Inilah Teknik Bersepeda di Turunan yang Bikin Kamu Waspada!

Bersepeda tidak selamanya mulus-mulus saja. Jalanan yang naik turun dan rintangan lainnya tentu akan dilewati, bahkan meskipun kamu bersepeda di tengah kota sekalipun. Salah satu jenis jalan yang patut kamu waspadai adalah turunan.

Melewati turunan harus dengan penuh kehati-hatian jika kamu tidak ingin berakhir dengan cedera. Bagi kamu yang belum tahu tekniki khususnya, berikut ini adalah teknik bersepeda di turunan yang dapat kamu coba:

1. Fokus ke depan

Hal terpenting yang harus kamu lakukan adalah selalu fokus ke depan. Jangan sampai kamu mengalihkan perhatian meski sedetik pun ke arah lain. Ingatlah bahwa di depan adalah bahaya yang harus kamu waspadai.

2. Rileks

Meskipun kamu menuruni turunan yang cukup curam, sebaiknya tetaplah tenang. Jangan terlalu tegang karena akan berakibat pada kestabilan stang. Tetaplah rileks dan yakinkan diri bahwa kamu dapat melaluinya.

3. Posisi duduk

Posisi duduk ketika melewati turunan ternyata sangat mempengaruhi kecepatan ketika bersepeda. Tundukkan kepala agak ke depan dan angkat sedikit pantat agar kecepatan sepeda jadi lebih stabil. Manuver juga akan lebih mudah dilakukan jika kamu berada di posisi ini.

Namun teknik tersebut hanya berlaku di turunan yang tidak terlalu curam. Jika kamu melewati turunan yang curam, maka mundurkan badan agak ke belakang sehingga badan lebih menumpu ke bagian belakang sepeda. Posisi badan seperti ini akan membantu memperlambat kecepatan sepeda ketika melewati turunan.

4. Pengereman yang tepat

Ketika melewati turunan, kamu harus melakukan pengereman yang tepat. Jangan melakukan pengereman mendadak. Tarik rem secara perlahan agar sepeda tetap stabil dan tidak jatuh. Kombinasikan rem depan dan belakang secara bergantian. Namun hindari menggunakan rem depan tanpa rem belakang ketika melewati turunuan yang curam karena sepeda dapat jatuh terbalik.

5. Hindari gerakan mendadak

Jangan melakukan gerakan yang tiba-tiba ketika sedang melewati turunan. Gerakan yang tiba-tiba dapat menyebabkan sepeda menjadi tidak stabil dan jatuh. Lakukan semua secara perlahan agar sepeda dapat dikendalikan dnegan baik.

Itulah beberapa teknik saat melewati turunan yang wajib kamu kuasai. Sebenarnya kamu akan lebih mudah melewati turunan jika sudah sering melakukan latihan. Namun hal yang paling penting adalah tetap percaya diri ketika melewati berbagai rintangan.