Ternyata Inilah Cara Gowes Sepeda yang Benar Selama Ini!

Bersepeda memang menyenangkan. Namun tahukah kamu bahwa ternyata cara bersepeda yang benar itu? Banyak orang yang mengira sudah bersepeda dengan baik dan benar, namun ternyata tidak. Bagi kamu yang suka bersepeda, inilah cara bersepeda yang benar:

1. Gunakan pelindung

Salah satu cara bersepeda yang benar adalah dengan menggunakan pelindung. Meskipun sepeda dianggap sebagai transportasi paling aman, namun tetap saja ada kemungkinan terjadinya kecelakaan yang dapat mengakibatkan cedera.

Gunakan pelindung kepala seperti helm khusus sepeda, pelindung siku dan lutut serta baju khusus bersepeda. Dengan begitu, kamu telah melindungi bagian tubuh yang vital sehingga aman bersepeda.

2. Gunakan gigi yang tepat

Sering kali orang tidak begitu peduli dengan penggunaan gigi yang benar ketika bersepeda, padahal sangat mempengaruhi ketahanan dalam bersepeda. Misalnya saja jika kamu menggunakan gigi yang tingi dalam waktu cukup lama, maka lututmu akan mudah menegang. Kamu akan mudah lelah bahkan mengalami kram. Sebaiknya gunakan gigi yang tepat sesuai dengan kondisi jalan yang kamu lewati untuk keselamatan kamu sendiri.

3. Gunakan sepeda yang pas

Banyak orang yang memilih sepeda hanya karena modelnya yang sedang kekinian. Padahal ini salah besar. Jika kamu memang ingin menggunakan sepeda dalam jangka waktu lama, maka sebaiknya pilihlah sepeda yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Pilih sepeda dengan dudukan yang pas dan kayuhan yang ringan dan efisien. Sebaiknya cobalah untuk menggunakan sepeda tersebut terlebih dahulu sebelum membelinya sehingga kamu tidak akan menyesal kemudian.

4. Posisi badan

Posisi badan ketika bersepeda sangat mempengaruhi ketahanan tubuh. Meskipun kamu menggunakan sepeda, namun posisi badan tetap harus tegak lurus. Jangan sampai kamu membungkuk ketika bersepeda apalagi dalam waktu yang lama. Selain membuat badan cepat lelah, membungkuk dapat menyebabkan kerusakan pada bagian tulang belakang.

5. Periksa kondisi sepeda

Sebelum bersepeda, sebaiknya periksa kondisi sepeda terlebih dahulu. Mulai dari tekanan angin pada ban, posisi sadel, rem, dan lainnya. Ingatlah bahwa kondisi sepeda sangat mempengaruhi kelancaran perjalanan. Segera ganti spare part sepeda jika ada yang rusak untuk menghindari masalah ketika bersepeda.

Itulah beberapa cara bersepeda yang baik dan benar. Jangan lupa pula untuk selalu menjaga kesehatan agar kondisi badan tetap fit ketika berkendara.