Inilah 3 Teknik Berenang Agar Cepat Tinggi!

Olahraga tak hanya membuat badan menjadi lebih sehat, tapi juga mampu menambah tinggi badan. Maka tak heran jika kebanyakan atlet memiliki tubuh yang tinggi semampai. Hal ini dikarenakan olahraga memang sangat tepat dilakukan demi mendapatkan bentuk badan yang ideal.

Salah satu olahraga yang dikenal dapat membuat badan menjadi lebih tinggi adalah renang. Lihat saja para atlet renang yang memiliki bentuk dan tinggi badan yang menarik. Bagi kamu yang ingin meninggikan badan, berikut ini adalah beberapa teknik berenang agar bisa menjadi lebih tinggi:

Teknik renang gaya bebas

Teknik yang satu ini cukup mudah dilakukan. Pertama, lakukan teknik meluncur kemudian lanjutkan dengan menggerakkan tangan secara bergantian ke atas dan ke bawah layaknya orang yang mendayung. Ketika salah satu tangan berada di atas, tubuh akan menghadap ke samping sehingga kepala sedikit keluar dari air dan memiliki kesempatan untuk mengambil nafas.

Gerakan kaki pada teknik ini dilakukan dengan diangkat secara bergantian untuk mendorong tubuh ke depan. Namun jangan mengangkat kaki terlalu tinggi agar tidak mudah lelah. Cambukkan kaki ketika kaki diturunkan untuk menambah kecepatan.

Teknik renang gaya dada

Teknik renang gaya dada tidak membutuhkan banyak energi seperti teknik renang gaya bebas. Teknik ini dilakukan dengan mencontoh gerakan katak sehingga disebut juga gaya katak.

Setelah melakukan gerakan meluncur, satukan kedua telapak tangan dengan lengan lurus ke depan. Kemudian tarik kedua tangan ke arah samping sambil mendorong air ke belakang sehingga badan akan terdorong ke depan.

Sementara itu, gerakkan kaki layaknya seekor katak yang berenang. Tekuk kedua kaki kemudian hentakkan ke arah samping dan rapatkan. Rapatkan kedua kaki dengan posisi lurus dan kedua telapak kaki bersentuhan. Ketika melakukan hentakan inilah otot pada kaki akan tertarik sehingga badan lebih lentur dan lebih cepat tinggi.

Teknik renang gaya kupu-kupu

Selanjutnya adalah teknik renang gaya kupu-kupu. Teknik ini meskipun terlihat santai, namun membutuhkan tenaga yang lebih besar dibandingkan gaya bebas. Berbeda dengan gaya renang lainnya, gaya renang kupu-kupu dilakukan dengan menjaga keseimbangan tubuh di atas air agar bisa mengapung dengan baik.

Gerakan kaki pada gaya kupu-kupu hampir sama dengan gerakan kaki pada gaya bebas. Perbedaannya hanya dilakukan secara bersamaan bukan bergantian sebagaimana pada gaya bebas sehingga akan tampak seperti duyung yang berenang.

Untuk gerakan tangan dilakukan dengan gerakan mendayung yang juga dilakukan bersamaan. Gerakkan tangan dari depan ke arah belakang agar badan terdorong ke depan.

Itulah beberapa teknik berenang yang dapat kamu coba agar bisa lebih cepat mendapatkan tubuh yang tinggi. Namun perlu diingat agar melakukan olahraga renang setidaknya 3 kali dalam seminggu agar hasil lebih optimal.