanan tubuh adalah sadel.

Posisi sadel harus berada di tempat yang tepat agar kayuhan jadi lebih maksimal. Cara mengetahui posisi sadel yang tepat adalah dengan menurunkan kaki ke posisi sadel paling bawah. Usahakn posisi kaki sedikit menekuk 25 derajat dan tidak lebih. Jika kaki terlalu menekuk, kayuhan tidak akan optimal sehingga kaki menjadi lebih cepat lelah.

Posisi handlebar

Selanjutnya tempatkan handlebar di posisi yang tepat pula. Posisi yang paling tepat adalah sedikit di bawah sadel, namun jangan terlalu rendah karena dapat berakibat buruk pada kesehatan tulang belakang. Posisi yang tepat adalah nyaris sejajar dengan lengan. Dengan begitu, getaran yang dirasakan ketika bersepeda dapat diredam dengan baik.

Posisi kaki

Posisi kaki saat mengayuh juga sangat penting. Letakkan telapak kaki tepat di atas pedal agar kayuhan lebih maksimal. Posisi kaki seperti ini akan mengurangi resiko terjadinya cedera. Hindari pula menempatkan kaki terlalu ke depan karena dapat mengakibatkan cedera pada bagian Achilles. Kamu akan merasakan nyeri dan tegang pada sendi setelah bersepeda.

Jaga keseimbangan

Sepeda road bike memang dibuat dan dirancang khusus untuk dapat bergerak dengan kecepatan yang tinggi sehingga kamu harus benar-benar menjaga keseimbangan ketika menggunakannya. Penggunaan road bike di jalanan yang terlalu padat dan menyebabkan kamu harus melambat sangat tidak disarankan. Lebih baik turun dan tuntun sepeda jika berada di jalanan yang ramai karena sangat sulit menyeimbangkan sepeda dalam kecepatan rendah.

Itulah beberapa teknik dasar yang harus diketahui oleh pemula saat menggunakan road bike. Tiap sepeda memang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun dengan mengetahui tekniknya, maka bersepeda pun akan terasa menyenangkan.