Hasil Piala Presiden 2019: Taklukan Persela Lewat Laga Sengit, Madura United Sukses Melaju ke Semifinal

Satu tiket semifinal yang tersisa akhirnya jadi milik Madura United, usai mereka sukses taklukan sang tuan rumah Persela Lamongan. Kendati tampil sebagai tim tamu, Laskar Sape Kerrap sukses tampilkan permainan yang lebih baik dan selesaikan pertandingan dengan kemenangan tipis 1-2.

Dua gol kemenangan Madura United dicetak oleh dua pemain anyar mereka, yakni Alberto Goncalves dan Aleksander Rakic. Sedangkan Persela hanya mampu cetak satu gol melalui aksi dari Washington Brandao.

Dengan kemenangan ini skuad asuhan Dejan Antonic berhasil amankan satu tiket ke semifinal. Di babak semifinal nanti Zahrahan Krangar dan kawan kawan akan bertemu dengan tim Jawa Timur lainnya, yakni Persebaya Surabaya, yang di laga sebelumnya sukses tundukan Tira-Persikabo.

Jalannya Pertandingan Babak Pertama

Laga berlangsung sengit sejak wasit meniup peluit tanda laga dimulai. Persela yang tampil di depan supporternya yang memenuhi Stadion Surajaya Lamongan langsung mengambil alih permainan.

Namun alih alih unggul lebih dulu, Persela justru sudah harus kebobolan saat laga baru berjalan 4 menit. Berawal dari aksi Zahrahan di sisi kanan penyerangan Madura, pemain asal Liberia tersebut lepaskan bola cantik ke tengah kotak penalti yang tanpa kesalahan diteruskan Beto Goncalves menjadi sebuah gol untuk bawa Madura unggul 1-0.

Akan tetapi tak perlu waktu lama bagi Laskar Joko Tingkir untuk membalas. Sesaat setelah bola dibagi di tengah lapangan, Jose Sardon mengirim bola terobosan kepada Brandao yang berlari bebas, hasilnya striker anyar tersebut sukses bawa Persela menyamakan kedudukan 1-1.

Menang duel melawan Fachrudin Arianto, Washington Brandao sukses cetak gol penyama kedudukan
Menang duel melawan Fachrudin Arianto, Washington Brandao sukses cetak gol penyama kedudukan

Namun hanya berselang 4 menit, Madura kembali unggul. Rendika Rama yang lakukan overlap ke depan berhasil kirimkan umpan ke muka gawang Persela, Aleksander Rakic yang berdiri bebas tanpa ampun menyambar bola masuk ke gawang Dwi Kuswanto.

Di sisa babak pertama kedua kesebelasan kembali saling lepaskan serangan, namun hingga turun minum tak ada lagi gol tercipta dan skor 1-2 tetap bertahan.

Jalannya Pertandingan Babak Kedua

Pada babak kedua, masing masing kesebelasan sama sama bermain lebih lepas, namun Persela yang sedang dalam keadaan tertinggal lebih sering membahayakan gawang Madura.

Persela memiliki dua peluang melalui tendangan bebas Jose Sardon. Gelandang asing milik Persela tersebut sukses lepaskan dua tendangan bebas yang sangat baik. Namun sayang dua peluang tersebut masih gagal lantaran masih terbentur mistar dan diamankan sang penjaga gawang.

Peluang terbaik bagi Madura hadir lewat kaki Aleksander Rakic memanfaatkan umpan Andik Vermansyah. Namun sayangnya Dwi Kuswanto masih lebih sigap menahan bola.

Duel Andik dengan Kei Hirose di lapangan tengah (foto by: Antaranews)
Duel Andik dengan Kei Hirose di lapangan tengah (foto by: Antaranews)

Di penghujung laga ada insiden dimana Aleksander Rakic berbenturan dengan penjaga gawang Muhammad Ridho dan Washington Brandao. Rakic yang terkena benturan cukup keras langsung terkapar dan sempat tak sadarkan diri, beruntung tim medis sigap dan langsung membawa Rakic ke Rumah Sakit dengan Ambulans.

Laga sendiri kemudian berjalan tanpa ada gol lagi di sisa waktu permainan sehingga Madura sukses amankan satu tiket ke babak semifinal.

Susunan Pemain Persela Lamongan vs Madura United

Persela Lamongan: Dwi Kuswanto, Arof Satria, Jairo Rodrigues, Samsul Arifin, Achmad Baasit Subagja, Jepri Kurniawan, Jose Sardon, Kei Hirose, Hambali Tholib, Washington Brandao.

Madura United: Muhammad Ridho, Rendika Rama, Asep Berlian, Fachrudin Arianto, Jaimerson Xavier, Andik Vermansyah, Marchko Merauje, Zulfiandi, Alberto Goncalves, Aleksander Rakic, Zahrahan Krangar.