Sponsors Link

17 Cara Bermain Bulu Tangkis Untuk Pemula Paling Lengkap

Sponsors Link

Bulu tangkis atau badminton merupakan salah satu olahraga yang sangat populer khususnya di Indonesia yang terbukti dengan banyak atlet bulu tangkis Indonesia sudah banyak memenangi pertandingan taraf dunia. Inilah yang membuat olahraga bulu tangkis semakin populer dimainkan untuk mengisi waktu senggang sambil berolahraga.

ads

Bukan hanya sekadar perlu mengerti apa saja sarana dan prasarana bulutangkis, cara bermain yang benar pun bisa diketahui. Untuk anda yang ingin bermain bulu tangkis namun belum mengerti betul tentang teknik dan cara permainan bulu tangkis, ada baiknya untuk menyimak terlebih dulu cara bermain bulu tangkis untuk pemula terlengkap yang akan kami berikan kali ini.

1. Mengetahui Teknik Memegang Raket

Hal pertama yang harus anda ketahui adalah teknik dasar permainan bulu tangkis yang salah satunya adalah memegang raket bulu tangkis. Dalam permainan bulu tangkis ini terdapat 4 teknik memegang raket yang harus diperhatikan, yakni:

American Grip

Dalam teknik memegang raket jenis American Grip ini bisa dilakukan dengan beberapa langkah.

  • Pegang bagian ujung raket atau handle dengan benar.
  • Posisikan ibu jari dan juga telunjuk anda menempel di bagian handle raket.
  • American grip ini sangat baik digunakan untuk melakukan pukulan smash khususnya saat ada di depan net.

Kelemahan dari American grip ini kurang efektif saat digunakan untuk pukulan backhand dan juga bermain net kiri dan kanan yang juga kurang efektif.

Forehand Grip

Teknik memegang raket kedua adalah forehand grip yang juga sering digunakan oleh para atlet profesional. Namun kekurangan teknik ini adalah saat berpindah dari forehand ke backhand dimana pemain harus melakukan pukulan kuat memakai kekuatan sendi bahu dan pergelangan tangan.

  • Pegang raket dengan posisi miring dan ibu jari serta telunjuk menempel pada handle raket.
  • Khusus untuk teknik ini ada baiknya tidak diubah dari cara memegangnya.
  • Keuntungan dari teknik ini sangat baik digunakan saat melakukan pukulan forehand.

Backhand Grip

Teknik ketiga adalah backhand grip yang merupakan teknik pukulan sulit dibaca oleh lawan dan pukulan juga akan melesat dengan keras. Kekurangannya adalah bisa menyulitkan pemain saat mengembalikan pukulan kok yang keras.

  • Pegang raket dengan posisi miring dan pastikan bagian ibu jari berada di belakang handle dan jari jari lainnya berada di bagian depan.

Combination Grip

Cara memegang raket bulu tangkis yang terakhir adalah combination grip yang merupakan gabungan dari seluruh teknik memegang raket bulu tangkis. Keuntungan teknik ini adalah lebih mudah untuk mengubah handle sesuai dengan arah datangnya kok.

  • Pegang raket dengan posisi miring dan posisikan telunjuk di bagian depan menghadap ujung raket.
  • Sedangkan ibu jari berada di bagian belakang dan jari lain bisa ditekuk tepat dibawah handle.

2. Mempelajari Gerakan Kaki

Footwork atau gerakan kaki juga sangat dibutuhkan supaya pemain bisa lincah saat bergerak ke depan, belakang dan juga samping. Teknik ini juga termasuk teknik bulu tangkis dasar dan sangat vital untuk pemain bulu tangkis sehingga juga harus dipelajari dengan baik. Tujuan utama belajar cara ini adalah supaya bisa menjangkau berbagai area dengan cepat untuk mengejar kok yang dipukul lawan.

Sponsors Link

3. Melatih Teknik Memukul

Cara bermain bulu tangkis berikutnya adalah menguasai cara memukul kok dan terdapat beberapa cara memukul yang bisa digunakan, yakni:

Servis Forehand Pendek

Servis forehand terbagi menjadi 2 jenis yakni tinggi dan pendek yang memiliki kelebihan dan kekurangan berbeda dan umumnya dilakukan agar lawan tidak bisa mengembalikan kok dan melakukan serangan.

  • Kok bisa dipukul dengan ayunan raket yang pendek.
  • Siku bisa ditekuk untuk mendapatkan tenaga pergelangan tangan.
  • Fokuskan pada peralihan titik berat badan.

Servis Forehand Tinggi

Servis ini umumnya dipakai hanya pada saat permainan tunggal saja dan ada beberapa teknik yang harus diperhatikan.

