9 Cara Memilih Helm Sepeda yang Paling Tepat

Dalam hal cara bersepeda, tentunya penting untuk melengkapi peralatan dan perlengkapan bersepeda yang baik, salah satunya adalah helm sepeda yang akan mendukung keselamatan pesepeda. Supaya dapat memilih helm sepeda yang benar-benar tepat dan sesuai, ada beberapa cara memilih helm sepeda yang kiranya bisa menjadi panduan atau bantuan bagi Anda.

  1. Mempertimbangkan Keselamatan

Memakai helm sepeda bertujuan untuk melindungi kepala dari cedera, jadi pastikan untuk memilih kualitas paling baik untuk melindungi kepala Anda sewaktu hendak bersepeda. Helm dengan sertifikat standar keselamatan alias helm ber-SNI atau berstandar internasional lainnya bisa menjadi pilihan. Helm dengan merk yang belum tentu terpercaya sebaiknya dihindari.

  1. Memilih Jenis Helm yang Tepat

Helm sepeda memiliki beberapa jenis di mana ini bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan para pesepeda dalam bersepeda. Berikut ini adalah beberapa jenis helm sepeda yang bisa dipertimbangkan dan disesuaikan dengan keperluan dalam mengendarai sepeda.

  • Helm Aero Road

Perlu diketahui bahwa helm aero road merupakan sebuah jenis helm hasil persilangan antara helm vented road dan helm time trial. Rancangan helm jenis ini bertujuan utama untuk memberikan pesepeda kemudahan dalam gerakan. Bahkan desainnya dibuat ringan namun tetap menawarkan sisi aerodinamis dengan ukurannya yang terlihat padat dan sederhana.

  • Helm Full Face

Ada perlindungan maksimum yang diberikan kepada pengendara sepeda dengan helm seperti ini. Jenis helm inilah yang paling pas bila ingin digunakan untuk balapan off-road agresif atau pada jalur menurun. Ada perlindungan ekstra yang diberikan kepada pesepeda untuk bagian pipi, dagu dan pipi sehingga keamanan terjamin.

  • Helm Kids & Youth

Untuk anak dan remaja, ada tersedia helm khusus yang kita sebut dengan helm kids & youth di mana fitur pada helm ini termasuk juga fitur keselamatan standar yang memastikan penggunanya aman ketika mengenakan. Ada berbagai skema warna menarik dalam rancangan helm ini di mana tentunya hal ini akan memberi sisi menarik lebih tinggi.

  • Helm Rekreasi

Helm leisure adalah nama lain bagi helm rekreasi di mana helm ini bisa dipilih apabila Anda ingin mengenakannya secara keren. Hanya saja untuk bobot helm jenis ini akan jauh lebih berat dari helm lainnya. Helm rekreasi ini juga adalah helm dengan desain ventilasi maksimal berikut juga memiliki fitur-fitur balap.

  • Helm BMX

Pada helm BMX, desain dapat dipilih sesuai kebutuhan pengguna, baik itu open face atau full face karena keduanya tentu menawarkan kelebihan masing-masing. Helm open face adalah helm dengan skate style di mana penggunaannya lebih umum pada waktu mengendarai BMX pada medan off-road atau datar. Sementara helm full face melindungi optimal sewaktu balapan BMX.

  • Helm Sepeda Gunung

Ada perlindungan ekstra yang diberikan oleh desain helm sepeda gunung, berikut juga ventilasi serta retensi yang baik. Untuk penggunaan helm ini di medan off-road akan lebih tepat karena Anda akan sangat terbantu untuk bersepeda dengan baik.

  • Helm Road

Rancangan helm road yang paling utama adalah diperuntukkan bagi pengendara sepeda di jalan biasa walau memang bisa juga bila ingin menggunakannya di tempat lain. Perlindungan dan ventilasi tergolong mumpuni juga.

