10 Cara Memperkuat Pukulan Smash dalam Bulutangkis Paling Jitu

Bermain bulutangkis bukan hanya tentang menguasai setiap teknik dasar permainan bulutangkis dengan baik saja, melainkan juga kita perlu meningkatkan kualitas pukulan dengan memperkuat pukulan smash agar mampu menyerang lawan secara sempurna. Ada beberapa cara memperkuat pukulan smash dalam bulutangkis yang bisa dilatih agar performa bulutangkis Anda jauh lebih baik.

  1. Melakukan Pemanasan

Melakukan pemanasan adalah suatu aktivitas wajib setiap sebelum melakukan olahraga dan sebelum bermain bulutangkis pun, pemanasan dengan meregangkan tubuh akan memberikan efek baik bagi performa Anda nantinya. Bahkan pemanasan pun perlu dilakukan secara dinamis dan statis supaya dapat meminimalisir terjadinya cedera, khususnya bagian pergelangan tangan.

  1. Berlari

Latihan lari adalah salah satu cara juga dalam memperkuat pukulan Anda saat melakukan smash. Bentuk latihan fisik bulu tangkis ini bisa dilakukan rutin dengan durasi 30 menit setiap kali sebelum memulai latihan inti bulutangkis. Tubuh akan terasa lebih fleksibel nantinya dan otot juga akan dicegah dari cedera ketika melakukan lari ini apalagi saat melompat untuk men-smash.

  1. Push Up

Melakukan push up adalah salah satu cara agar kekuatan lengan dan tangan bertambah baik sehingga hal ini otomatis juga turut berpengaruh pada kekuatan pukulan smash yang dilakukan saat menyerang lawan. Untuk latihan push up sendiri, dianjurkan untuk melakukannya sehari minimal 30 kali agar otot lengan bisa jauh lebih kuat.

  1. Jumping Smash

Jumping juga merupakan sebuah latihan yang pas dilakukan secara rutin agar mampu melakukan smash dengan kuat dan sempurna. Selain berlari, latihan jumping alias melompat adalah yang paling dibutuhkan dalam melakukan smash. Lompat tali dan lari sprint adalah contoh latihan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas permainan Anda.

  1. Latihan Barbel

Mungkin latihan angkat beban adalah suatu latihan yang dianggap berat oleh beberapa pemain bulutangkis, namun sebenarnya latihan menggunakan barbel akan menguntungkan bagi kekuatan pergelangan tangan dan lengan Anda. Namun barbel yang digunakan sebaiknya dengan bobot yang tepat.

Barbel dengan bobot 5-10 kg adalah yang paling dianjurkan untuk Anda gunakan sebagai bagian latihan. Gunakan satu tangan untuk mengambil sebuah barbel di mana kemudian posisi tangan diluruskan ke arah atas sebelum Anda gerakkan ke atas bawah. Lakukan dengan tangan bergantian dengan hitungan yang sama supaya tangan kanan dan kiri menerima efek yang seimbang.

  1. Melatih Scissors Jump

Teknik melompat scissors jump juga merupakan sebuah latihan yang bisa menjadi cara membuat pukulan smash pemain bulutangkis makin mantap dan kuat. Latihan yang juga disebut lompat gunting ini meminta Anda untuk lebih memerhatikan langkah saat berlari menuju arah datangnya kok.

Di saat yang tepat, lakukan lompatan dengan posisi kaki kanan di belakang dan kaki kiri di depan lalu putarlah tubuh ke kiri secara horisontal sewaktu berada di udara sehingga tenaga otomatis bertambah. Smash akan menjadi lebih kuat apabila ada tambahan tenaga dari scissors jump ini dikombinasikan dengan tenaga berlari untuk memukul kok.

  • Menggunakan Pergelangan Tangan
  • Pada waktu menggenggam raket, pastikan cara memegang raket bulu tangkis untuk tidak berlebihan supaya otot tidak menjadi tegang yang otomatis bila tegang bakal berdampak pada tingkat akurasi dan kecepatan yang rendah. Gunakanlah pergelangan tangan ketika melakukan smash dalam upaya menambah tenaga dan sebaiknya tak terlalu banyak memakai tenaga di awal.

    Pada waktu melakukan smash, tidak dianjurkan untuk mengandalkan lengan bagian atas serta bahu sebab kedua bagian tersebut justru malah kurang cepat dan kuat dalam melakukan pukulan smash. Smash tajam dan kuat bukanlah bergantung pada seberapa besar otot pemain, melainkan penggunaan pergelangan tangan dapat menjadi kunci utama agar kok bisa menukik secara cepat dan mantap.

    1. Membatasi Penggunaan Lengan dan Bahu

    Dalam mengayunkan raket, memang lebih baik berfokus pada penggunaan pergelangan tangan, namun bukan berarti tidak boleh sama sekali menggunakan tenaga dari bahu dan lengan. Penggunaan tenaga dari kedua bagian tubuh tersebut bisa dilakukan namun hanya sedikit dan dibatasi. Cukup lakukan ayunan lengan seperti arah seperempat lingkaran.

    1. Posisi Tubuh yang Benar

    Kelincahan adalah salah satu factor yang mampu membuat pukulan smash bisa sempurna dan agar smash bisa lebih kuat serta baik, pastikan untuk posisi tubuh berada dalam keadaan yang tepat. Tubuh bisa dicondongkan kea rah depan saat hendak melakukan smash ketimbang ditekuk ke belakang.


    Itulah mengapa dalam hal ini, kecepatan observasi dan prediksi alur lambungan kok sebelum sampai tanah adalah yang paling penting dimiliki oleh setiap pemain bulutangkis. Setelah ada pada posisi condong ke depan dan dikunci, alihkan langkah dan posisikan diri di belakang kok beberapa langkah saja. Sesudah ada di belakang, larilah menyongsong kok yang dating dan langsung siap melakukan smash.

    Cara ini adalah salah satu cara ampuh ketika Anda ingin melakukan smash secara baik dan kuat. Ini karena ancang-ancang dengan posisi tubuh demikian bakal sangat membantu agar tenaga yang diperoleh bisa natural dalam melakukan dorongan kok agar jauh lebih kuat.

    1. Latihan Timing

    Melakukan pukulan smash bila tak tepat timingnya maka tentu akan menjadi kurang maksimal hasilnya. Konsentrasi harus tinggi ketika melatih timing ini dan sewaktu latihan, mintalah bantuan teman sebagai pengoper kok ke arah Anda di mana posisi Anda pun siap men-smash. Ulangi terus latihan ini hingga pukulan tepat dan kuat.

    Penting untuk mengetahui cara memperkuat pukulan smash dalam bulutangkis di mana hal ini sama pentingnya seperti ketika para pemain baru perlu mendalami cara bermain bulu tangkis untuk pemula. Dengan permainan yang mengagumkan, tentu siapa tahu Anda bisa menjadi salah satu pebulutangkis terbaik dunia di masa mendatang.