  • Pukul kok dengan kuat agar melambung dan jatuh tegak lurus di belakang garis lawan.
  • Buka kaki selebar pinggul saat memukul kok.
  • Ayunkan raket ke belakang lalu ke depan dan lakukan gerakan peralihan titik berat badan sesudah melakukan pukulan dari kaki belakang ke kaki depan.
ads

Servis Backhand

Pada umumnya, penggunaan teknik servis ini adalah pada permainan bulu tangkis ganda dengan arah serta jatuhnya kok memang sengaja ditempatkan dekat dengan garis serang lawan dan perlu melayang sedekat mungkin dengan net.

  • Posisikan kaki kanan tepat di bagian depan kaki kiri.
  • Buka kedua tangan selebar pinggul dan lutut sedikit ditekuk agar titik berat bertumpu pada kedua kaki.
  • Ayunkan raket cukup pendek saja dan dorong kok dengan bantuan peralihan berat badan dari kaki belakang ke kaki depan.

Drive

Teknik pukulan drive dalam bulu tangkis merupakan pukulan cepat yang datar yang umumnya digunakan pada permainan ganda. Teknik ini digunakan untuk menghindari serangan lawan dan membuat lawan tersudut untuk mengangkat kok.

Dalam pukulan drive dibutuhkan reflek yang cepat dan kekuatan pergelangan tangan sebab raket harus berpindah posisi dengan cepat. Selain itu, dibutuhkan juga kekuatan bahu dan pergelangan tangan saat memukul kok.

Netting

Pukulan netting adalah mengarahkan raket sedekat mungkin dengan net lawan yang harus dilakukan dengan halus serta berhati hati. Standar netting yang benar adalah kok harus dipukul perlahan akan tetapi bisa mengarah melintir tipis sangat dekat dengan net sehingga lawan akan kesulitan mengembalikan kok.

Smash

Salah satu pukulan penting mendasar yang tidak kalah penting adalah smash yang dilakukan penuh tenaga dan diarahkan ke lawan. Smash merupakan pukulan menyerang yang bertujuan membuat mati gerakan lawan. Teknik smash juga disarankan untuk dilakukan bersama lompatan agar pukulan yang dihasilkan bisa maksimal.

Dropshot

Dropshot merupakan teknik memukul seperti gerakan menipu lawan yang seakan ingin melakukan smash namun bukan. Berbeda dengan smash yang dilakukan penuh tenaga, dropshot dilakukan dengan lembut dan halus. Teknik ini umumnya dilakukan pada permainan ganda dimana kok akan jatuh tidak jauh dari net.

Underhand

Underhand merupakan teknik memukul dalam bulu tangkis dimana pemain harus melakukan langkah lebar dimana posisi kaki kanan berada di depan agar kok lebih mudah dijangkau. Sesudah itu, siku sedikit ditekuk dan posisi tubuh tegak agar lutut kanan bisa tertekuk dengan sendirinya. Saat mulai memukul kok, tenaga siku dan pergelangan tangan bisa digunakan dan telapak kaki harus tetap dijaga sambil terus meraih kok. Tujuan dari pukulan ini adalah mengembalikan pukulan permainan net lawan atau pukulan pendek dari lawan.

4. Memahami Tujuan Bulu Tangkis

Sesudah mengetahui beberapa teknik dasar bulu tangkis, perlu juga bagi para pemain pemula untuk mengetahui betul serta memahami apa tujuan permainan ini .Seperti dalam permainan tenis, bulu tangki juga merupakan olahraga memakai raket dengan 2 atau 4 orang yang bertujuan untuk memperoleh poin sebanyak 21. Poin akan didapatkan saat anda bisa mendaratkan kok di area lawan atau lawan yang membuat pelanggaran.

Sponsors Link

5. Mengenali Lapangan Bulu Tangkis

Panjang lapangan bulu tangkis adalah 13.4 meter dan lebar 6.1 meter dan net dipasang pada bagian tengah lapangan dengan tinggi 1.5 meter dari permukaan tanah. Setiap lapangan mempunyai area servis kiri dan kanan dan pemain yang melakukan servis dilakukan di area paling belakang lapangan. Sedangkan dalam permainan ganda tidak boleh memukul ke area belakang namun bisa memukul ke arah samping.

6. Memahami Dasar Permainan

Untuk memulai permainan, ada beberapa dasar yang harus anda pahami seperti berikut ini.

  • Servis dilakukan di area kanan
  • Apabila terdapat pelanggaran pada servis, maka lawan akan mendapat poin dan berhak melakukan service.
  • Saat akhir pertandingan dan berganti sisi lapangan, maka pemain yang menang sebelumnya bisa melakukan servis.

7. Kembali ke Posisi Sesudah Memukul

Sesudah memukul kok, pastikan untuk kembali ke posisi awal dan jika lawan memaksa agar anda bergerak lebih jauh, maka area kosong tersebut menjadi sasaran musuh untuk mendapatkan poin.

Demikian cara bermain bulu tangkis untuk pemula yang bisa dipelajari agar bisa membantu anda dalam bermain bulu tangkis hingga nantinya bisa menjadi pebulutangkis terbaik dunia.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 05th, December 2017 / 15:46 Oleh :
Kategori : Bulu Tangkis