5 Latihan Taekwondo Sabuk Putih Penting untuk Dikuasai

Taekwondo adalah salah satu seni bela diri yang berasal dari bangsa Korea. Meskipun bukan berasal dari Indonesia secara langsung, taekwondo begitu banyak diminati oleh berbagai kalangan dari usia belia hingga mereka yang tua (profesional). Selain menjadi seni bela diri, taekwondo juga masuk sebagai kategori olahraga dunia. Tak heran jika taekwondo banyak dipilih sebagai alternatif olahraga bela diri untuk menjaga serangan dari musuh.

Di dalam bela diri ini terdapat beberapa tingkatan sabuk (geup) dari tingkatan yang paling rendah ke tingkatan yang paling tinggi, yaitu:

  • Putih (Geup X)
  • Kuning Polos – Kuning Strip (Geup IX – VII)
  • Hijau – Hijau Strip(Geup VII – VI)
  • Biru – Biru Strip (Geup V – IV)

Biasanya setiap pemain taekwondo harus melewati beberapa ujian materi untuk kenaikan sabuk yang lebih tinggi. Dimulai dari tingkatan yang paling bawah yaitu sabuk putih hingga yang paling atas yaitu sabuk biru. Untuk penguasaan materi taekwondo sabuk putih, maka setiap pemain juga harus berlatih keras untuk menguasai beberapa teknik atau gerakan dasarnya. Berikut adalah step atau cara latihan taekwondo sabuk putih yang dapat anda pahami dan pelajari.

1. Seogi (Kuda-Kuda)

  • Joochoom Seogi

Joochoom Seogi - Kyorugi Joonbi - ApkoobiTeknik Joochoom Seogi adalah gerakan kuda-kuda dengan posisi kedua buah kaki yang sejajar menghadap ke samping dengan lebar kurang lebih setengah ukuran bahu. Diikuti dengan posisi telapak kaki yang menghadap ke arah depan dengan bagian lutut yang sedikit ditekuk dan posisi badan tegap lurus ke arah depan.

  • Kyorugi Joonbi

Teknik Kyorugi Joonbi adalah gerakan kuda-kuda dengan mengandalkan posisi sparring atau fighting. Posisi kuda-kuda seperti ini adalah tahapan yang memang harus dikuasai oleh setiap pemain taekwondo sabuk putih. Dimana untuk posisi kuda-kuda ini dibutuhkan kematangan, kekuatan, dan keseimbangan tubuh yang pas.

  • Apkoobi

Teknik Apkoobi adalah gerakan kuda-kuda dengan langkah kaki yang sedikit agak panjang. Dimana posisi kedua buah kaki membuka dengan lebar kira-kira setengah ukuran bahu dengan bagian lutut depan yang ditekuk dan bagian lutut belakang yang sejajar lurus. Selain itu diikuti dengan posisi badan yang tegap lurus ke arah depan.

2. Jireugi (Pukulan)

  • Area Makki

Area Makki - Momtong Jireugi - Eolgoul JireugiTeknik Area Makki adalah gerakan pukulan taekwondo yang mengarah ke bagian depan. Dimana salah satu posisi tangan menggenggam ke arah depan dan diikuti dengan posisi tangan satunya yang hanya menggenggam setengah gerakan saja.

  • Momtong Jireugi

Teknik Momtong Jireugi adalah gerakan pukulan yang mengarah ke bagian tengah badan atau sejajar dengan bagian ulu hati. Pada gerakan ini kekuatan tangan menjadi tumpuannya. Dimana bagian telapak tangan menggegam lurus ke atas depan.

  • Eolgoul Jireugi

Teknik Eolgoul Jireugi adalah gerakan pukulan yang mengarah ke bagian atas kepala. Gerakan ini dilakukan dengan posisi salah satu tangan yang menggegam ke arah atas kepala dengan tangan yang satu hanya menggegam setengahnya saja.

3. Chagi (Tendangan)

  • Ap Chagi

Ap Chagi - Ap Chaoligi - Dwi ChagiTeknik Ap Chagi adalah latihan taekwondo sabuk putih yang dilakukan dengan tendangan kaki yang menghentak ke arah depan. Dalam gerakan tendangan ini sasaran bisa saja terfokus pada bagian kepala ataupun perut.

