Mengintip Usaha Para Mantan Atlet Bulu Tangkis Usai Pensiun

Menjadi seorang atlet bulu tangkis memang merupakan sebuah kebanggaan. Namun ternyata profesi ini bukanlah profesi yang menjanjikan masa tua yang tenang. Sebagaimana kita ketahui, pemerintah Indonesia sendiri belum maksimal dalam memberdayakan para atlet baik yang masih muda maupun yang telah pensiun sehingga atlet bulu tangkis harus benar-benar jeli dan bijak dalam mengatur keuangan mereka.

Salah satu cara untuk mengamankan masa tua adalah dengan membangun sebuah bisnis. Berikut ini adalah beberapa jenis usaha bisnis para mantan atlet bulu tangkis yang sukses:

Susi-Alan

Siapa yang tak kenal dengan legenda bulu tangkis Indonesia, Susi Susanti. Bersama dengan suaminya yang juga seorang atlet bulu tangkis, Alan Budikusuma, Susi Susanti berusaha membangun sebuah bisnis untuk masa depan anak-anaknya. Meskipun ia sukses dalam dunia olahraga, namun ia dan sang suami tidak berharap anak mereka juga ikut menjadi atlet karena menurutnya atlet adalah profesi yang singkat.

Ia dan sang suami membangun banyak bisnis dan mengalami banyak kegagalan pula. Mulai dari usaha jual beli kendaraan bermotor hingga distributor raket asal Jepang. Namun akhirnya usaha mereka memproduksi raket buatan sendiri yang diberi nama Astec berhasil. Bahkan kini raket buatan mereka telah diekspor ke luar negeri.

Harijanto Arbi

Harijanto Arbi adalah salah satu mantan atlet bulu tangkis dengan segudang prestasi yang juga memutuskan untuk berkecimpung dalam dunia bisnis. Ia membangun sebuah perusahaan yang menyediakan berbagai macam peralatan badminton atau bulu tangkis seperti raket, bola kok, kaos olahraga, sepatu olahraga, dan lainnya.

Usaha ini tidak ia bangun sendiri melainkan hasil kerjasama dengan rekan sesama atlet, Fung Permadi. Usaha yang ia bangun sejak tahun 2002 ini kini telah berhasil menembus pasar global hingga ke Perancis, Jerman, hingga Australia.

Rudi Hartono

Mantan atlet bulu tangkis yang sudah cukup tua ini ternyata benar-benar bijak dan cerdas dalam mempersiapkan masa tuanya. Ia kini telah berhasil membangun usaha peternakan sapi perah di Sukabumi. Ia juga memiliki usaha sebagai agen resmi peralatan bulu tangkis yang mempunyai banyak klien.

Liliyana Natsir

Atlet yang baru saja mengumumkan pensiunnya baru-baru ini ternyata telah lama mempersiapkan usaha untuk bekal masa depannya. Ia kini telah memiliki bisnis pijat refleksi dan money changer. Usaha yang telah ia bangun sejak 3 tahun lalu ini sukses besar sehingga ia tidak kebingungan soal biaya kehidupannya kelak.

Itulah sederet mantan atlet yang sukses dalam bisnisnya. Memang tidak semua atlet bernasib baik seperti mereka. Namun hal yang terpenting adalah kita tidak boleh terlalu berlama-lama dalam zona nyaman karena suatu hari kita harus mempersiapkan segalanya untuk masa depan yang sesungguhnya.