10 Tips Bersepeda Agar Tidak Cepat Lelah Wajib Dicoba

Bersepeda seringkali membuat anda merasakan lelah yang sangat berlebihan. Apalagi jika kegiatan ini anda lakukan dengan jarak tempuh yang cukup jauh atau bahkan memilih untuk bersepeda pada lintasan yang menanjak seperti halnya di pegunungan. Rasa lelah yang berlebih ini dapat mengurangi energi yang anda miliki, selain itu juga dapat mempengaruhi kekuatan ayuhan yang anda lakukan.

Agar bersepeda tidak cepat lelah, tentu anda harus mengetahui triknya. Untuk anda yang hobby bersepeda, berikut ada 10 tips bersepeda agar tidak cepat lelah dan capek. Beberapa tips di bawah ini dapat anda lakukan untuk mengurangi rasa lelah akibat bersepeda secara berlebihan.

  1. Siapkan Kondisi Secara Prima

Bersepeda dalam jarak yang jauh tentu akan mengakibatkan rasa capek dan lelah. Namun untuk mengantisipasi rasa tersebut, anda dapat menyiapkan kondisi tubuh secara prima sebelum melakukan aktivitas ini. Pastikan jika tubuh dalam keadaan yang fit, agar rasa letih tidak terlalu anda rasakan saat menempuh jarak yang lumayan jauh. Selain itu, anda juga dapat mendukungnya dengan minum suplemen tambahan agar tubuh terasa lebih prima lagi.

  1. Lakukan Ayuhan Tetap

Melakukan kayuhan dengan tenaga penuh tentu akan membuat tubuh akan cepat lelah, hal ini akan lebih terasa apabila anda bersepeda dalam jarak yang lumayan jauh. Putaran roda yang sesuai dengan kayuhan yang ideal sebaiknya tetap anda pertahankan. Tidak perlu terlalu bersemangat ataupun justru mengayuh secara perlahan.

Ayuhan pedal yang tetap justru dapat menghemat energi yang anda miliki. Namun kebanyakan dari mereka akan melakukan ayuhan pertama dengan tenaga ekstra, setelah itu ayuhan pedal akan sedikit demi sedikit berkurang yang akan menyebabkan tubuh terasa lebih lelah. Lakukan ayuhan tetap untuk menghemat tenaga serta mengurangi rasa lelah yang berlebih.

  1. Atur Gigi Sepeda

Pengaturan gigi sepeda secara tepat dapat menjadi tips bersepeda agar tidak cepat lelah berikutnya. Pengaturan gigi sepeda di sini sangat penting untuk dilakukan. Selain dapat mempertahankan kekuatan, mengatur gigi sepeda juga dapat menghemat energi anda.Gigi sepeda terdiri dari beberapa tingkatan yaitu mulai dari gigi 1 hingga gigi yang paling tinggi tergantung jenis sepeda yang anda gunakan.

Saat bersepeda dalam jalanan yang lurus maka pengaturan gigi dapat anda lakukan pada tingkatan yang paling tinggi atau di bawahnya. Hal ini untuk memperpendek ayuhan yang terlalu sering. Namun saat jalan dalam keadaan yang menanjak tinggi seperti di pegunungan, maka pengaturan gigi 1 atau gigi yang paling rendah juga penting untuk dilakukan agar kekuatan kayuhan tetap stabil dan sepeda tetap bisa naik.

  1. Ganti Posisi Badan

Posisi badan saat bersepeda juga dapat mempengaruhi rasa lelah yang timbul akibat jarak tempuh yang lumayan jauh. Kebanyakan orang kurang memperhatikan posisi badan mereka ketika bersepeda. Alhasil rasa capek, lelah dan pegal pada bagian tubuh pun akan dirasakan.

Biasanya orang akan mempertahankan posisi badan ketika bersepeda dengan alasan karena sudah nyaman. Posisi badan yang tetap dalam perjalanan yang jauh tentu menimbulkan rasa capek ataupun pegal. Apalagi jika anda bersepeda dengan kondisi tanjakan yang lumayan ekstra. Untuk mengurangi rasa lelah, maka pergantian posisi badan harus anda lakukan sesering mungkin.

