Menang di Kandang Tottenham Buat Ajax Sapu Bersih Laga Tandang Fase Knock-out Liga Champions dengan Kemenangan

Ajax Amsterdam tampil sensasional di musim ini, khususnya pada ajang Liga Champions. Tak diunggulkan karena merupakan skuad termuda di kompetisi tertinggi eropa tersebut, skuad asuhan Eric Ten Hag justru sukses tembus babak semifinal.

Bahkan Ajax mampu singkirkan klub klub raksasa yang memiliki skuad lebih mewah seperti Real Madrid dan Juventus. Bertemu dengan Tottenham di semifinal, malam tadi Ajax sukses kembali raih hasil positif dengan meraih kemenangan yang membuat mereka berpeluang lolos ke babak final.

Bermain di kandang Tottenham, Ajax berhasil menang 1-0. Hasil ini menegaskan Ajax merupakan tim yang sangat gemar menang di kandang lawan pada babak fase knock-out lantaran semua laga tandang mereka jalani sukses mereka sapu dengan kemenangan, yang membuat mereka berkesempatan melaju ke final Liga Champions musim ini.

Sebelum Tottenham, Real Madrid dan Juventus Lebih Dulu jadi Korban Ajax

Sebelum menang dari Tottenham di Tottenmah Stadium, Ajax lebih dulu membuat sensasi dengan menumbangkan dua raksasa Eropa, yakni Real Madrid dan Juventus melalui kemenangan tandang.

Momen saat Matthujs De Ligt lakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Juventus
Momen saat Matthujs De Ligt lakukan selebrasi usai cetak gol ke gawang Juventus

Menghadapi Real Madrid bahkan Ajax sempat takluk di kandang dengan skor 2-1. Namun begitu bermain di markas El Real, di Stadion Santiago Bernabeu mereka sukses menang besar dengan skor 1-4, yang membuat mereka lolos dengan agregat 5-3.

Selanjutnya mereka bertemu tim kuat lainnya, yakni Juventus yang digadang gadang sebagai calon kuat pemenang UCL karena ada sosok Cristiano Ronaldo. Alih alih menang mudah Juve justru harus gugur, sempat menahan imbang Ajax di Johan Cruyff Arena, Juve justru takluk saat bermain di kandang mereka sendiri dengan skor 1-2, sehingga agregat jadi 3-2 untuk kemenangan Ajax.

Gemilang di Tandang, Kurang Beruntung di Kandang

Meski sangat baik di laga tandang, mereka memiliki catatan yang kurang baik saat jalani laga kandang di babak knock-out Liga Champions musim ini. Dari dua laga yang mereka jalani mereka gagal meraih kemenangan, setelah takluk 1-2 dari Real Madrid, dan tuai hasil imbang 1-1 menghadapi Juventus.

Momen saat para pemain Ajax berduel dengan pemain Real Madrid
Momen saat para pemain Ajax berduel dengan pemain Real Madrid

Hal ini yang nampaknya mesti diperbaiki oleh Ajax jelang laga Leg II nanti. Meski menang di kandang Tottenham, namun catatan buruk di kandang sendiri bisa saja jadi kerikil yang akan sulitkan Ajax. Apalagi di Leg II nanti kemungkinan Spurs sudah bisa diperkuat Harry Kane dan Son Heung-Min jadi Ajax harus sangat waspada bermain di markas sendiri.