Sulitnya Marc Marquez dan Honda Berkompetisi Dalam MotoGP 2019

Musim MotoGP 2019 telah dimulai. Hasil tes pramusim di Sepang juga telah berakhir. Namun berbeda dengan musim MotoGP tahun lalu, pada tahun ini justru beberapa nama yang diunggulkan mendapati hasil yang kurang memuaskan akibat kondisi yang tidak prima.

Salah satunya adalah Marc Marquez. Pembalap asal Spanyol ini mengaku tidak terlalu yakin dengan MotoGP tahun ini. Kondisinya yang tidak fit akan sangat mempengaruhi jalannya kompetisi.

Pria kelahiran 17 Februari 1993 ini mendapatkan 23 tabrakan dalam MotoGP tahun lalu. Hal ini menyebabkan kondisi tubuhnya sangat rentan. Bahkan ia harus menjalani operasi akibat cedera bahu. Hasil tes pramusim di Sepang juga menjadi bukti bahwa ia tidak mampu memberikan yang terbaik akibat cedera yang dialaminya pada musim lalu.

Pembalap yang juga menjadi juara MotoGP paling muda sepanjang sejarah ini juga mengatakan bahwa tak hanya ia saja yang mengalami kesulitan pada musim ini. Rekan satu tim Honda yang lain juga mengalami hal yang sama.

Misalnya saja seperti yang dialami oleh Cal Crutchlow. Pembalap asal Inggris yang juga rekan satu tim Marquez ini juga mengalami hambatan dalam tes pramusim di Sepang kemarin. Ia bahkan mengalami 2 hingga 3 kali benturan. Meskipun begitu, Marquez mengaku akan selalu memberikan yang terbaik dalam MotoGP 2019 tahun ini.

Menanggapi Marquez, Cal Crutchlow mengaku tabrakan yang terjadi pada tes pramusim kemarin akibat kurangnya adaptasi pada perubahan yang terjadi pada motor. Ia mengaku akan berusaha lebih keras lagi untuk beradaptasi dengan motornya pada balapan tahun ini.

Tak hanya Marc Marquez dan Cal Crutchlow saja yang mengalami kesulitan dalam balapan, tapi juga Jorge Lorenzo. Bahkan Jorge Lorenzo tidak bisa ikut berkompetisi dalam tes pramusim di Sepang kemarin

Hal ini dikarenakan Jorge baru saja menjalani operasi untuk menyembuhkan cedera retak pergelangan tangan kanan. Cedera yang ia alami bukan karena kompetisinya pada MotoGP tahun lalu, tapi karena kecerobohannya sendiri.

Ia mengalami cedera pada pergelangan tangan kanannya akibat kelalaiannya dalam berkendara moto cross saat liburan. Cedera pergelangan tangan kanan ini menyebabkannya tidak dapat mengendarai motor lagi untuk sementara waktu.

Diperkirakan, Lorenzo baru bisa bergabung dalam MotoGP 2019 pada tes pramusim terakhir di Qatar. Meskipun belum sepenuhnya fit, ia mengaku akan berusaha sekeras mungkin pada tes pramusim di Qatar nanti. Tes yang diadakan di Qatar akan dimulai pada 23 Pebruari 2019 dan ia mulai mempersiapkan diri dengan berenang dan melakukan latihan lainnya.