12 Sarana dan Prasarana Bulutangkis Paling Penting

Salah satu jenis olahraga yang bersifat individual adalah permainan bulu tangkis di mana pada permainan ini bisa dilakukan dengan satu atau dua lawan menggunakan raket untuk memukul dan kok berperan sebagai objek pukulan. Tujuan utama dari olahraga ini adalah berlomba mengumpulkan poin sebanyak 21 untuk menjadi pemenangnya. Seperti olahraga lain, selain teknik dasar permainan bulu tangkis, ada sarana dan prasarana bulutangkis yang harus dipersiapkan sebelum memulai permainan ini dan akan kami ulas selengkapnya berikut ini.

1. Partai Dalam Bulu Tangkis

Dalam permainan bulu tangkis ini terbagi menjadi beberapa partai permainan seperti:

  • Tunggal putra
  • Tunggal putri
  • Ganda putra
  • Ganda putri
  • Ganda campuran

2. Lapangan dan Net

Permainan bulu tangkis ini memiliki lapangan yang berbentuk persegi panjang dengan garis ketebalan 40 mm dan memakai warna yang kontras dengan warna lapangan. Sedangkan untuk warna yang biasa digunakan untuk garis adalah putih atau juga bisa kuning. Sementara untuk permukaan lapangannya terbuat dari bahan sintetis lunak atau kayu.

Untuk bahan pembuatan lapangan yang terbuat dari bahan sintetik keras atau beton sangat tidak disarankan sebab bisa menimbulkan cedera bagi pemain. Untuk jaring bulu tangkis harus menggunakan warna gelap kecuali untuk bibir jaring atau net-nya yang mempunyai ketebalan 75 mm dan harus berwarna putih.

Berikut ini adalah lapangan bulu tangkis yang sesuai dengan standar peraturan International Badminton Federation [IBF]:

  • Panjang lapangan 13.40 meter yang dipakai untuk paratai tunggal atau single dan ganda atau double.
  • Lebar lapangan 6.10 meter yang digunakan untuk partai ganda dan ukuran 5.18 meter yang digunakan untuk partai tunggal.
  • Sedangkan untuk ketentuan lainnya seperti garis lapangan bulu tangkis, sebisa mungkin dibuat dengan warna yang tegas sehingga bisa dilihat dengan helas seperti kuning dan putih.

Sementara untuk net atau jaring, dibuat dengan tali yang halus berwarna hijau tua dengan ukuran:

  • Panjang net: 610 cm
  • Lebar net: 76 cm
  • Pita putih pada bagian sisi atas net berukuran 3.8 cm
  • Tinggi net yang pemasangannya ada pada bagian tengah lapangan adalah setinggi 1.524 meter.
  • Untuk tiang net dibuat dengan bahan kuat seperti besi dengan bentuk bulat berjari tengah 3.8 meter yang di pasang pada luar garis samping.
  • 1.98 meter adalah jarak dari garis net hingga garis servis depan.
  • 3.05 meter adalah jarak dari garis samping lapangan hingga garis servis tengah.
  • 0.76 meter adalah jarak dari garis belakang lapangan sampai dengan garis servis belakang yang berlaku untuk permainan ganda.
  • 0.46 meter adalah jarak dari garis pinggir lapangan sampai dengan garis samping yang berlaku untuk permainan tunggal.

3. Raket

Untuk raket tradisional bulu tangkis terbuat dari bahan dasar kayu atau juga bisa aluminium dan logam ringan lainnya. Namun untuk bahan raket sekarang yang sering digunakan pebulu tangkis profesional berbahan komposit serat karbon atau plastik bertulang grafit. Serat karbon ini dipilih karena sangat kuat pada perbandingan berat, lebih kaku dan memberikan perpindahan energi kinetik yang besar sehingga cara memegang raket bulu tangkis bisa lebih nyaman dan kuat.