  1. Melakukan Teknik Pernafasan yang Tepat

Meskipun olahraga ini tergolong lebih santai dibandingkan jenis olahraga lain, namun bersepeda juga dibutuhkan beberapa teknik yang dapat mengurangi rasa lelah yang berlebih. Salah satu teknik atau cara mengatur nafas saat bersepeda memang harus anda perhatikan.

  1. Hindari Istirahat Terlalu Lama

Melakukan istirahat terlalu lama saat bersepeda justru tidak akan mengurangi rasa lelah anda. Hal ini justru mengakibatkan otot yang semula sudah lentur, akan kembali kaku dan tubuh menjadi malas. Istirahat dapat anda lakukan dengan waktu yang tidak terlalu lama yaitu sekitar 5 – 10 menit saja. Setelah istirahat dirasa cukup, maka segeralah bergegas untuk melanjutkan aktivitas olahraga bersepeda yang anda lakukan.

  1. Minum Tiap 1 Jam

Selain beberapa tips bersepeda agar tidak cepat lelah di atas, anda juga dapat melakukan beberapa tips lainnya. Saat bersepeda tentu akan banyak sekali cairan tubuh yang keluar. Hal ini yang menyebabkan tubuh menjadi lebih cepat lelah ataupun letih. Usahakan untuk sedia minuman ketika bersepeda baik dalam jarak yang dekat maupun jauh.

Melakukan minum saat bersepeda selain dapat mengurangi rasa lelah, ternyata juga dapat menambah energi yang anda miliki. Anda dapat minum setiap 1 jam sekali saat bersepeda. Namun jika track yang anda lalui dirasa cukup berat, maka anda bisa menambahnya dengan lebih sering. Jangan biarkan tubuh kekurangan cairan atau dehidrasi.

  1. Lakukan Apa yang Disukai

Bersepeda memang menyenangkan, namun disamping itu olahraga ini juga dirasa sangat melelahkan apalagi jika anda memilih dengan jarak tempuh yang lumayan jauh. Ketika anda bersepeda dalam jarah yang jauh, maka usahakan untuk mendukungnya dengan kegiatan yang anda sukai. Misalnya saja, anda bisa menyertakan handset untuk mendengarkan lagi sambil bersepeda. Atau bisa juga membawa makanan kecil untuk mengurangi rasa lelah.

  1. Ajak Serta Kerabat

Melakukan olahraga sepeda tentu akan lebih seru jika anda mengajak serta kerabat, keluarga ataupun ramai-ramai bersama komunitas sepeda lainnya. Dengan kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama tentu rasa capek dan lelah pun akan jauh lebih berkurang jika dibandingkan dengan melakukan olahraga bersepeda sendiri.

  1. Jangan Banyak Membawa Barang

Saat bersepeda tentu tubuh akan terasa lelah, hal ini akan bertambah ketika anda membawa barang yang terlalu banyak. Topangan barang bawaan tentu akan menambah rasa lelah anda ketika bersepeda. Jika memang aktivitas olahraga ini anda lakukan dengan menempuh perjalanan yang jauh. Maka usahakan untuk meminimalisir barang bawaan anda.

Melakukan olahraga bersepeda memang menjadi salah satu kegiatan yang dapat anda lakukan setiap hari namun asalkan mengerti bagaimana cara bersepeda yang baik dan betul, maka kegiatan ini tentu akan jauh lebih menyenangkan untuk dilakukan, khususnya bila hendak mengikuti perlombaan dan sebagainya. Kini bersepeda tidak lagi anda rasakan dengan rasa capek dan lelah secara berlebih. Dengan tips bersepeda agar tidak cepat lelah di atas, semoga kegiatan bersepeda anda menjadi lebih menyenangkan sekaligus dapat menyehatkan badan.