Inilah Perbedaan Renang Gaya Bebas dan Gaya Punggung

Bagi para penggemar olahraga renang berikut akan dibahas mengenai perbedaan antara renang gaya bebas dengan renang gaya punggung. Tentu ada yang masih bingung. Maka berikutnya akan dibahas dahulu mengenai renang gaya bebas kemudian dilanjutkan dengan renang gaya punggung.

  •  Renang Gaya Bebas

Renang gaya bebas sendiri memiliki definisi renang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. kedua belah lengan secara bergantian kemudian digerakan menjauh ke depan dengan gerakan mengayuh kedua tangan. Sementara kdua belah kaki secara bergantian diarah cambukan naik turun ke atas dan ke bawah. Perlu diketahui bahwa renang dengan gaya bebas ini merupakan renang yang paling cepat apabila dibandingkan dengan gaya-gaya lainya. Pada renang gaya bebas ini usahakan ssaat mengambil nafas lakukan semenjak 2/3 kayuhan tangan dan akhiri pada saaat tangan Anda kembali masuk ke dalam air.

  • Renang Gaya Punggung

Pengertian dari renang gaya punggung sendiri merupakan salah satu gaya renang dengan posisi menghadap ke permukaan air. Sehingga posisi wajah menghadap ke atas. Perenang mudah dalam mengambil nafas panjang. Namun perenang tidak akan mudah untuk melihat ke depan. Posisi tubuh terlentang saat renang gaya punggun ini.

Umumnya sikap start berenang gaya punggung berbeda dengan gaya bebas. Untuk perenang gaya punggung ini ppada saat start dilakukkan di dalam kolamdan perenagn menghadap ke dinding kolam dengan kedua tangan memegangi besi yang dapat dijadikan pegangan di dinding kolam. Kedua lutut ditekuk diantara kedua tangan kemudian kedua telapa kaki bertumpu pada dinding kolam.

Untuk pengambilan nafas pada renang gaya punggung ini lebih mudah daripada gaya renang bebas. Hal ini disebabkan pada saat renang gaya punggung ini posisi tubuh lurus terlentang, sehingga dapat dengan leluasa menghirup udara bebas. Lebih spesifik gerakan mengambil nafas dilakukan pada saat fase istirahat dari salah satu lengan dan mengeluarkan nafas ketika istirahat dari lengan yang satunya. Hal yang paling jelas yang membedakan renang gaya punggung denga renang gaya bebas adalah renang gaya punggung ini posisi start dilakukan di dalam air.