Cara Menjaga Keselamatan Ketika Bersepeda yang Wajib Diketahui!

Siapa bilang bersepeda itu aman-aman saja? Meskipun sepeda adalah alat transportasi yang sederhana, namun kamu tetap wajib menjaga keselamatan ketika gowes. Berikut ini adalah beberapa tips menjaga keselamatan ketika bersepeda yang perlu kamu lakukan:

1.Gunakan pelindung

Hal utama yang harus kamu lakukan sebelum bersepeda adalah menggunakan pelindung. Meskipun kecepatan bersepeda tidak setinggi transportasi lain seperti motor dan mobil, namun bukan berarti kamu aman dari cedera atau kecelakaan.

Kamu tetap memiliki resiko cedera atau kecelakaan, apalagi jika kamu bersepeda di jalur yang bercampur dengan pengendara lainnya. Gunakan helm, pelindung siku dan lutut, serta sepatu dan pakaian khusus bersepeda.

2. Periksa kondisi sepeda

Selain menggunakan pelindung, kamu harus selalu memeriksa kondisi sepeda sebelum menggunakannya. Periksa rem, kondisi sadel, tekanan angin pada ban, rantai, dan bagian vital lainnya. Jika terdapat masalah atau kerusakan pada sepeda, sebaiknya segera perbaiki sebelum timbul masalah lain yang dapat mengakibatkan cedera.

3. Patuhi rambu lalu lintas

Meskipun kamu berkendara menggunakan sepeda, namun bukan berarti kamu terbebas dari wajib patuh lalu lintas. Kamu tetap harus mematuhi rambu-rambu lalu lintas yang berlaku di jalan demi keselamatan diri sendiri dan juga orang lain.

4. Ikuti arus

Banyak pesepeda yang melawan arus lalu lintas hanya karena merasa aman karena menggunakan sepeda. Meskipun sepeda dibawa dengan perlahan, namun kemungkinan terjadinya kecelakaan akibat pengendara lain tetap ada.

Jangan coba-coba untuk melawan arus lalu lintas karena selain melanggar aturan lalu lintas, hal ini juga dapat menyebabkan kecelakaan bagi diri sendiri maupun orang lain.

5. Selalu waspada

Sebagai pengguna jalan, terutama jalan raya, maka kamu wajib waspada. Perhatikan jalam di bagian kanan dan kiri dengan baik. Begitu pula jika kamu ingin menyeberang, waspadai arus yang akan kamu lewati terlebih dahulu barulah kamu menyeberang.

6. Jangan menyalip dari kiri

Hal penting lain yang harus kamu perhatikan adalah hindari menyalip dari kiri. Ingatlah bahwa posisi yang benar untuk menyalip adalah dari kanan. Jika kamu memaksa untuk menyalip dari kiri, maka kemungkinan besar terjadinya kecelakaan sangat besar.

Sepeda yang menyalip dari kiri biasanya juga masuk dalam blind spot pengendara lain sehingga tidak akan terlihat dari kaca spion mereka. Apalagi jika kendaraan yang mereka gunakan berukuran cukup besar.

7. Gunakan tanda saat berbelok

Kelemahan dari sepeda dibandingkan dengan kendaraan lain adalah ketidakmampuan para pengendara sepeda untuk memberikan tanda ketika akan berbelok. Maka dari itu, sebaiknya gunakan isyarat yang mudah dimengerti oleh pengendara lain.

Itulah beberapa cara menjaga keselamatan diri dan orang lain ketika bersepeda. Jangan lupa pula untuk selalu makan makanan bergizi agar kondisi tubuh tetap fit.