Akan tetapi untuk raket bulu tangkis standar yang biasanya digunakan para pemula juga masih banyak yang terbuat dari baja atau aluminium untuk sebagian atau keeluruhan bahan raket. Pada gabus tersebut ditanam bulu angsa berjumlah 14 sampai 16 helai dengan garis tengah gabus 25 sampai 28 mm dan untuk berat kok standar adalah antara 4.73 hingga 5.50 gram.

  • Medium Fleksibel: Proses dipindahkannya sebagian tenaga akan dipusatkan pada pergelangan tangan yang dibantu dengan tungkai gagang raket fleksibel sehingga bisa memberikan daya tolak lebih besar terhadap kok yang menyentuh raket. Jenis raket ini bagus untuk pertahanan atau defensive dan juga mengontrol daya permainan lain.
  • Stiff/Limited Flexibility: Proses tenaga yang dipindahkan akan memungkinkan dilakukan dari pergelangan tangan dan gagang raket ini sangat bagus digunakan untuk pertahanan atau melakukan serangan.
  • Extra Stiff/Minimum Flexibility: Proses tenaga yang dipindahkan dilakukan dengan maksimal yang dipusatkan pada pergelangan tangan dibantu dengan gerakan raket yang minimalis sehingga bisa memberi ketepatan lebih baik dari penempatan kok. Raket jenis ini sangat bagus digunakan untuk menyerang seperti pukulan smash, net kill dan sebagainya.

4. Senar

Senar menjadi salah satu perlengkapan bulu tangkis terpenting sesudah raket yang sangat diperhatikan pemain bulu tangkis. Jenis senar yang sangat bervariasi juga sangat berpengaruh terhadap kelebihan dan kekurangan dari masing masing jenis senar. Selain itu, tingkat awet atau tidaknya senar juga sangat bervariasi, sedangkan untuk ketebalan senar raket rata rata adalah 21 ukuran dan diuntai dengan ketegangan 18 hingga 30+ lb.


5. Kok

Kok berperan sebagai bola pada setiap permainan bulu tangkis dan untuk kok ini biasanya terbuat dari rangkaian bulu angsa dengan bentuk kerucut terbuka dan bagian pangkal yang berbentuk setengah bola dari gabus. Selain itu, dalam latihan atau pertandingan yang tidak resmi juga sering digunakan kok yang terbuat dari plastik.

6. Sepatu dan Pakaian

Percepatan saat di lapangan juga menjadi hal yang penting saat bermain bulu tangkis. Para pemain sangat membutuhkan pijakan yang kuat untuk mencengkram dengan baik. Sepatu yang digunakan pebulutangkis terbaik dunia juga sangat khusus yakni berupa sol karet yang bisa mencengkram dengan baik, dinding sisi yang bertulang supaya awet saat digunakan bergerak dan juga memiliki teknologi penyebaran guncangan untuk melompat yang baik. Sepatu menjadi alat paling penting sebab dalam permainan bulu tangkis melibatkan banyak stres dan ketegangan di area lutut dan pergelangan kaki sehingga membutuhkan sepatu yang sangat khusus.

Sedangkan untuk pemilihan kaus kaki harus yang mempunyai daya serap keringat baik dan tebal agar lebih empuk dan bisa mengurangi iritasi kulit karena gesekan kaki dengan sepatu. Untuk celana pendek atau kaus bisa dipilih dengan bebas namun usahakan yang sejuk dikenakan dan bisa menyerap keringat dengan baik. Sedangkan untuk perlengkapan tambahan bisa mengenakan pengikat kepala, kaus tangan dan penjaga lutut.

Penyesuaian beberapa hal dalam standar internasional adalah meliputi luas berbeda antara pertandingan partai ganda dan juga partai tunggal. Sedangkan untuk lapangannya sendiri bisa dibuat dimana saja namun hindari dari gangguan banyak angin. Sementara untuk lapangan di ruangan tertutup maka tinggi yang dibutuhkan harus diatas 8 meter agar kok yang sedang dimainkan tidak terganggu.

Demikian ulasan dari kami tentang sarana dan prasarana bulutangkis yang disesuaikan dengan standar permainan bulu tangkis internasional. Semoga bisa bermanfaat khususnya bagi anda pebulu tangkis pemula.