Ternyata Inilah Jam yang Baik Untuk Bersepeda!

Padatnya rutinitas sehari-hari membuat kita seringkali melupakan olahraga. Padahal olahraga sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit saat beraktivitas. Maka dari itu, sebaiknya sebisa mungkin kita harus menjaga pola olahraga secara rutin meskipun sibuk.

Salah satu bentuk olahraga yang mudah dilakukan dan menyenangkan adalah bersepeda. Namun banyak orang yang bingung kapan waktu terbaik untuk bersepeda. Bagi kamu yang masih bingung, berikut ini adalah beberapa kondisi yang perlu kamu perhatikan untuk mengetahui kapan waktu bersepeda yang tepat:

1. Kenyamanan

Kapanpun kamu bersepeda, hal yang paling penting yang harus kamu perhatikan adalah kenyamanan. Kenyamanan sangat mempengaruhi seberapa besar dampak yang dihasilkan dari bersepeda terhadap tubuh dan pikiran kamu.

Jika kamu adalah orang yang menyukai sinar matahari dan menginginkan manfaat dari sinar matahari tersebut, maka sebaiknya kamu bersepeda di pagi hari. Selain lebih mudah berkeringat, kamu juga akan mendapatkan vitamin D yang saat ini terbilang langka didapatkan orang karena terlalu sibuk di pagi hari.

Jika kamu tidak menyukai sinar matahari yang terik, maka kamu dapat menggeser jadwal sepeda ke waktu yang lebih sore atau menjelang matahari terbenam. Kamu tak hanya mendapatkan manfaat dari bersepeda saja, tapi juga pemandangan matahari terbenam yang begitu indah tentu menjadi bonus yang luar biasa.

Jika kamu ingin menenangkan pikiran setelah seharian bekerja dalam tekanan, maka bersepeda di malam hari akan membuat tubuh dan pikiran menjadi lebih rileks dan tenang. Namun waspadai angin malam yang lebih dingin.

2. Durasi

Sesuaikan pula waktu bersepeda dengan durasi yang kamu perlukan. Misalnya saja jika kamu adalah orang super sibuk, maka kamu dapat memanfaatkan akhir pekan untuk bersepeda sehingga kamu dapat bersepeda selama 2-3 jam lamanya.

Namun jika kamu super sibuk, sebaiknya lakukan 30 menit sehari. Kamu dapat menambah durasi sepeda jika keahlianmu dalam bersepeda juga bertambah.

3. Kondisi tubuh

Waktu bersepeda juga dipengaruhi oleh kondisi tubuh. Setiap orang memang memiliki perbedaan pada kondisi tubuhnya masing-masing sehingga porsi olahraga juga berbeda. Jika kamu sedang merasa kurang enak badan, sebaiknya kamu tidak bersepeda terlalu jauh. Lakukan pula di hari yang tidak terlalu terik, misalnya ketika matahari belum terbit sepenuhnya. Dengan begitu, tubuh tidak akan mudah lelah.

Itulah beberapa hal penting yang wajib kamu ketahui untuk bersepeda di waktu yang tepat. Namun satu hal yang pasti, jangan bersepeda ketika perut masih dalam keadaan kosong atau baru saja makan karena dapat berakibat buruk pada sistem pencernaan.