Home » Olahraga A - Z » Bersepeda » Tips Aman Bersepeda Saat Hujan

Tips Aman Bersepeda Saat Hujan

by Adara Almarinah

Musim hujan sudah tiba. Kewaspadaan kita ketika melakukan perjalanan di musim hujan seperti ini pun harus ditingkatkan. Begitu pula jika kamu mengendarai sepeda. Jalanan yang licin tentu menjadi masalah dalam bersepeda. Bagi kamu yang sedang mengalami masalah ini, berikut ini adalah tips aman bersepeda saat hujan:

1. Pastikan ada fender

Salah satu bagian penting dari sepeda yang wajib ada saat musim hujan adalah fender. Fender berfungsi melindungi tubuh dari cipratan air ketika bersepeda. Pastikan baik fender depan maupun belakang dalam keadaan yang baik sebelum bersepeda.

2. Gunakan mantel

Meskipun hujan rintik-rintik, namun sebaiknya kamu menggunakan mantel hujan ketika bersepeda. Selalu sediakan mantel hujan di dalam tas sehingga kamu tidak perlu menunda perjalanan jika tiba-tiba hujan turun. Namun pilih mantel hujan khusus untuk sepeda sehingga kendali sepeda tetap dapat dikontrol dengan baik tanpa terhalang desain mantel.

3. Nyalakan lampu

Ketika hujan turun, maka penglihatan akan terganggu. Begitu pula dengan pengendara lainnya. Maka dari itu, nyalakan lampu depan dan belakang ketika hujan turun agar dapat terlihat oleh pengendara lainnya, terutama jika kamu mengendarai sepeda di jalur yang bukan khusus untuk pesepeda.

Selain lampu depan dan belakang, sebaiknya gunakan reflektor pada bagian sepeda atau mantel hujan dan helm yang kamu gunakan agar kamu semakin jelas terlihat oleh orang lain.

4. Tekanan ban

Selain mempersiapkan sepeda dan mantel hujan, kamu juga harus memperhatikan tekanan angin pada ban. Tekanan angin pada ban ketika berjalan melewati jalanan yang licin sebaiknya sekitar 15-20 psi. Hal ini bertujuan agar cengekeraman ban pada jalan akan lebih kuat sehingga kamu tidak mudah tergelincir.

5. Kacamata khusus

Untuk melindungi mata dari tetesan air hujan, sebaiknya gunakan kacamata khusus. Tak hanya sekedar melindungi mata dari air hujan namun juga meningkatkan penglihatan ketika hujan. Gunakan kacamata dengan lensa bening atau berwarna agak kekuningan untuk menjaga jarak pandang tidak terganggu.

6. Sediakan plastik

Tak hanya menggunakan ransel yang memiliki pelindung dari hujan, namun kamu juga harus selalu membawa plastik untuk tetap mengamankan gadgetmu. Meskipun ransel telah terlindungi, namun tetap saja ada kemungkinan air masuk merembes ke dalam ransel. Dengan menyediakan plastik, maka kamu dapat memberikan perlindungan lebih pada gadget.

Itulah beberapa tips aman bersepeda saat hujan. Tetap waspada dan jangan lupa jaga kesehatan selama bersepeda di musim hujan.

You may also like