Cara Masuk Timnas U-14 Terbaru

Menjadi seorang pemain yang berdiri di atas lapangan hijau dan bukan sebagai penonton yang hanya bisa melihat dan bersorak, tentu adalah kebanggaan tersendiri bagi siapapun yang menyukai sepak bola. Jika olahraga yang digemari tak hanya menjadi hiburan tapi juga prestasi dan kebanggaan.

Berdiri di atas lapangan hijau dengan ribuan pasang mata yang mengawasi, juga suara yang menggema di sisi kanan dan kiri stadion. Siapa yang tidak ingin? Menjadi bagian dari tim nasional (timnas) dan mewakili Indonesia untuk bertanding dengan negara lain. Tentu, merupakan impian setiap orang.

Tim nasional (timnas) adalah sebutan untuk tim sepak bola yang mewakili Indonesia untuk bertanding dengan negara lain di ajang internasional. Tim yang dinaungi secara langsung oleh badan federasi sepakbola Indonesia yang bernama PSSI (Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia).

Timnas ini terdiri dari beberapa lapisan yang dikategorikan sesuai dengan kriteria usia. Diantaranya, timnas U-12, Timnas U-13, Timnas U14, timnas U-15, Timnas U-16, Timnas U-19, Timnas U-21, Timnas U-21, sampai dengan yang tertua, yang dinamai dengan sebutan Timnas Garuda.

Diantara rentang usia termuda, salah satu yang diantaranya adalah Timnas U-14. Banyak pelajar yang masih mengincar menjadi bagian dari tim ini karena U-14 ini masih pertengahan pembinaan. Sebelum benar-benar matang di usia selanjutnya.

Lalu, apa kriteria untuk menjadi bagian dari Timnas U-14 ini? Apa persyaratan khusus untuk masuk dan menjadi anggota tim nasional? Meski seringkali dikatakan bahwa tidak ada kriteria khusus ketika ingin mendaftar, salah satu yang menjadi tolok ukur ternyata adalah tinggi yang berada di atas rata-rata.

“Salah satu persyaratan PSSI dan Badan Tim Nasional (BTN), untuk proses seleksi memang dicari pemain dengan postur tinggi.” ujar Sekretaris PSSI Jatim, Amir Burhanuddin.

Meski tinggi penting, namun hal tersebut bukanlah kriteria utama seleksi pemain tim nasional U-14. Sebab, selain tinggi dan skill yang mumpuni, visi juga menjadi pertimbangan. Seperti yang dijabarkan oleh Tim Talescouting ASSBI Sumut, Zukhairi Lubis. Beliau menjelaskan, penilaian terhadap pemain adalah dengan tinggi 160cm dan visi permainan.

“Tidak ada ketentuan ataupun posisi. Yang kita anggap layak, itu yang kita pilih,” jelasnya.