  • Ap Chaoligi

Teknik Ap Chaoligi adalah gerakan tendangan kaki yang hanya mengayunkan salah satu kaki bagian belakang menuju ke arah depan. Gerakan tendangan Ap Chaoligi ini diibaratkan seperti gerakan orang yang sedang mencangkul. Sedangkan untuk sasarannya sendiri terfokus pada  bagian telapak kaki yang akan disasarkan ke bagian kepala lawan.

  • Dwi Chaoligi

Teknik Dwi Chagi adalah gerakan latihan taekwondo sabuk putih yang dilakukan dengan mengayunkan bagian kaki depan menuju ke arah belakang. Gerakan ini dapat dikatakan sebagai kebalikan dari gerakan Ap Chaoligi. Untuk melatih gerakan-gerakan tendangan seperti ini maka dapat melakukan beberapa teknik yang ada di cara melatih kecepatan tendangan taekwondo.

4. Makki (Tangkisan)

  • Arae Makki

Teknik Area Makki adalah gerakan tangkisan tangan yang digunakan untuk menangkis gerakan dari lawan. Gerakan Area Makki ini dapat dilakukan dengan posisi tangan yang akan menangkis gerakan kaki lawan. Jadi untuk gerakan ini sangat dibutuhkan kekuatan dan kecepatan tangkisan tangan anda.

  • Arae Hecho Makki

Teknik Area Hecho Makki adalah gerakan tangkisan ke arah bawah dengan menggunakan kedua belah tangan yang sejajar lurus ke bagian bawah.

  • Eolgol Makki

Teknik Eolgol Makki adalah gerakan tangkisan tangan ke bagian atas untuk menghindari arah gerakan lawan yang akan mengarah ke bagian kepala. Gerakan ini dibutuhkan kecepatan secara spontan, dimana anda akan melindungi bagian kepala dengan gerakan tangkisan tangan yang mengarah ke bagian atas.

5. Poomsae (Jurus)

  • Kibon 1 atau 2 Jang (II Jang)

Il Jang - Yi JangDalam teknik Poomsae terdapat beberapa gerakan jurus dasar yang dapat dilatih oleh para pemain taekwondo. Jurus pertama ada pada Kibon 1 atau yang juga disebut sebagai 2 Jang (II Jang). Jurus Kibon 1 ini selain menjadi teknik dasar gerakan taekwondo, juga menjadi jurus dasar yang harus dikuasai oleh pemain taekwondo sabuk putih.

  • Kibon 2 atau 1 Jang (I Jang)

Selain jurus Kobon 1, di dalam gerakan Poomsae sabuk putih juga terdapat teknik atau gerakan jurus Kibon 2. Kibon 2 atau yang juga disebut dengan 1 Jang (I Jang) adalah teknik dasar gerakan jurus yang ada di dalam bela diri taekwondo. Jurus ini gerakannya tidak terlalu sulit, hanya mengutamakan gerakan tendangan, pukulan, serta tangkisan yang dapat dilakukan oleh pemain untuk melindungi diri dari serangan lawan.

Selain latihan taekwondo sabuk putih seperti langkah-langkah di atas, yang penting untuk diperhatikan adalah gerakan non teknis. Artinya selain melakukan teknik dasar taekwondo, pemain juga harus memperhatikan beberapa teknis lainnya. Misalnya saja seperti rasa semangat, konsentrasi yang penuh terhadap gerakan atau teknik taekwondo yang dilakukan, penuh dengan rasa percaya diri, dan yang paling penting adalah menumbuhkan kekuatan tenaga secara maksimal

Untuk anda pemain taekwondo tingkat sabuk putih, maka untuk melatih gerakan teknik dasar yang ada di dalam seni bela diri ini dapat melakukan step atau langkah dari gerakan latihan taekwondo sabuk putih seperti yang ada di atas. Lakukan gerakan tersebut baik untuk di rumah ataupun bersama guru latihan anda agar dapat mengetahui letak kesalahan dan mampu memperbaiki gerakan yang salah tersebut bila ada.