Menang Dramatis, Bhayangkara FC Sukses Lolos ke Babak 16 Besar Piala Indonesia

Bhayangkara FC berhasil memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Indonesia 2019 setelah sukses menaklukan PSBL Langsa dengan skor dramatis 4-3. Dengan hasil tersebut skuad The Guardian total unggul secara agregat 6-4, setelah di laga Leg I berhasil memenangkan lag dengan skor 1-2.

Pada pertandingan yang digelar di Stadion PTIK, Jakarta, pada hari Jumat (1/2/2019) tersebut Indra Kahfi cs menang susah payah lewat empat gol yang masing masing dicetak oleh Herman Dzumafo di menit ke-14 dan ke-19, lalu Indra Kahfi pada menit ke-50, serta Alsan Sanda di menit ke-83. Sedangkan tiga gol balasan dari PSBL Langsa, masing masing dilesatkan oleh Riza Rizki di menit ke-37, Maulana Khalidi di menit ke-54, dan gol bunuh diri Jajang Mulyana pada menit ke-70.

Jalannya Pertandingan Babak Pertama

Babak pertama dibuka dengan dominasi skuad Bhayangkara FC, memiliki kualitas pemain di atas PSBL membuat Bhayangkara sedikit lebih leluasa mengontrol jalannya laga. Namun kendala kemudian muncul saat hujan turun, kondisi lapangan yang menjadi becek sedikit menyulitkan Bhayangkara mencetak peluang.

Gol pertama bagi Bhayangkara FC hadir saat laga berjalan tepat 14 menit. Striker asing senior mereka, Herman Dzumafo sukses membuka keunggulan setelah sukses melakukan finishing yang apik.

Tak butuh waktu lama bagi Bhayangkara FC untuk menggandakan keunggula, Dzumafo yang diplot sebagai striker utama sukses kembali mencatatkan namanya di papan skor untuk membuat Bhayangkara unggul 2-0.

Rahmat Hidayat dalam aksinya di laga Bhayangkara vs PSBL (Indosport)
Rahmat Hidayat dalam aksinya di laga Bhayangkara vs PSBL (Indosport)

Setelah gol kedua Dzumafo, kesebelasan tamu mulai berani lebih terbuka dengan meladeni Bhayangkara dengan permainan yang sedikit keras. Permainan tersebut terbukti efektif, karena beberapa menit sebelum turun minum PSBL sukses memperkecil ketertinggalan lewat aksi Riza Rizki. Skor berubah menjadi 2-1 dan bertahan hingga babak pertama selesai.

Jalannya Pertandingan Babak Kedua

Di babak kedua laga berjalan lebih seru, anak anak Langsa di luar dugaan tampil begitu berbahaya di babak ini, dengan mengandalkan kecepatan para pemainnya. Namun kedewasaan Bhayangkara dalam bermain membuat mereka mampu menahan permainan Agresif PSBL.

Indra Kahfi berhasil menjauhkan kembali skor menjadi 3-1 melalui golnya. Namun sayangnya tak begitu lama, tepatnya empat menit berselang PSBL berhasil kembali membuat skor menjadi tipis, setelah Maulana Khalidi sukses menyarangkan gol ke gawang Bhayangkara FC.

Bahkan anak anak Langsa ini kemudian sukses menyamakan kedudukan di menit ke-70 setelah serangan bergelombang mereka berhasil membuat bek Bhayangkara, Jajang Mulyana melakukan gol bunuh diri.

Alsan Sanda dan Wahyu Suboseto rayakan gol kemenangan Bhayangkara FC (BOLA)
Alsan Sanda dan Wahyu Suboseto rayakan gol kemenangan Bhayangkara FC (BOLA)

Gol bunuh diri tersebut kian memotivasi para pemain PSBL untuk segera kembali mencetak gol. Namun terlalu fokus menyerang membuat mereka lupa dengan pertahanan. Hasilnya Alsan Sanda sukses menghukum mereka dengan golnya di menit ke-83 untuk membuat Bhayangkara kembali unggul. Setelah ini tak ada lag gol tercipta sehingga Bhayangkara berhak atas tiket ke babak 16 besar Piala Indonesia.