  • Time Trial

Rancangan helm jenis ini memang dikhususkan untuk kepentingan balapan. Desain helm ini pun menawarkan fitur aerodinamis serta adanya perlindungan optimal ketika pengendara harus melawan waktu.

  1. Menentukan Ukuran

Selain jenis helm, penting untuk menentukan ukuran dari helm tersebut yang pas bagi kepala Anda. Untuk memperoleh ukuran yang tepat, lakukanlah pengukuran lingkaran kepala pada kurang lebih 1 inci di atas alis dan lakukan hal ini beberapa kali.

  1. Memilih Helm dengan Tali untuk Mengikat Dagu

Tali pun sebaiknya menjadi salah satu fitur yang tersedia pada desain helm sepeda yang Anda hendak pilih. Seperti help sepeda motor, penting untuk memiliki helm sepeda yang ada tali pengikatnya di mana tali pengikat ini berfungsi utama sebagai pengaman bagi bagian kepala Anda.

Para pesepeda pun tidak perlu khawatir karena tali pengikat helm sepeda tetap akan memampukan penggunanya untuk membuka mulut. Jadi bila ingin makan atau minum pun tetap bisa dilakukan tanpa harus melepas tali pengikat. Karena membentuk mirip huruf V yang ada di bawah cuping telinga, maka bagian atas tali helm seperti inilah yang tergolong ideal.

  1. Memilih Helm dengan Ventilasi

Helm sepeda yang baik adalah helm dengan ventilasi di mana tujuan dari adanya ventilasi ini adalah supaya kepala terasa lebih dingin. Perancangan desain ventilasi pada helm jenis road adalah agar aliran udara dapat memungkinkan untuk melewati helm serta keluar melewati ventilasi belakang.

Berbeda dari helm jenis road, helm sepeda gunung memiliki rancangan ventilasi yang cara kerjanya dibuat seperti cerobong asap. Dengan desain seperti ini, otomatis udara panas akan dialirkan secara vertikal. Ventilasi akan membantu supaya bagian kepala selama bersepeda tetap dingin dan menjaga kenyamanan penggunanya di mana pun rute bersepeda yang ditempuh.

  1. Memilih Helm dengan Padding/Bantalan

Helm sepeda yang tepat adalah helm dengan bantalan sehingga pengguna helm bisa merasakan kenyamanan saat mengenakannya. Bantalan atau padding ini juga turut berperan sebagai penyerap keringat saat bersepeda. Helm-helm sepeda yang ada di luar dapat dilepas sehingga akan membuat proses mencuci dan membersihkan lebih mudah sehingga sisi higienisnya bisa kita jaga.

  1. Mencoba Sebelum Memilih

Sebelum membeli, Anda mungkin sudah menentukan beberapa pilihan, maka cobalah lebih dulu untuk memastikan apakah sudah pas atau belum. Pastikan bahwa helm yang Anda pilih sudah benar-benar pas, kaitkan juga tali pengikatnya saat mencoba.

  1. Mengecek Busa Pengganjal Helm

Busa pengganjal helm perlu juga untuk diteliti lagi sebelum dibeli. Makin seringnya digunakan, busa biasanya akan mudah kempis karena tekanan yang diberikan. Saat busa mengempis, otomatis helm terasa lebih longgar, jadi cek pula bagian tersebut.

  1. Mengecek Jumlah Lubang Ventilasi

Lubang ventilasi pada helm sepeda yang baik adalah yang lubangnya banyak. Jenis ini akan membantu agar pengendara sepeda tak mudah gerah saat mengenakannya. Karena lubangnya juga terdapat banyak, aliran udara pun menjadi jauh lebih baik nantinya.

Itulah beberapa cara memilih helm sepeda yang kiranya dapat membantu Anda mendapatkan yang terbaik. Ketahui juga cara mengatur nafas saat bersepeda supaya performa tetap bugar walau harus menempuh jarak jauh. Supaya tidak gampang capek, perhatikan juga beberapa tips bersepeda agar tidak cepat lelah.