Ternyata Inilah 6 Efek Bersepeda Terlalu Lama yang Perlu Diwaspadai!

Hasil gambar untuk sepeda terlalu lama

Bersepeda memang menyenangkan. Bersepeda setiap hari dapat meningkatkan kesehatan dan daya tahan tubuh. Namun sebaiknya bersepeda dilakukan dalam durasi yang tepat dan tidak berlebihan. Berikut ini adalah beberapa efek yang akan kamu dapatkan jika bersepeda terlalu lama:

1. Gangguan ereksi

Banyak pria yang kini bersepeda menuju kantor. Berbagai manfaat pun didapatkan, mulai dari hemat, ramah lingkungan, hingga sehat. Namun ternyata pria yang bersepeda terlalu lama dapat mengalami gangguan kesehatan reproduksi.

Gerakan mengayuh yang terlalu lama dapat menyebabkan gesekan pada area vital pria. Tekanan ini akan menyebabkan adanya gangguan ereksi.

2. Gangguan tulang belakang

Posisi badan yang terus menerus berada dalam posisi yang sama akan menyebabkan rasa nyeri pada tulang punggung. Jika hanya sekali dua kali bersepeda dalam waktu yang lama mungkin tidak akan terlalu berpengaruh, namun akan berbeda jadinya jika kamu bersepeda dalam waktu lama secara rutin.

Bahkan bagi kamu yang bersepeda gunung terlalu lama dapat menyebabkan cedera punggung. Biasanya ini terjadi pada jalur sepeda gunung yang ekstrim dan dipacu dengan kecepatan tinggi.

3. Kram otot

Mengayuh sepeda terlalu lama tentu saja akan menyebabkan otot menajdi kram. Bukan hanya otot kaki saja, tapi juga otot tangan dan perut. Jika kamu memang harus bersepeda dalam jarak jauh, sebaiknya istirahatkan tubuh dengan berhenti sejenak agar otot tidak tegang.

4. Rematik

Bagi kamu yang memang memiliki masalah sendi atau rematik, maka sebaiknya jangan bersepeda terlalu lama. Sendi yang terlalu lama digunakan ketika bersepeda dapat memperparah penyakit rematik.

5. Penurunan kualitas sperma

Tak hanya dapat menyebabkan gangguan ereksi saja, bersepeda terlalu lama juga dapat menyebabkan penurunan pada kualitas sperma. Hal ini disebabkan bagian vital mendapatkan tekanan dan panas sehingga terjadi gangguan pada kelenjar yang memproduksi sperma.

6. Cedera lutut

Lutut merupakan bagian yang paling keras bekerja ketika bersepeda. Gerakan mengayuh yang cukup lama akan menyebabkan lutut kekurangan pelumas pada sendi lutut sehingga lutut dapat mengalami cedera. Jika dibiarkan, masalah ini dapat berujung pada kerusakan lutut yang menyebabkan gangguan ketika berdiri.

Itulah beberapa efek jika bersepeda terlalu lama. Bersepeda memang baik, namun lakukan sesuai dengan porsinya.